JALAN-JALAN
23 Agustus 2019

Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Spot Terindah di Sana

Derawan adalah salah satu tempat wisata favorit wisatawan dalam dan luar negeri lho Moms

Sumber: instagram.com/info_kaltim

Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Isu pemindahan ibu kota sudah lama bergulir. Banyak daerah yang diisukan akan menjadi lokasi baru. Namun, akhirnya sudah dipastikan kalau lokasinya adalah Kalimatan Timur (Kaltim), walaupun belum ada lokasi pasti yang lebih spesifik.

Mengutip detik.com, pemerintah telah menyiapkan lahan 3 ribu hektar telah disiapkan untuk pembangunan tahap pertama. Sementara luas keseluruhan 200-300 ribu hektar.

Selain akan dibangun menjadi pusat pemerintahan baru, Kaltim sendiri sudah punya potensi wisata yang sangat menarik lho Moms. Kaltim juga ternyata punya beberapa lokasi yang indah lho! Mana saja sih lokasinya? Yuk simak!

Baca Juga: Jokowi Sinyalkan Pindah Ibu Kota ke Kalimantan, 3 Kota Ini Juga Pernah Jadi Ibu Kota Indonesia

1. Pulau Derawan

derawan.jpg

Foto: instagram.com/info_kaltim

Berada dalam kawasan Kepulauan Derawan, pulau ini merupakan tempat wisata terpopuler yang banyak dikunjungi di Berau. Pantai pasir putihnya yang indah seolah mengajak pengunjung untuk melupakan sejenak hiruk-pikuk kehidupan.

Yang tak kalah penting dari Pulau Derawan adalah keindahan pemandangan bawah lautnya. Bagian ini jangan sampai dilewatkan jika ke Derawan. Sebab, jika beruntung, pengunjung akan “ditemani” penyu berukuran besar saat menyelam.

2. Pulau Kakaban

kakaban.jpg

Foto: instagram.com/info_kaltim

Pulau Kakaban sama favoritnya dengan Pulau Dewaran. Jika berkunjung ke Berau, rasanya tak lengkap jika tidak menyempatkan diri untuk mampir ke Pulau Kakaban.

Di dalam pulau yang masih berada di kawasan Kepulauan Derawan ini, terdapat danau yang menjadi habitat endemik ubur-ubur. Menariknya, ubur-ubur di pulau ini tidak menyengat sebagimana ubur-ubur lainya.

Hal itu semakin menarik tatkala wisatawan dapat berenang bersama ubur-ubur tersebut. Ubur-ubur ini jumahnya juga ribuan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tetapkan Kalimantan Jadi Ibu Kota Baru Indonesia, Ini Hal yang Perlu Diketahui

3. Bukit Bangkirai

bukitbangkirai.jpg

Foto: instagram.com/genpi.kaltim

Bukit Bangkirai adalah kawasan hutan hujan tropis yang bisa dibilang unik. Apalagi d sana banyak sekali pohon-pohon tua dengan tinggi mencapai 50 meter.

Selain indah dan akan menyejukan mata, yang paling menarik di bukit ini terdapat jembatan gantung pertama Indonesia di kawasan Semboja, Kutai Kertanegara. Adapun luas hutan ini mencapai 1.500 hektar.

4. Danau Labuan Cermin

labuancermin.jpg

Foto: instagram.com/genpi.kaltim

Terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Danau Labuan Cermin menyajikan keindahan yang menakjubkan. Sesuai namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih. Saking jernihnya, wisatawan dapat melihat dasar danau yang berupa pasir laut.

Selain itu, Danau Labuan Cermin dikenal juga dengan sebutan “Danau Dua Rasa”. Sebab, bila dicecap, air permukaaan danau akan terasa tawar, sedangkan air pada bagian dasar akan terasa asin.

Danau Labuan Cermin bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibu kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kaltim.

Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada di Labuan Cermin. Untuk mencapai Danau Labuan Cermin, pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga.

Baca Juga: Luar Biasa! 4 Bekas Tambang Ini Disulap Jadi Destinasi Cantik untuk Wisata

5. Bukit Batu Dinding

barudinding.jpg

Foto: instagram.com/info_kaltim

Untuk para pencari ketinggian, Bukit Batu Dinding akan menjadi wisata favorit di ibu kota negara baru kelak. Batu dinding merupakan area tebing yang berdiri pada ketinggian 100 hingga 200 meter.

Membentang sepanjang 800 meter, wisatawan dapat berjalan sambil melihat pemandangan langka yang memukau. Di atas tebing, wisatawan dapat merasakan udara sejuk dari hutan Kalimantan yang membentang, jauh dari polusi Jakarta. Seperti yang jadi salah satu tujuan pemerintah dalam mengambil keputusan memindahkan ibu kota negara.

Wah tidak sabar ya Moms pindah ibu kota negara! Sudah siap belum nih Moms untuk punya ibu kota baru?

(TPW)

Artikel Terkait