TREN
10 Desember 2017

Kamar Tidur Kecil? Siasati Dengan 5 Cara Berikut Ini

Dengan tips ini, kamar tidur mungil jadi tampak lebih besar
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Familiar dengan kalimat ‘size does matter’? Memang terkadang ukuran menjadi sesuatu yang penting. Untuk kamar tidur, misalnya. Kamar tidur luas memungkinkan Mama menyimpan berbagai barang dan leluasa menata perabotan.

Meski demikian, kamar tidur sempit bukan berarti tidak nyaman ditempati, bukan? Ada banyak jalan menuju Roma. Ada banyak cara juga untuk menyiasati kamar tidur Mama yang mungil:

1. Dinding Bercat Cerah

Ini adalah salah satu hal yang Mama butuhkan untuk menciptakan kesan kamar tidur lebih lapang. Untuk warna cat kamar tidur, pilih warna-warna seperti krem, hijau muda, dan biru muda untuk menciptakan ilusi optik.

Pilihan warna lembut tapi cerah tersebut akan lebih reflektif terhadap cahaya, sehingga tidak hanya akan membuat ruangan tampak lebih besar, tapi juga lebih terang. Dinding dengan warna gelap akan menyerap cahaya dan membuat ruangan semakin sempit dan sumpek.

Baca juga: Memilih Warna Cat Rumah sesuai Mood

2. Lampu

Pencahayaan merupakan hal penting untuk ruangan kecil. Belilah lampu dengan cahaya putih untuk membuat efek terang di kamar. Jika Mama tak ingin menggunakan lampu, siasati dengan membuat jendela besar di kamar mungil tersebut.

Jendela besar tidak hanya bisa memberikan pencahayaan yang bagus tapi juga menciptakan efek terhubung langsung dengan luar ruang. Ini akan membuat ruangan terasa lebih lega. Jika pemandangan di luar jendela kurang enak dipandang, gantunglah pot tanaman di dekat jendela.

Baca juga: DIY Lampu Hias dari Stoples Bekas

3. Cermin

Seperti halnya jendela besar, cermin akan membuat ruangan menjadi tampak lebih luas. Cermin juga memberikan pantulan cahaya yang menciptakan kesan ruangan lebih terang.

Meletakkan cermin di seberang jendela sehingga memantulkan bayangan luar ruang bisa dipertimbangkan, karena ini akan membuat ruangan terkesan dua kali lebih luas.

4. Furnitur Minimalis

Kamar tidur mungil Mama akan lebih nyaman dihiasi furnitur multifungsi seperti sofa bed, tempat tidur dengan kolong berlaci, meja lipat, dan lainnya. Siasati juga dengan meletakkan furnitur berwarna sama dengan dinding kamar.

Dengan warna sama, bahkan furnitur yang berukuran besar akan terasa lebih menyatu dan tidak memadati ruangan.

5. Ruangan Tanpa Banyak Aksesoris

Cara menghias kamar tidur yang sempit memang tak sefleksibel kamar tidur luas. Sebab, semakin banyak pernak-pernik di dalam ruangan, semakin ruangan terkesan sempit dan sumpek. Jadi, pindahkan lukisan-lukisan atau bingkai-bingkai foto yang memenuhi dinding kamar.

Hindari menggunakan karpet besar karena ini akan memberikan ilusi lantai semakin sempit. Satu lagi, selalu jaga kerapian kamar tidur kecil. Semakin banyak barang berserakan dan tidak teratur, ruangan akan terasa semakin sumpek.

Dengan penataan yang baik, kamar tidur sempit jadi terlihat lebih luas. Mama punya tips lain menyiasati kamar tidur mungil?

(ECH)

Artikel Terkait