FASHION & BEAUTY
3 Juni 2019

Amati Kandungan Sheet Mask yang Berbahaya untuk Kulit, Jangan Salah Pilih!

Ketahui bahan yang bisa membahayakan kulit
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Produk perawatan wajah masih menjadi produk favorit bagi kaum perempuan.

Ada banyak produk perawatan wajah mulai dari yang berbahan alami, buatan lokal atau Korea Selatan, dari yang murah hingga mahal.

Salah satu produk perawatan wajah favorit adalah sheet mask. Sheet mask adalah masker wajah yang berbentuk lembaran, biasanya terbuat dari serat alami seperti kertas, katun, selulosa, ataupun pulp kelapa.

Di dalam kemasan sheet mask, biasanya terdapat serum yang bermanfaat bagi kulit wajah dan tidak perlu dicuci.

Banyak sheet mask dengan ragam bahan yang menutrisi kulit, namun ada juga bahan yang berbahaya dan sebaiknya perlu diperhatikan pemakaiannya.

Ketahui kandungan sheet mask yang Moms pilih berikut ini, apakah berbahaya atau tidak. Mari simak ulasannya!

Baca Juga: Meskipun Banyak Manfaatnya, Bolehkah Sheet Mask Dipakai Setiap Hari?

Kandungan Sheet Mask yang Aman

bahan bahaya sheet mask-1.jpg

1. Asam Hyaluronic

Para ahli dermatologi sepakat bahwa asam hialuronat adalah tambahan yang sempurna untuk setiap rezim perawatan kulit, terlepas dari masalah yang ingin diatasi.

"Asam hyaluronic adalah agen pelembap yang hebat. Ini super menghidrasi, memiliki sifat anti-penuaan dan membantu mencegah kehilangan air. Selain itu, ini bekerja dengan baik untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering," jelas dokter kulit Debra Jaliman, M.D., penulis Skin Rules.

2. Vitamin C

Dari serum yang ada di mana-mana hingga pelembap yang beraroma harum hingga sheet mask, vitamin C adalah kandungan sheet mask yang aman.

"Vitamin C adalah bahan masker wajah yang ideal, tidak hanya karena merupakan antioksidan kuat yang memerangi kerusakan akibat radikal bebas, tetapi juga mengatasi produksi pigmen yang tidak normal," kata dokter kulit New York, Joshua Zeichner, MD.

"Masker wajah yang menawarkan konsentrasi tinggi vitamin C dikirimkan langsung ke kulit dapat memberikan hasil super cepat," tambahnya.

Baca Juga: 7 Sheet Mask Korea di Bawah 30 Ribu untuk Atasi Wajah Kering Saat Puasa

3. Teh Hijau

Sama seperti mengonsumsi teh hijau telah dipuji karena manfaatnya mulai dari melawan kanker hingga mengontrol kolesterol, menerapkannya pada wajah juga merupakan langkah yang sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan produk yang mengandung teh hijau, seperti sheet mask, dapat memberikan sejumlah manfaat kulit.

Termasuk mempromosikan perbaikan DNA yang dapat membantu melawan kanker kulit dan memerangi tanda-tanda penuaan, dan mengobati jerawat dengan membuka pori-pori.

4. Lidah Buaya

Tentunya Moms pernah mendengar bahwa lidah buaya bekerja sangat baik pada kulit yang terlalu sering mengalami paparan sinar matahari.

Tetapi sebuah tinjauan tahun 2008 dari Indian Journal of Dermatology juga menemukan bahwa enzim dalam lidah buaya dapat meningkatkan integritas kulit, mengurangi garis-garis halus.

Selain itu, berkat sifat anti-inflamasinya, membantu mengobati jerawat ringan. Oleh sebab itu, lidah buaya adalah kandungan sheet mask yang baik.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering yang Harus Dicoba

Kandungan Sheet Mask yang Perlu Diawasi

bahan bahaya sheet mask-2.jpg

1. Putih Telur

Masker yang mengandung telur telah diketahui menyebabkan jerawat, jadi Moms mungkin ingin melupakan jika memiliki kulit yang rentan berjerawat.

"Jika kita rentan terhadap jerawat, saya tidak merekomendasikan menggunakan sheet mask berbahan putih telur. Karena penyumbatan, ada peluang bagus mereka hanya akan memperburuk jerawatmu," kata Dr. Jaliman.

2. Arang/Charcoal

Saat ini, sepertinya hampir setiap produk perawatan kulit mengandung arang, tetapi perhatikan khusus bagi kulit Moms yang tidak berminyak.

"Jika kulit sangat kering, hindari produk dengan arang. Arang menghilangkan minyak berlebih yang dapat menyebabkan komedo dan jerawat, tetapi jika memiliki kulit kering, itu hanya akan membuatnya lebih kering," jelas Dr. Jaliman.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki manfaat untuk kulit, tetapi jika Moms cenderung berjerawat, lebih baik tinggalkan pemakaian di bagian bawah leher.

"Meskipun secara luas dinyatakan bahwa minyak kelapa dapat membantu melawan jerawat karena sifat antibakteri, saya akan tinggal jauh dari itu jika kulit sangat berminyak dan/atau rawan jerawat. Ini mungkin akan menyumbat pori-pori Anda," kata Dr. Jaliman.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Kandungan Sheet Mask yang Perlu Dihindari

bahan bahaya sheet mask-3.jpg

1. Etilena Oksida

Sayangnya, tidak jarang produk kecantikan, termasuk sheet mask, mengandung etilen oksida, yang tidak terdaftar sebagai bahan, tetapi ditemukan dalam bentuk bahan kimia PEG (beberapa masker lembar mengandung PEG-6.

Di situs National Cancer Institute, dinyatakan bahwa etilen oksida digunakan untuk memproduksi bahan kimia lain, termasuk pestisida, dan agen sterilisasi.

"Kemampuan etilen oksida untuk merusak DNA membuatnya menjadi agen sterilisasi yang efektif tetapi juga bertanggung jawab atas aktivitas yang menyebabkan kanker," tulis situs tersebut.

2. Shea Butter

Dengan asam lemak esensial dan vitamin A dan E, shea butter menjadi pelembap yang luar biasa untuk tubuh.

"Shea butter adalah emolien yang kaya yang membantu melembutkan sel kasar pada lapisan kulit luar dan menawarkan hidrasi yang hebat," kata Dr. Zeichner.

"Ini paling sering digunakan dalam pelembap tubuh, tetapi kadang-kadang muncul di produk wajah, termasuk sheet mask. Saya pasti tidak akan merekomendasikan menerapkan shea butter langsung ke wajah, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan berjerawat," jelasnya lagi.

Nah, Moms sudah paham kan apa saja kandungan sheet mask yang berbahaya dan yang aman? Hindari bahan-bahan sheet mask yang malah bisa memperburuk kondisi kulit, ya!

Artikel Terkait