FASHION & BEAUTY
9 Maret 2020

4 Kandungan Terbaik dalam Sampo Agar Rambut Tetap Sehat

Pilih sampo dengan bahan berikut ini ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Menjaga kesehatan rambut tidak kalah penting dari merawat kulit. Aktivitas seharian, baik itu di dalam atau luar ruangan dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi berminyak serta kotor.

Karena itu, Moms perlu memilih sampo dengan kandungan terbaik sebagai langkah mudah untuk merawat kulit kepala dan rambut. Tentu saja, kandungan yang lebih aman adalah bahan-bahan alami.

Untuk Moms yang ingin membeli produk sampo yang aman bagi kulit kepala dan rambut, baca lebih lanjut tentang kandungan terbaik pada sampo berikut ini, ya.

Kandungan Terbaik dalam Sampo

Mengutip American Academy of Dermatology, saat keramas usahakan menggunakan sampo yang fokus di bagian kulit kepala, ketimbang mencuci seluruh rambut.

Sebelum membeli sampo, tentunya Moms perlu memerhatikan kandungan bahan yang tertera pada kemasan. Hindari membeli sampo dengan zat yang berbahaya, dan cari sampo dengan kandungan bahan berikut ini:

Baca Juga: 4 Kriteria Sampo Terbaik untuk Bayi, Jangan Salah Pilih!

1. Lauryl Glukosida

kandungan terbaik dalam sampo-1

Foto: Orami Photo Stock

Sampo biasanya mengandung surfaktan, yang membantu membuat busa dan mengangkat kotoran di rambut.

Sebagian besar, sampo mengandung sodium lauryl sulfate atau sodium laureth sulfate, yang keduanya termasuk bahan yang buruk karena bisa sebabkan iritasi.

Sebagai pilihan alternatif, Moms dapat memilih sampo dengan kandungan deterjen lauryl glukosida yang lebih halus.

"Bahan lauryl glukosida lebih lembut, tetapi tetap efektif untuk menghilangkan kotoran dari rambut Anda," kata Perry Romanowski, ahli kimia kosmetik di Chicago mengutip Everyday Health.

2. Minyak Kelapa

kandungan terbaik dalam sampo-minyak kelapa

Foto: Orami Photo Stock

Minyak alami sudah ada di kepala, tetapi, penggunaan minyak kelapa juga dapat menambah nutrisi di kulit kepala. Karena itu, sebaiknya pilih sampo dengan kandungan minyak kelapa.

"Minyak kelapa adalah minyak alami yang terbukti paling baik menembus rambut. Minyak kelapa membuat rambut Anda lebih kuat dari dalam ke luar," jelas ahli kimia kosmetik Randy Schueller, mengutip Allure.

Baca Juga: Apakah Bayi Perlu Kondisioner Rambut?

3. Minyak Zaitun

kandungan terbaik dalam sampo-minyak zaitun

Foto: Orami Photo Stock

Minyak zaitun memberikan ragam manfaat untuk rambut. Pada jurnal Scientia Pharmaceutica, disebutkan bahwa produk minyak zaitun memiliki sifat antibakteri yang berperan dalam menjadikan kulit kepala lebih sehat.

Minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi dan mencegah ujung rambut agar tidak bercabang.

"Minyak zaitun sangat mirip dengan minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Menggunakannya dapat membantu mengisi kembali minyak yang hilang pada rambut kering dan rusak," kata Jim Hammer, ahli kimia kosmetik.

Tidak hanya menjadi salah satu dari kandungan terbaik dalam sampo, minyak zaitun juga merupakan kandungan yang bagus sebagai kondisioner.

Baca Juga: 3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

4. Minyak Alpukat

kandungan terbaik dalam sampo-minyak alpukat

Foto: Orami Photo Stock

Minyak alpukat sangat bagus digunakan tidak hanya untuk makanan seperti olesan roti atau salad, tetapi juga untuk wajah dan rambut. Hal ini menjadikan minyak alpukat kandungan terbaik dalam sampo.

"Minyak alpukat adalah sumber vitamin B dan E yang baik, dan dapat menjadi pelembap rambut yang baik, melembutkan rambut dan memberikan kilau yang hebat," jelas Hammer.

Studi dalam International Journal of Trichology menyebutkan, bahwa mineral dalam minyak alpukat dapat membantu menyegel sel-sel kutikula, yang dapat mencegah rambut patah.

Jika Moms memiliki rambut kering dan/atau rusak, gunakan minyak alpukat untuk membantu memulihkan kekuatan, kelembapan, dan bahkan kilau pada rambut.

Artikel Terkait