3-5 TAHUN
11 Oktober 2019

Kapan Anak Harus Minum Vitamin? Tengok Tanda Si Kecil Membutuhkannya

Cari tahu anak dengan kondisi seperti apa yang perlu minum vitamin.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Di apotek atau supermarket Moms mungkin sering melihat banyaknya pilihan vitamin anak. Tahukah Moms, apa manfaat dari vitamin-vitamin tersebut dan sebenarnya kapan anak harus minum vitamin?

Dikutip dari situs web The Bump, minum vitamin ternyata bukan hal wajib bagi anak. Menurut para ahli, anak yang sehat tidak perlu minum vitamin untuk suplemen.

Begitu pula anak yang sehari-hari mengonsumsi asupan makanan yang mengandung gizi seimbang dan tidak memiliki masalah pilih-pilih makanan, mereka tidak perlu minum vitamin.

“Sumber nutrisi terbaik berasal dari makanan,” ujar Alexis Phillips-Walker, DO, dokter anak di Houston, Texas. Air susu ibu (ASI) dan makanan pokok anak mengandung nutrisi dan mineral yang dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Baca Juga: Perlukah Balita Minum Suplemen Vitamin Setiap Hari?

Lalu, Kapan Anak Harus Minum Vitamin?

Kapan Anak Harus Minum Vitamin? Tengok Tanda Si Kecil Membutuhkannya 01.jpg

Foto: jumpinforhealthykids.org

Anak yang memiliki kondisi kesehatan khusus (alergi, diabetes) atau menjalani pola makan tertentu (vegan, tidak makan gluten, tidak makan produk olahan susu) bisa jadi perlu minum vitamin.

“[Pada anak dengan kondisi seperti itu] minum multivitamin bisa bermanfaat daripada ia kekurangan [nutrisi tertentu],” terang dokter Phillips-Walker.

Berikut daftar vitamin penting bagi anak:

  • Vitamin A untuk membantu penglihatan anak dan menjaga kesehatan kulitnya.
  • Vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi dari makanan yang ia konsumsi. Zat besi penting untuk darah yang sehat.
  • Vitamin D untuk membantu menguatkan tulang.

Meski vitamin mudah didapat, bukan berarti Moms bisa membelinya kapan saja. Sebaiknya Moms berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter anak untuk mengetahui kapan anak harus minum vitamin.

Dikutip dari situs web The Academy of Nutrition and Dietetics, orang tua dianjurkan berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli nutrisi terdaftar sebelum memberi vitamin kepada anaknya.

Menurut Pegah Jalali, ahli nutrisi anak dari Middleberg Nutrition, menemui dokter atau ahli yang memahami kebutuhan nutrisi anak akan membantu Moms memahami kebutuhan nutrisi si Kecil, dan apakah dia memang perlu minum vitamin.

Baca Juga: Moms, Waspadai 5 Gejala Kekurangan Vitamin D Pada Balita Ini

Bahaya Anak Minum Vitamin yang Tidak Diperlukan

Kapan Anak Harus Minum Vitamin? Tengok Tanda Si Kecil Membutuhkannya 02.jpg

Foto: happyfamilyorganics.com

Jangan sampai Moms memberikan vitamin ke anak tanpa memahami kebutuhannya atau dosis yang tepat baginya. Menurut American Academy of Pediatrics, risiko memberikan vitamin kepada anak secara bebas adalah mega dosis, yaitu membuatnya mengonsumsi vitamin secara berlebihan.

Dampak dari konsumsi vitamin dengan mega dosis adalah timbul gejala-gejala keracunan, mulai dari mual, muncul ruam pada kulit, sakit kepala, dan kadang efek samping lain yang lebih parah.

Faktor lain yang mempengaruhi kapan anak minum vitamin adalah kebutuhan nutrisi karena antara anak perempuan dan anak laki-laki berbeda. Oleh karena itu, Moms tidak boleh sembarang memberikan vitamin kepada anak.

Baca Juga: 3 Bahaya Mengonsumsi Multivitamin Gummy untuk Anak

(AN)

Artikel Terkait