ORAMI MAGAZINE
5 Mei 2018

Kapan Anak Perlu Minum Antibiotik?

Kapan Anak Perlu Minum Antibiotik?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Tanya:

Dok, sebetulnya kapan anak perlu minum antibiotik seperti amoxilin?

Soalnya kemarin saya bawa anak saya ke puskesmas terdekat karena mengalami luka lecet di area lutut akibat jatuh di jalan beraspal. Luka lecetnya memang lumayan parah tapi tidak dalam.

Dokter jaga di puskesmas hanya memberikan paracetamol untuk mengurangi rasa nyerinya dan amoxilin, tanpa membersihkan lukanya.

Apakah perlu saya berikan antibiotik yang telah diresepkan dokter jaga tersebut? (Lia)

Jawab:

Antibiotik adalah obat untuk mematikan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Kalau tubuh mengalami infeksi karena bakteri maka ia perlu diberikan antibiotik untuk dapat sembuh.

Nah, dalam kasus perlukaan yang tidak steril, yaitu dalam kasus ibu, di mana anak mengalami perlukaan yang terkontaminasi kotoran, maka tindakan yang ideal adalah luka dibersihkan dengan antiseptik dan dilakukan perawatan luka, dan memang sepertinya diperlukan antibiotik.

Antibitoik dapat diberikan secara topikal (yang dioleskan) maupun oral (diminum).

Mengapa antibiotik diperlukan, karena luka terkontaminasi dapat dipastikan akan mengalami kontak dengan bakteri yang ada (minimal yang ada di kulit dan dari lokasi jatuh) dan ini dapat menyebabkan infeksi pada jaringan luka tersebut. Jadi sebaiknya diminum antibiotiknya.

Dijawab oleh dr. Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Sumber: Forum Orami - Ask The Expert