NEWBORN
27 September 2017

Kapan Bayi Bisa Diberikan MPASI?

Tidak harus 6 bulan, kok, Ma, asalkan ia menunjukkan tanda siap makan seperti ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh fitria.rahmadianti

Selama enam bulan pertama hidupnya, bayi sebaiknya hanya diberikan ASI saja. Sebab, pada usia sebelum enam bulan, sistem pencernaan bayi belum begitu kuat untuk mencerna makanan padat. Bila Mama memberikan makanan lain selain ASI sebelum usia enam bulan maka pencernaan bayi akan bekerja lebih berat.

Memasuki usia enam bulan, biasanya orang tua sudah bisa memperkenalkan MPASI atau makanan pendamping ASI untuk si kecil. Umumnya, pada usia ini bayi sudah bisa menerima asupan makanan lain selain ASI. Sebenarnya, usia bayi sudah siap menerima MPASI tidak pasti enam bulan. Setiap bayi memiliki waktunya tersendiri. Untuk itu, coba kenali tanda-tanda ini agar Mama tahu kapan bayi siap makan:

  1. Kepala Bayi Sudah Bisa Ditegakkan

Ciri bayi siap makan yang paling bisa terlihat adalah apakah bayi sudah bisa menegakkan kepalanya. Biasanya bayi sudah bisa melakukan hal ini sekitar usia 4-5 bulan. Jika bayi sudah bisa menegakkan kepalanya, ini tandanya ia sudah memiliki leher yang kuat dan bisa menelan makanan dengan baik.

  1. Bayi Mulai Tertarik pada Makanan yang Mama Makan

Saat Anda sedang asyik makan, tiba-tiba si kecil memperhatikan dan nampak 'ngiler'. Ini bisa jadi tanda bahwa bayi Anda mulai tertarik pada makanan berat selain ASI.

  1. Bayi Sudah Dapat Mengambil Makanan Sendiri

Mama bisa memutuskan memberikan MPASI ketika si kecil sudah bisa meraih makanan sendiri dan memasukkannya ke dalam mulut. Ini berarti bayi Mama sudah memiliki koordinasi yang baik antara mata, mulut, dan tangannya.

  1. Bayi Sudah Bisa Duduk di Kursi

Bila ingin mengajari anak makan dengan baik sedari kecil, usahakan agar memberinya makan di kursi meja makan atau high chair (kursi tinggi khusus untuk anak). Sebab, posisi makan yang paling baik adalah duduk di meja. Hal ini akan mengajarkan anak agar selalu makan di meja makan sejak kecil.

Baca juga: 5 Tips Memilih Kursi Makan Anak yang Aman

Nah, melihat ciri-ciri di atas, apakah bayi Mama sudah siap makan?

(SER)

Artikel Terkait