BAYI
6 Februari 2020

Kapan Bayi Bisa Memegang Sendiri Botol Susunya?

Ternyata berkaitan dengan keterampilan motorik halus, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Meskipun bagi kebanyakan Moms memberi makan buah hatinya adalah waktu yang tepat untuk memperkuat ikatan, ada saatnya setiap bayi ingin belajar mulai memegang botol susunya sendiri.

Biasanya ini terjadi setelah bayi mencapai titik perkembangan tertentu. Tetapi, bolehkah bayi memegang botol susu sendiri? Kapan sebaiknya Moms membiarkan bayi memegangi botolnya sendiri?

Kapan Bayi Belajar Memegang Botol Susu Sendiri?

Kapan Bayi Bisa Memegang Sendiri Botol Susunya? 1

Foto: thebabylover.com

Umumnya, bayi mulai bisa memegang botol susunya sendiri sekitar usia 4 hingga 10 bulan. Tergantung pada kapan keterampilan motorik halusnya mulai berkembang. Mengutip Medline Plus, beberapa bayi mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk memegang botol sejak berusia 6 bulan.

Namun, tidak sedikit pula bayi yang baru mulai memegang botol susunya sendiri saat mendekati usia 10 bulan. Di mana menurut Kids Health, pada usia ini bayi bahkan sudah mampu memegang sebuah benda hanya dengan menggunakan satu tangan.

Dalam laman Baby Center disebutkan bahwa satu-satunya cara untuk mengetahui apakah bayi sudah siap memegang botolnya sendiri adalah dengan mencobanya dan perhatikan apa yang terjadi.

Jika dia memiliki kemampuan motorik untuk memasukkan botol ke dalam mulutnya dan mengeluarkannya saat kenyang, Moms dapat membiarkan bayi sesekali memegangi botol susunya sendiri saat menyusu.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Bayi Memegang Botol Susu Sendiri

Kapan Bayi Bisa Memegang Sendiri Botol Susunya? 2

Foto: momlovesbest.com

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tidak peduli berapapun usia Si Kecil, jangan tergoda untuk menyangga botol yang dia pegang sendiri sebagai cara untuk mempercepat proses menyusui. Botol yang dipegang Si Kecil, tetapi masih Moms sangga, dapat memaksa bayi untuk makan berlebihan atau bahkan membuatnya tersedak.

Hal tersebut juga dapat meningkatkan risiko infeksi telinga pada bayi. Pasalnya, jika Si Kecil minum susu sambil berbaring, cairan yang masuk dapat mengalir dari mulutnya ke saluran eustachius di telinganya dan menyebabkan infeksi.

AAP juga melarang Moms membiarkan Si Kecil minum susu sampai tertidur, terutama jika dia baru mulai tumbuh gigi. Susu yang terkumpul di dalam mulut bayi dapat menyebabkan kerusakan gigi serius.

Terlalu sering membiarkan bayi memegang botol susu sendiri juga dapat membuat Moms kehilangan kesempatan untuk melakukan bonding.

Wajarkah Jika Pada Usia 10 Bulan Bayi Belum Bisa Memegang Botolnya Sendiri?

Kapan Bayi Bisa Memegang Sendiri Botol Susunya? 3

Foto: thebump.com

“Sebaiknya segera bawa bayi Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Pada usia sembilan bulan, sebagian besar bayi tertarik untuk memegang botol mereka sendiri dan fakta bahwa bayi belum melakukannya pada usia ini dapat menjadi indikasi bahwa dia sedikit mengalami keterlambatan perkembangan,” kata Dr. Rallie McAllister, dokter keluarga di Danville, Kentucky, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Parents.

Di sisi lain, bisa jadi Si Kecil hanya sedang menikmati dan membiarkan Moms membantunya memegangi botol susunya. Bagaimanapun, Moms tentu dapat merasa lebih baik setelah mengetahui penyebabnya pastinya dengan berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin.

Jadi, ternyata Moms bisa membiarkan bayi memegang botol susu sendiri setelah dia mengembangkan keterampilan motorik halus. Kira-kira, apa Si Kecil sudah menunjukkan tanda-tanda siap memegang botol susunya sendiri, Moms?

Artikel Terkait