3-12 BULAN
16 Juni 2019

Kapan Bayi Boleh Makan Es Krim?

Berikan setelah bayi bisa mengonsumsi susu sapi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika Si Kecil berusia 6 bulan, Moms tentu mulai memperkenalkan berbagai makanan selain ASI. Waktu perkenalan MPASI pertama ini biasanya juga bertepatan dengan momen gigi pertama Si Kecil mulai tumbuh.

Mencoba berbagai makanan baru akan membantu Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin penting yang dibutuhkan untuk perkembangannya. Bukan hanya melalui makanan utama, tetapi juga camilan sehat.

Tidak jarang Si Kecil juga menjadi lebih antusias untuk ikut mencicipi apapun yang Moms makan, termasuk es krim. Tetapi, apakah boleh bayi makan es krim? Kapan bayi boleh makan es krim? Temukan jawabannya di bawah ini.

Baca Juga: Cari Tahu Porsi Es Krim yang Tepat Untuk Anak

Amankah Memberikan Es Krim untuk Bayi?

Kapan Bayi Boleh Makan Es Krim 1.jpeg

foto: sunshinehouse.com

Bayi boleh makan es krim. Tapi, sebaiknya tunggu sampai bayi berusia sekitar 12 bulan sebelum memberinya es krim.

"Pada usia ini bayi dapat mulai diperkenalkan dengan produk susu lainnya, seperti keju, paneer, dadih, dan susu sapi dalam jumlah kecil dalam makanan yang Moms masak,” kata Dr. Pankaj Vohra, seorang ahli gastroenterologi anak, seperti dikutip dari Babycenter.in.

Ketika berusia 1 tahun, bayi juga akan mulai beralih mengonsumsi susu murni sebagai minuman utamanya. Jadi, akan lebih mudah baginya untuk mencerna berbagai makanan berbahan dasar susu, seperti halnya es krim.

Selain itu, es krim kaya akan gula dan lemak susu, tetapi sangat minim vitamin dan mineral. Sehingga memperkenalkan es krim terlalu dini dapat membuat bayi lebih menyukai makanan manis dan cenderung tidak menyukai makanan lain yang lebih sehat.

Kebiasaan dan selera makan dibangun sejak dini, jadi apa yang Moms tawarkan pada Si Kecil saat ini akan berpengaruh hingga ia dewasa. Biasakan Si Kecil mengonsumsi makanan sehat yang lebih bergizi.

Berikan Alternatif Pengganti Es Krim

Kapan Bayi Boleh Makan Es Krim 2.jpeg

foto: foodnetwork.com

Ketika berusia 1 tahun, bayi boleh makan es krim tapi tidak boleh setiap hari ya Moms. Alih-alih membelikan es krim untuk Si Kecil setiap hari, Moms dapat mencoba membuat beberapa alternatif yang lebih sehat seperti di bawah ini:

  • Masukkan pisang matang, mangga, apel atau buah apapun yang Moms inginkan ke dalam freezer hingga membeku. Kemudian hancurkan buah yang sudah beku menggunakan blender. Pengganti es krim yang sehat sudah siap diberikan pada Si Kecil. Variasikan warna dengan mencampurkan blueberry dengan pisang.
  • Smoothie buah segar yang dikocok juga bagus diberikan pada bayi. Karena tidak perlu didinginkan, Moms dapat memberikannya pada Si Kecil di cuaca dingin sekalipun. Namun, pastikan selalu menggunakan buah segar. Bukan buah kering kemasan kaleng.

Baca Juga: 4 Manfaat Es Krim Untuk Anak Yang Banyak Tak Disadari Orang Tua

Apakah Yogurt Beku Dapat Digunakan sebagai Alternatif Lain?

Kapan Bayi Boleh Makan Es Krim 3.jpg

foto: orangeleafyogurt.com

“Disarankan agar bayi tidak makan makanan yang mengandung garam atau gula tambahan sampai setelah 12 bulan,” kata Dr. Natalie Epton, seorang dokter spesialis anak dan neonatologis, seperti dikutip dari Youngparents.com.sg.

Yogurt beku mengandung gula tambahan, bahkan sering kali lebih banyak dari es krim, yang tentunya tidak baik bagi bayi. Selain itu, bakteri baik di dalam yogurt diduga hilang selama proses pembekuan. Sehingga menurut Dr. Natalie Epton, yogurt beku tidak akan jauh lebih baik atau bermanfaat dibandingkan dengan es krim.

Resep Es Krim Mudah Berbahan Buah

Kapan Bayi Boleh Makan Es Krim 4.jpeg

foto: thespruceeats.com

Setelah berusia minimal 1 tahun, bayi boleh makan es krim. Moms dapat mencoba membuat sendiri es krim rumahan yang baik bagi bayi. Berikut merupakan salah satu resep yang dapat Moms coba:

  • Siapkan 1 buah pisang matang yang sudah dibekukan dan 1 sendok teh bubuk cokelat
  • Haluskan pisang menggunakan blender, kemudian tambahkan bubuk cokelat.
  • Tambahkan 1 sendok mentega almond atau selai kacang untuk memberikan variasi rasa.

Bukan hanya menjadi es krim sehat untuk Si Kecil, pisang beku juga sangat cocok untuk membantu menenangkan gusi bayi yang sakit atau bengkak.

Baca Juga: Resep Es Krim Homemade Enak yang Bisa Menaikkan Berat Badan Si Kecil

Nah, jadi, jawabannya bayi boleh makan es krim. Tapi ingat, es krim tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 12 bulan ya Moms. Apa Moms pernah membiarkan Si Kecil mencicipi es krim?

(RGW)

Artikel Terkait