3-12 BULAN
18 Juli 2019

Kapan Bayi Boleh Menggunakan Sunscreen?

Perhatikan batas usia penggunaan sunscreen bayi agar tidak merusak kulit Si Kecil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Akhir pekan nanti berencana membawa Si Kecil bermain di pantai? Jangan lupa membawa semua kebutuhan bayi, mulai dari susu, makanan, pakaian ganti, hingga sunscreen bayi.

Tapi penggunaan sunscreen bayi ternyata tidak bisa sembarangan, Moms. Ada batas usia tertentu di mana Si Kecil baru dapat menggunakan sunscreen bayi. Cek penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Bolehkah Menyemprotkan Sunscreen Spray ke Wajah? Ini Penjelasannya

Sunscreen Bayi di Bawah 6 Bulan

Sunscreen Bayi

Sampai beberapa tahun yang lalu, American Academy of Pediatrics (AAP) tidak menyarankan penggunaan sunscreen bayi untuk anak di bawah usia enam bulan.

“Kulit bayi belum matang sempurna dibandingkan dengan kulit orang dewasa, dan bayi memiliki rasio area lebih luas terhadap berat badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Kedua faktor ini menunjukkan bahwa paparan bayi terhadap bahan kimia pada sunscreen bayi jauh lebih besar dalam meningkatkan efek samping penggunaan tabir surya," ungkap Hari Cheryl Sachs, M.D., Dokter anak dari Food and Drug Administration (FDA).

Perlindungan terbaik dalam menjaga bayi dari matahari adalah dengan berada di dalam ruangan atau tempat teduh. Misalnya dengan menggunakan payung atau penutup stroller.

Hindari juga paparan matahari langsung di antara periode waktu pukul 10 pagi hingga dua siang, karena sinar ultraviolet (UV) di waktu tersebut sangat tinggi.

Namun, pedoman baru AAP mengenai perlindungan bayi terhadap matahari menyebutkan bahwa jika pakaian dan tempat teduh yang memadai tidak tersedia, maka orang tua dapat mengaplikasikan sunscreen bayi dengan sangat minim.

Setidaknya sunscreen bayi SPF 15 dan idealnya sunscreen bayi SPF 30-50 untuk beberapa bagian tubuh bayi, seperti wajah, bagian belakang tangan dan bagian atas kaki.

Baca Juga: Berencana Libur Lebaran ke Pantai Dengan Bayi? Perhatikan Hal ini

Sunscreen Bayi di Atas 6 Bulan

Sunscreen Bayi

Untuk bayi di atas enam bulan, penggunaan sunscreen bayi sangatlah disarankan. Pilihlah sunscreen bayi dengan SPF setidaknya 30. Oleskan sunscreen bayi secara perlahan pada kulit bayi yang akan terpapar langsung dengan matahari.

Aplikasikan kembali setiap dua jam atau lebih sering untuk bayi yang juga menghabiskan waktu bermain di air. “Untuk menghindari terjadinya iritasi kulit dan mata, gunakan sunscreen bayi yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide,” saran Dokter anak, Lawrence E. Gibson, M.D.

Baca Juga: Viral Foto Wajah Rusak Akibat Sinar Matahari, Ini Cara Pilih Sunscreen yang Cocok

Lindungi Bayi dari Sinar Matahari

Sunscreen Bayi

Selain penggunaan sunscreen bayi, AAP juga menyarankan penggunaan pakaian yang tepat untuk melindungi bayi dari matahari.

Seperti celana panjang ringan, kemeja lengan panjang, dan topi dengan bagian tepi yang mengelilingi seluruh kepala bayi, termasuk bagian lehernya.

Penggunaan topi baseball memang terlihat lucu untuk bayi, namun tidak cukup menutupi bagian sensitif bayi, seperti leher dan kuping.

Itu dia panduan menggunakan sunscreen bayi yang harus Moms perhatikan. Pastikan Si Kecil selalu terlindungi dari sinar matahari ya!

(GS)

Artikel Terkait