NEWBORN
23 Januari 2019

Kapan Bayi Prematur Mulai Belajar Berjalan?

Moms pasti khawatir jika ia belum belajar berjalan seperti bayi lain seusianya
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Belajar berjalan adalah tonggak penting untuk bayi. Bagi orang tua dengan bayi prematur yang mungkin cukup lama dirawat di NICU dan mengalami beberapa masalah kesehatan, belajar berjalan terkadang menjadi momen mengkhawatirkan.

Bahkan beberapa ada yang berpikir bahwa buah hatinya terlambat berjalan karena belum juga mulai belajar berdiri sebagaimana apa yang dilakukan bayi lain seusianya. Lalu, kapan sih Moms bayi prematur mulai belajar berjalan?

Kapan Bayi Prematur Bisa Berjalan?

סדנא יועצות תמונה

Bayi prematur biasanya akan mencapai tonggak perkembangan pada waktu yang sama dengan bayi cukup bulan (lahir pada usia kehamilan 9 bulan), termasuk kemampuan untuk berjalan sendiri.

Namun, jika digunakan corrected age si bayi prematur, maka perkembangannya akan terkesan sedikit terlambat dari bayi cukup bulan.

Corrected age adalah usia sebenarnya bayi prematur. Jadi, jika Si Kecil yang saat ini berusia 12 bulan (dihitung dari hari kelahirannya) dan lahir 2 bulan lebih awal, maka corrected age atau usia sebenarnya adalah 10 bulan.

Menurut Sessions Cole, seorang dokter anak dan direktur pengobatan bayi baru lahir di Rumah Sakit Anak St. Louis, corrected age akan lebih akurat untuk digunakan memantau tonggak motorik bayi prematur (berguling, duduk, dan berjalan), dibandingkan untuk tonggak kognitif seperti berbicara atau meniru bunyi.

Baca Juga: Kenali Bentuk Kaki Balita Saat Pertama Kali Berjalan

Perkembangan Kemampuan Berjalan Bayi Prematur Sesuai Corrected Age

68094146 m

Bayi prematur yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan jangka panjang akan mulai belajar berjalan sesuai dengan tonggak perkembangan standar untuk corrected age, yaitu:

- Pada usia 6-9 bulan: Pada saat bayi prematu sudah mencapai usia 9 bulan (corrected age), dia sudah mulai berdiri ketika dibantu atau didukung oleh orang tuanya atau berpegangan pada perabot di dekatnya.

- Pada usia 10-12 bulan: Pada saat bayi prematur berusia 12 bulan, dia sudah mulai berdiri dengan berpegangan pada perabot atau tempat tidur bayi. Dia juga mulai bisa berjalan ketika dipegangi oleh orang tua atau ketika berpegangan pada sesuatu (merambat).

- Pada usia 13-18 bulan: Bayi prematur sudah bisa berjalan sendiri, tanpa dipegangi dan menapakkan tumit mereka di lantai.

Bayi prematur yang memiliki masalah kesehatan mungkin tidak mencapai tonggak perkembangan yang sama, jadi Moms perlu berkonsultasi dengan dokter anak untuk dapat mengetahui kapan Si Kecil seharusnya mulai belajar berjalan.

Baca Juga: Anak Laki-laki Lebih Lambat Berjalan, Mitos atau Fakta?

Mengapa Beberapa Bayi Prematur Cenderung Terlambat Berjalan?

walk baby girl foot bebek

Bahkan setelah usianya sesuai dengan corrected age, seorang bayi prematur masih mungkin mencapai tonggak perkembangan sedikit lebih lambat.

Semakin dini Si Kecil lahir atau semakin parah komplikasi medisnya saat lahir, maka semakin besar pula kemungkinan keterlambatan milestone-nya.

Jika bayi prematur memiliki salah satu atau lebih dari komplikasi yang ada di bawah ini, dia mungkin mulai belajar berjalan lebih lambat dari yang diharapkan:

- Lahir sebelum usia kehamilan 27 minggu

- Berat badan lahir kurang dari 750 gram

- Bronchopulmonary dysplasia (BPD) atau penyakit paru-paru kronis

- Otot lemah (hipotonia)

- Cerebral palsy

- Sering dirawat inap

- Dukungan medis yang signifikan di rumah (pernafasan, selang makanan, dan lain-lain)

Itulah pembahasan singkat yang kami harap dapat menjawab pertanyaan Moms mengenai kapan bayi prematur mulai belajar berjalan.

Apakah Moms sudah mengetahui corrected age Si Kecil yang lahir prematur? Sudah sesuaikah perkembangan Si Kecil dengan usianya?

(RGW)

Artikel Terkait