PARENTING
28 Mei 2019

Kapan Jam Tidur Ibu Kembali Normal?

Penelitian menunjukkan bahwa pola tidur orang tua terganggu hingga 6 tahun lamanya setelah memiliki anak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bukan hal yang mengejutkan bahwa memiliki seorang bayi adalah hal yang menyenangkan sekaligus melelahkan, baik itu untuk fisik maupun emosional. Setelah melahirkan, jam tidur ibu tentu akan berkurang drastis.

Kurang tidur, juga menambah rasa lelah yang akan kita rasakan. Apalagi jika Moms memiliki lebih dari satu orang anak, kita pasti akan mulai berpikir, “kapan ya terakhir kali kita mendapat waktu tidur yang cukup?”.

Tenang, Moms tidak sendiri kok. Hal ini memang dialami hampir semua ibu di seluruh dunia, terutama mereka yang tidak menggunakan bantuan pengasuh anak.

Kita harus bangun sendiri untuk mengurus buah hati yang tiba-tiba terbangun di malam hari, baik itu karena haus, lapar, buang air, atau sakit. Lalu, kapan jam tidur ibu bisa kembali normal? Temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini!

Baca Juga: Moms, Ini 5 Cara Mendisiplinkan Waktu Tidur Anak

Kapan Ibu bisa Mulai Tidur Normal?

jam tidur ibu

Foto: Momsanity.com

Peneliti dari Universitas Warwick di United Kingdom meneliti tentang pola tidur dari 4.600 lebih orang tua di Jerman yang memiliki anak.

Penelitian menunjukkan bahwa jam tidur ibu dan ayah terganggu hingga 6 tahun lamanya setelah memiliki anak! Dalam hal tidur, ibu kehilangan kualitas tidur yang baik lebih lama.

Rata-rata, para ibu kehilangan sekitar 40 menit dari jam tidur ibu per malam di tahun pertama kehidupan anaknya. Sedangkan dalam tiga bulan pertama, mereka kehilangan lebih dari satu jam.

Terlebih lagi jika Moms juga menyusui Si Kecil, kita harus siap 24 jam, jika bayi kita tiba-tiba haus di tengah malam.

Sementara ayah juga kehilangan waktu tidurnya. Namun mereka hanya kehilangan 13 menit dari jam tidur per malam selama tahun pertama menjadi orang tua.

Baca Juga: Kapan Anak Perlu Tidur Di Kamar Sendiri?

Rasa Nyenyak saat Tidur Tidak Benar-Benar Kembali

jam tidur ibu

Foto: Soundofsleep.com

Kesimpulannya dari penelitian ini, meskipun kedua orang tua mendapatkan kembali kualitas tidur yang baik dalam 6 tahun, mereka mengaku bahwa rasa nyenyak saat tidur yang mereka dapatkan sebelum memiliki anak tidak benar-benar kembali.

Jam tidur ibu yang dulu lebih banyak secara kuantitas dan kualitas tidak akan benar-benar di sarakan lagi.

Jadi Moms dan Dads harus tahu, bahwa memiliki anak, berarti kita harus siap untuk kehilangan waktu tidur yang baik juga. Sebelum memiliki anak, hal ini penting untuk diketahui agar kita sebagai orang tua dapat berjaga-jaga ke depannya.

Baca Juga: Normal atau Bahaya, Apa Penyebab Bayi Mendengkur Saat Tidur?

Meski begitu, merawat anak untuk tumbuh dengan baik adalah kewajiban kita sebagai orang tua. Demi anak, jam tidur ibu berkurang bukan masalah besar kan Moms? Tetap semangat ya Moms and Dads!

Artikel Terkait