PROGRAM HAMIL
8 Agustus 2019

Kapan Perlu Tes Kesuburan untuk Wanita?

Kalau belum ingin hamil, perlukah melakukan tes kesuburan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Kesuburan merupakan faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan suami-istri punya anak.

Meski begitu, kesuburan bukanlah topik yang lazim dibicarakan, termasuk tentang kapan perlu tes kesuburan.

Seseorang biasanya baru membahas soal kesuburan saat berencana punya keturunan. Padahal, bila ingin upaya hamil berhasil, baik suami maupun istri semestinya melakukan langkah-langkah untuk menjaga kesuburan masing-masing.

Salah satu langkah yang disarankan oleh sejumlah ahli kesehatan adalah melakukan tes kesuburan.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Sehari-hari yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Mengapa Perlu Melakukan Tes Kesuburan?

Kapan Perlu Tes Kesuburan untuk Wanita 01.jpg

Foto: mountelizabeth.com

Nataki Douglas, M.D., direktur kesehatan perempuan di Rutgers University dan ketua dewan penasihat medis di Modern Fertility mengatakan, melakukan tes kesuburan lebih dini dapat membantu Moms mengetahui status kesuburan saat ini maupun prediksi beberapa tahun ke depan.

Dengan demikian, bila ternyata hasil tes memperlihatkan ada kelainan pada salah satu organ reproduksi, dokter dapat segera melakukan langkah-langkah khusus untuk mengatasinya.

Atau, bila ternyata diketahui Moms mengidap polycystic ovary syndrome (PCOS) yang dapat mempersulit terjadinya kehamilan, dokter akan memberikan pengobatan yang tepat untuk menyembuhkannya.

“Informasi yang didapat dari hasil tes kesuburan dapat membantu perempuan mengambil keputusan dan membicarakannya dengan orang-orang terdekat,” ujar Douglas.

Salah satu contoh keputusan penting yang diambil perempuan setelah melakukan tes kesuburan adalah membekukan sel telur. Saat ini makin banyak perempuan yang menunda kehamilan karena alasan karier atau semata-mata karena belum menemukan pasangan yang tepat.

Baca Juga: Makan Tomat Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria? Ini Kata Ahli!

Langkah Tes Kesuburan

Kapan Perlu Tes Kesuburan untuk Wanita 02.jpg

Foto: shutterstock.com

Dikutip dari situs web Kompas, tes kesuburan pada perempuan umumnya meliputi

  • Pemeriksaan ovulasi untuk memastikan tubuh berovulasi secara rutin
  • Pemeriksaan ovarium untuk memastikan indung telur berfungsi sebagaimana mestinya
  • Pemeriksaan endometrium untuk memastikan tidak ada kelainan pada lapisan dalam dinding rahim
  • Pemeriksaan kadar progesteron
  • Pemeriksaan hormon-hormon reproduksi, seperti FSH (follicle stimulating hormone), LH (luteinizing hormone), estrogen, progesteron, prolaktin, dan lain-lain

Baca Juga: Benarkah Akupuntur Meningkatkan Kesuburan? Yuk, Simak Penjelasannya

Lantas, Kapan Perlu Tes Kesuburan?

Kapan Perlu Tes Kesuburan untuk Wanita 03.jpg

Foto: lemongrad.com

Sebenarnya tidak ada patokan khusus tentang kapan perlu tes kesuburan.

Michael Dooley, ahli kesuburan dan konsultan ginekologi terkemuka dari Poundbury Clinic, berpendapat perempuan sebaiknya mulai melakukan pemeriksaan kesuburan rutin pada usia 25 tahun.

“Mobil saja kita periksakan secara rutin tiap tahun, mengapa kita tidak memeriksakan kesuburan kita secara berkala?” tanya Dooley.

Dikutip dari situs web The Telegraph, Dooley menjelaskan bahwa tes kesuburan bagi pasangan yang berencana punya anak bisa jadi terasa sangat berat. “Saya melihat banyak pasangan yang tidak mengerti sama sekali tentang kesuburan mereka sendiri. Banyak dari mereka sudah berusaha hamil selama bertahun-tahun hingga akhirnya berkonsultasi dengan dokter,” kata Dooley.

Ia bermimpi untuk mengubah budaya [tentang kesuburan] yang ada dan ingin memulai pembicaraan tentang hal tersebut. Menurut Dooley, edukasi dan pemeriksaan kesuburan secara rutin dapat mengubah hidup banyak orang dan membantu mereka berkeluarga.

Nah, bagaimana dengan Moms? Kira-kira Moms kapan perlu tes kesuburan? Bila Moms mempunyai hal seputar kesuburan yang perlu ditanyakan lainnya, Moms bisa bergabung di WhatsApp Group Orami Moms Community, lho.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Moms juga akan bertemu dan bisa berbagi pengalaman dengan sesama ibu yang sedang menjalani program hamil lainnya, lho. Moms pun tidak akan merasa sendirian dalam menghadapi berbagai masalah seputar kehamilan.

orami wag

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(AN)

Artikel Terkait