NEWBORN
26 April 2019

Kapan Waktu Ideal untuk Mulai Konsultasi dengan Konselor Laktasi?

Pastikan agar proses menyusui Si Kecil lancar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Amelia

Bagi sebagian ibu, menyusui bisa menjadi sebuah tantangan dan mungkin yang paling sulit bagi seorang ibu selain melahirkan.

Moms tidak hanya beradaptasi dengan menjadi seorang ibu, tetapi juga belajar untuk mengatasi tantangan baru dan berusaha merasa nyaman menjadi ibu menyusui.

Konselor laktasi RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr. Meutia Ayuputeri, MRes, IBCLC, CIMI menjelaskan bahwa konselor laktasi membantu ibu menyusui dan keluarganya memahami prinsip dasar menyusui dan keuntungan menyusui bagi ibu, bayi, maupun keluarga.

"Konselor laktasi berperan mendampingi dari segi fisik maupun emosional ibu untuk beradaptasi menyusui," saat diwawancarai Orami.

Semasa hamil pun, Moms juga harus mulai mempersiapkan proses menyusui, sehingga Si Kecil mendapatkan asupan ASI eksklusif yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Dr Meutia menyebutkan beberapa pengetahun tersebut seperti pengetahuan dasar menyusui, seperti: proses pembentukan ASI pada tubuh ibu, teknik dasar menyusui, kebutuhan ASI bayi baru lahir, dan kebaikan pemberian ASI pada bayi baru lahir.

Lalu, kapan waktu ideal bagi Moms untuk berkonsultasi dengan konselor laktasi?

Baca Juga: Ketika Ibu Sakit, Dapatkah Tetap Memberi ASI pada Bayi?

Waktu Ideal Kunjungi Konselor Laktasi

konsulasi1

Foto: usatoday.com

World Health Organization (WHO) merekomendasikan setidaknya ada 7 kali kontak antara ibu menyusui dan konselor laktasi, dengan ketentuan sebagai berikut:

-Sekitar usia kehamilan 28 minggu, membahas keuntungan dan manajemen menyusui

-Pada usia kehamilan 36 minggu, membahas proses menyusui dan kendala-kendala yang mungkin dihadapi

-Segera setelah persalinan, bimbingan kontak kulit dini antara ibu dengan bayi saat inisiasi menyusu dini (IMD)

-Dalam 1-2 hari setelah persalinan, bimbingan posisi menyusui yang baik (posisi tidur atau duduk) dan membantu perlekatan mulut bayi pada payudara

-Satu minggu setelah melahirkan, diskusi mengenai kesulitan atau kendala yang dihadapi

-Dalam 1 bulan setelah persalinan, dan sebelum ibu kembali bekerja

-Kontak berikutnya dapat dilakukan jika ada kendala menyusui. Berdasarkan rekomendasi ini, penting bagi ibu untuk memulai kontak konselor laktasi dari sejak kehamilan, terutama ibu dalam kehamilan pertama

Manfaat Mengunjungi Konselor Laktasi

konsulasi2

Foto: medelabreastfeedingtips.ca

Dikutip dari Latchpal.com, Melissa LaHann, Founder and CEO of Happy Fig, LLC, membagikan beberapa manfaat jika Moms berkonsultasi dengan konselor laktasi. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Pertanyaan dan Kekhawatiran

Saat pertama kali memulai perjalanan menyusui, Moms pasti akan memiliki banyak pertanyaan. Menghabiskan satu lawan satu dengan konsultan laktasi bisa sangat membantu menjawab pertanyaan dan masalah.

Ini akan sangat membantu jika Moms mengalami hal-hal seperti pembengkakan, saluran tersumbat, dan/atau masalah pasokan. Menjawab pertanyaan dan masalah dengan cepat dan mudah akan membuat perawatan menjadi lebih mudah

2. Teknik

Menyusui adalah seni dan ada teknik tertentu yang dapat dipelajari seorang ibu untuk memposisikan dirinya untuk keberhasilan menyusui. Konsultasi dengan konselor laktasi dapat mengajari Moms cara yang pas untuk menyusui yang baik secara teratur.

Ini tidak hanya akan mengurangi rasa sakit, tetapi juga akan memaksimalkan aliran ASI untuk bayi.

Baca Juga: Yuk Ketahui Sejuta Manfaat ASI untuk Kesehatan Bayi

3. Masalah

Begitu ada sekecil apa pun masalah muncul, Moms mungkin mulai meragukan kemampuan diri sendiri dan merasa ada yang salah dalam diri Moms.

Setiap ibu mengalami pasang surut, dan kenselor laktasi telah melihat semuanya dan mereka tahu saran terbaik untuk masalah seperti infeksi payudara, nyeri pada payudara, mastitis, dan masalah umum lainnya.

4. Pasokan Susu

Bidang keahlian lain yang dimiliki konselor laktasi adalah mengetahui semua tips dan trik untuk mencapai pasokan susu yang sehat. Hal ini termasuk jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi.

Baik itu makanan yang dimakan, intensitas menyusui, atau suplemen yang harus dikonsumsi, ada banyak nasihat berbeda yang mungkin ditawarkan oleh konsultan untuk membantu produksi ASI bagi Si Kecil.

5. Teman

Selain memberikan semua bantuan teknis dan fisik yang mungkin Moms butuhkan saat menyusui, berkonsultasi dengan konselor laktasi juga memberikan manfaat emosional juga.

Mereka kemungkinan akan menjadi salah satu rekan tepercaya dan akan memberikan dukungan emosional untuk membantu Moms melalui proses selama menyusui. Cinta dan dukungan ini sama pentingnya dengan saran apa pun yang dapat diberikan oleh konsultan laktasi.

Terlepas Moms tidak memiliki masalah saat menyusui, dr Meutia mengatakan bahwa berkonsultasi dengan konselor laktasi itu penting. "Sebaiknya tetap bertemu dengan konselor laktasi, ketika mengalami atau tidak mengalami masalah menyusui," tutupnya.

Jadi, jangan ragu lagi untuk bekonsultasi dengan konselor laktasi ya Moms!

(AP/AND)

Artikel Terkait