NEWBORN
22 November 2017

Kapan Waktu Tepat Bayi Boleh Makan Pedas dan Daging?

Ternyata tak boleh sembarang lho Moms dalam menentukan MPASI untuk Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Bayi Moms sudah berumur 6 bulan? Selamat, berarti sudah saatnya Si Kecil mengenal makanan lainnya selain ASI dari Moms.

Makanan pendamping ASI (MPASI) memang diperlukan oleh bayi untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Namun seringkali banyak Moms yang masih bingung, MPASI apa yang sebaiknya diberikan ke bayi?

Menurut dokter spesialis anak dari OMNI Hospitals Pulomas, dr. Darmady Darmawan, Sp.A, konsistensi dan rasa MPASI berbeda dari air susu ibu, sehingga masa pengenalan MPASI memerlukan waktu, hingga bayi dapat beradaptasi dan menikmati MPASI.

“Hal tersebut diharapkan tidak membuat orang tua menyerah dalam mengenalkan MPASI kepada sang buah hati,” ujar dr. Darmady.

Baca Juga : 3 Resep MPASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan

Apakah Daging dan Makanan Pedas Boleh Diberikan Sebagai MPASI?

shutterstock 177212690

Sebagian orang berpendapat bahwa daging lebih cepat membuat bayi gemuk dibanding karbohidrat. Namun benarkah demikian?

Menurut dr. Darmady, Daging berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, karena daging mengandung protein, lemak dan nutrisi mikro lainnya seperti zat besi.

”Memberikan daging secukupnya dan sesegera saat dimulai pemberian MPASI sangatlah berguna untuk sang buah hati,“ lanjut dr. Darmady.

Tak hanya daging, Moms pun sebenarnya boleh memberikan bumbu-bumbu rempah dalam MPASI yang dikonsumsi bayi. Namun, tidak semua bumbu rempah ya, Moms.

”Pada MPASI dapat diberikan rempah-rempah tertentu, dengan syarat rempah tersebut tidak berlebihan yang dapat menimbulkan gangguan saluran pencernaan,“ ujar dr. Darmady.

Menurut dr. Darmady, fungsi rempah pada MPASI kadang dapat memperbaiki rasa atau minat sang buah hati untuk mau makan, karena efek aroma atau rasa, dan lainnya.
Jika rempah boleh dicampurkan dalam MPASI bayi, maka untuk makanan pedas sebaiknya dihindari ya, Moms karena saluran pencernaan bayi yang sensitif.

Lalu kapan Si Kecil boleh diperkenalkan dengan makanan pedas? Menurut dr. Darmady, sebaiknya tunggu sampai anak berusia 18 bulan ya. Namun jangan langsung memberikan makanan yang terlalu pedas. Mulailah dengan memberikan anak makanan dengan sedikit bumbu pedas.

(CAR)

Foto : Shutterstock

Presented by :

pjimage (1) pjimage (2)

dr. Darmady Darmawan, Sp.A

JADWAL PRAKTEK

Senin & Jumat 08.00 – 12.00 & 16.00 – 21.00
Selasa 18.00 – 21.00
Rabu 08.00 –11.00 & 18.00 – 21.00
Kamis 18.00 – 21.00
Sabtu 08.00 – 12:00 & 15:00 – 20:00
Artikel Terkait