PERNIKAHAN & SEKS
20 Mei 2019

Kapan Waktu yang Pas untuk Berhubungan Seks Agar Cepat Hamil?

Ternyata tidak semua waktu itu baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan

Kehamilan terjadi jika sperma bertemu dengan sel telur. Untuk beberapa perempuan, kehamilan bisa terjadi dengan mudah, namun untuk beberapa perempuan lainnya kehamilan menjadi hal yang sangat susah untuk didapatkan.

Dari 100 pasangan, sebanyak 80-90 persennya akan berhasil hamil dalam jangka waktu 1 tahun. Sisanya akan membutuhkan waktu lebih lama, bahkan juga membutuhkan bantuan medis untuk berhasil hamil.

Untuk mengerti konsep pembuahan dan kehamilan, penting untuk mengetahui tentang organ seksual Moms dan Dads, sekaligus tahu kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks agar cepat hamil. Mari kita simak ulasannya!

Baca Juga: Agar Cepat Hamil, Yuk Perhatikan Cara Menghitung Masa Subur!

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Seks Sehingga Terjadi Kehamilan?

Kapan Waktu yang Pas untuk Berhubungan agar Hamil 1.jpg

Biasanya Moms akan mudah hamil jika berhubungan di saat satu atau dua hari saat ovulasi. Biasanya siklus dihitung dari hari pertama menstruasi, ovulasi (pelepasan sel telur) terjadi sekitar 16 hari setelah hari menstruasi pertama.

Siklus menstruasi normal biasanya membutuhkan waktu sekitar 28 hari, namun tak menutup kemungkinan bahwa siklus akan lebih cepat atau lambat dari yang sudah ditentukan.

Menurut National Health Service (NHS), sel telur akan hidup sekitar 12-24 jam setelah dilepaskan. Jika Moms & Dads ingin kehamilan terjadi, sel telur harus dibuahi sperma dalam jangka waktu ini.

Sperma bisa hidup hingga 7 hari di tubuh Moms. Jadi jika Moms berhubungan di hari sekitar ovulasi, sperma akan memiliki waktu ekstra untuk menuju tuba falopi (saluran sel telur) dan menunggu sel telur untuk dilepaskan. Jadi pastikan Moms & Dads berhubungan seks saat Moms sedang ovulasi atau memasuki masa subur.

Baca Juga: Calon Ayah Wajib Tahu, Ini 11 Hal yang Menurunkan Kualitas Sperma

Bagaimana Mendeteksi Jika Sedang Ovulasi/Masa Subur?

Kapan Waktu yang Pas untuk Berhubungan agar Hamil 2.jpg

1. Kenaikan temperatur tubuh. Saat ovulasi, suhu basal tubuh meningkat sebesar 0.4-1 derajat celcius.

Kenaikan temperatur ini kadang terlalu kecil untuk disadari, jadi pastikan untuk menggunakan termometer agar suhu tubuh tetap terpantau.

2. Perubahan pada air liur. Peneliti mengungkap bahwa air liur perempuan berubah sesuai dengan kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Estrogen meningkat beberapa hari sebelum ovulasi dan mungkin Moms akan merasakan kadar air liur meningkat juga.

Baca Juga: 5 Masalah Sistem Reproduksi Ini Bisa Menghambat Kesuburan

Jika Sudah Berhubungan Sesuai Jadwal Ovulasi, Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Hamil?

Kapan Waktu yang Pas untuk Berhubungan agar Hamil 3.jpg

Kehamilan tidak akan terjadi begitu saja sesaat setelah melakukan hubungan, karena membutuhkan waktu hingga 6 hari bagi sperma dan sel telur untuk menyatu dan membentuk sebuah sel telur yang sudah dibuahi.

Kemudian, butuh waktu hingga 11 hari bagi telur yang sudah dibuahi untuk akhirnya menempel pada dinding rahim Moms.

Ingatlah, kehamilan diawali dengan menempelnya sel telur yang sudah dibuahi ketika semua hormon yang diperlukan untuk mendukung kehamilan sudah dilepaskan.

Cara paling mudah untuk mengetahui kehamilan adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan. Moms bisa dengan mudah mendapatkannya di apotek terdekat. Selamat mencoba!

(SN/INT)

Artikel Terkait