DI ATAS 5 TAHUN
27 Februari 2019

Kapan Waktu yang Tepat Mengonsumsi Multivitamin Anak?

Multivitamin bisa membantu anak tumbuh optimal lho Moms
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Setiap ibu tentu ingin anaknya selalu sehat. Selain memenuhi nutrisi Si Kecil dari makanan, banyak ibu juga yang memberikan Si Kecil multivitamin. Moms mungkin salah satunya.

Ada banyak sekali jenis multivitamin untuk anak yang dijual di pasaran. Ada yang bentuknya unik, rasanya enak, hingga kandungannya yang komplet. Namun, terkadang banyak Moms yang masih bingung kapan waktu yang tepat untuk memberikan Si Kecil multivitamin.

Ada Moms yang memberikannya di pagi hari setelah sarapan, ada juga yang memberikannya di sore atau malam hari sebelum tidur. Sebenarnya, aturannya seperti apa? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

Waktu untuk Memberikan Multivitamin pada Anak

honest kids multi1 zoom 84525.1416415707.1280.1280

Foto: Idietitian.in

Dilansir dari Livestrong.com, sebenarnya tidak ada waktu terbaik untuk mengonsumsi multivitamin. Multivitamin bisa dikonsumsi kapan pun. Namun, ada beberapa multivitamin yang disarankan untuk dikonsumsi setelah makan agar penyerapannya lebih maksimal, seperti vitamin A, D, E, dan K.

Melisa Dorval, ahli nutrisi asal Amerika Serikat, mengatakan bahwa vitamin-vitamin tersebut larut dalam lemak. Jadi, untuk bisa larut sempurna dalam tubuh, vitamin tersebut membutuhkan sedikit lemak. Sumber lemak yang baik untuk membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K adalah telur dan alpukat. 

Sedangkan vitamin B kompleks dan A bisa dikonsumsi sebelum makan. Vitamin-vitamin tersebut larut dalam air sehingga penyerapannya pun tetap bisa maksimal tanpa perlu dikonsumsi bersama makanan. Vitamin jenis ini tidak akan disimpan dalam tubuh dan kelebihannya akan dikeluarkan dalam bentuk urin.

Alan R Gaby, M.D., ahli nutrisi sekaligus penulis buku "Nutritional Medicine", menyarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin C lebih dari 500 miligram setiap harinya untuk mencegah gangguan pencernaan. Dia juga menyarankan untuk tidak mengosumsi vitamin B di malam hari karena bisa mengganggu tidur.

"Jika ingin dikonsumsi bersamaan dengan waktu makan, sarapan atau makan siang adalah waktu terbaik," katanya.

Mengenai multivitamin yang dilengkapi dengan mineral seperti kalsium dan zat besi, dia menjelaskan bahwa konsumsinya membutuhkan sedikit lemak. Jadi, Moms sebaiknya memastikan Si Kecil untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi multivitamin.

"Multivitamin yang dikonsumsi saat perut kosong bisa menyebabkan sakit perut dan mual pada sebagian orang," jelas Gaby.

Baca Juga: Seberapa Penting Pemberian Vitamin Pada Balita

Sarapan dipercaya sebagai waktu terbaik untuk mengonsumsi multivitamin. Ada beberapa faktor yang membuat sarapan merupakan waktu pemberian multivitamin terbaik. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

  • Sarapan adalah waktu yang paling tepat untuk memberikan vitamin, karena sebagian besar ibu percaya bahwa sarapan adalah makanan yang paling penting untuk tidak dilewatkan, sehinga kecil kemungkinannya bagi Moms untuk lupa memberikan anak vitamin.
  • Vitamin membantu menyerap nutrisi lain dari makanan yang kita makan saat sarapan. Itu berarti bahwa anak-anak kita mendapatkan manfaat terbaik dari makanan yang mereka makan di pagi hari ketika mereka minum vitamin mereka tepat setelah makan.
  • Vitamin C hanya bertahan beberapa jam dalam aliran darah sehingga akan lebih baik diminum di pagi hari, untuk memberikan energi yang cukup dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain memberi suplemen pada waktu yang tepat, juga penting bagi mereka untuk mengonsumsi vitamin secara teratur. Ketika anak-anak lupa minum vitamin, Moms harus bisa memastikan untuk memberikan lebih banyak makanan bergizi pada anak di hari itu.

Mengapa Multivitamin Penting bagi Anak?

vitamin mineral supplements

Foto: Parenting-jornals.com

Selain memberikan makanan yang sehat dan bergizi, multivitamin adalah cara yang tepat untuk memastikan anak mendapatkan cukup vitamin dan mineral penting yang mereka butuhkan setiap hari. Multivitamin mengandung kalsium dan vitamin D yang memberi anak-anak mineral utama atau kalsium yang dibutuhkan untuk tulang yang kuat.

Tak hanya itu, vitamin D juga membantu tubuh mereka yang tumbuh untuk menyerap kalsium. Mendapatkan cukup vitamin-mineral sangat penting selama masa kanak-kanak dan remaja, karena sebagian besar massa tulang seseorang terbentuk pada fase itu.

Selain membantu pembentukan tulang, vitamin adalah sumber energi bagi tubuhnya. Mereka membutuhkan energi dari sumber yang tepat untuk mengisi hari-hari aktif mereka dan bukan energi sementara yang berasal dari makanan yang mengandung gula.

Baca Juga: Benarkah Vitamin D Dapat Menambah Kesuburan?

Multivitamin anak-anak kaya akan vitamin B yang dapat membantu mengubah makanan menjadi energi. Seperti halnya orang dewasa, anak-anak yang sedang tumbuh perlu mengisi kembali persediaan vitamin B mereka setiap hari, sehingga mereka dapat mendukung metabolisme energi dan nikmati hari-hari penuh semangat.

Ingat ya Moms, anak-anak yang tumbuh dengan rutin mengonsumsi vitamin setiap hari jauh lebih mungkin untuk tetap menjaga  kesehatan ini hingga dewasa.

(MDP)

 

 

Artikel Terkait