KESEHATAN
30 Agustus 2018

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Yoghurt?

Bisa diserap lebih maksimal oleh usus
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Selain enak, yoghurt juga punya segudang khasiat yang baik untuk kesehatan. Kandungan bakteri baik dalam yoghurt bisa membantu memelihara kesehatan pencernaan kita lho Moms.

Untuk Moms yang kerap mengalami sembelit, yoghurt ini juga bisa jadi obat alami untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Yoghurt juga merupakan protein hewani yang rendah kalori. Sehingga akan sangat tepat dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet.

Baca Juga : Bagaimana Diet yang Baik untuk Pemula?

Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsi Yoghurt?

shutterstock 564161932

Dokter Spesialis Gizi RSPI Bintaro Jaya Diana F Suganda mengatakan bahwa khasiat yoghurt akan lebih terasa jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong. Menurutnya, bakteri baik yang ada dalam yoghurt bisa bekerja maksimal saat perut kosong.

Karena itu juga, Diana menyarankan konsumsi yoghurt pada snacking time. Yakni jam-jam di antara jam makan. Yakni sekitar pukul 09.00-10.00 dan pukul 15.00-16.00.

Pada jam-jam tersebut, perut yang sebelumnya sudah terisi sudah mulai kosong kembali.

“Nah, ketimbang ngemil yang gula-gula tinggi kalori. Lebih baik ngemil yoghurt. Kalorinya rendah dan baik untuk kesehatan,” ungkap Diana.

Menurut Diana, beberapa orang punya kebiasaan menjadikan yoghurt sebagai hidangan penutup. Hal itu justru salah. Khasiat dari yoghurt jadinya tidak bisa maksimal dirasakan oleh tubuh.

Jika ingin tetap menjadikan yoghurt sebagai hidangan penutup, Diana menyarankan untuk memberi jeda sekitar satu jam agar makanan berat tercerna terlebih dahulu.

“Setelah itu baru masuk yoghurt untuk memaksimalkan probiotiknya. Karena itu saya sarannya yogurtnya untuk snacking time saja,” tuturnya.

Baca Juga : Berjuta Khasiat Yoghurt Untuk Kesehatan

Berapa Banyak Porsi Yoghurt dalam Sehari?

shutterstock 161565866

Untuk porsinya, Diana mengatakan, dua porsi yoghurt sehari sudah cukup. Dia menambahkan, dua porsi yoghurt itu dibagi untuk snacking time pagi dan snacking time sore masing-masing satu porsi.

Dia tidak menyarankan untuk mengonsumsi dua porsi sekaligus karena justru kurang baik untuk kesehatan.

“Ini kan kita memasukan koloni bakteri ke dalam tubuh. Kalau kebanyakan tidak baik. Sama seperti obat. Ada dosisnya. Ini dosinya 2x1. Artinya dikonsumsi dua kali masing-masing satu porsi. Bukan 1x2 yang dikonsumsi sekaligus dua porsi,” terang dia.

Nah, sekarang sudah tahu kan Moms waktu yang baik untuk mengonsumsi yoghurt.

(AND)

Artikel Terkait