SELEBRITI
9 Juli 2019

Kartika Putri Hamil 25 Minggu, Ketahui Fakta Seputar Kehamilan 25 Minggu

Calon bayi mulai aktif menendang dan melompat di dalam perut
placeholder

Foto: instagram.com/kartikaputriworld

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Artis cantik Kartika Putri kini tengah mengandung. Kehamilan istri Habib Usman bin Yahya kini Kartika Putri itu sudah memasuki usia kehamilan 25 minggu.

Di awal kehamilannya, Kartika Putri mengaku ia mendadak menjadi orang yang jorok, malas mandi, dan malas menggosok gigi. Melihat dari hal ini, orang-orang menarik kesimpulan bahwa calon bayi yang ada di dalam perut Kartika Putri adalah bayi laki-laki.

Nah, di usia kehamilan 25 minggu atau 6 bulan ini, apa saja ya kira-kira yang akan terjadi pada si ibu dan calon bayinya? Yuk kita cari tahu.

Baca Juga: Bagaimana Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Benar?

1. Calon Bayi Mulai Terbentuk Sempurna

kehamilan 25 minggu, usia kehamilan 25 minggu

Foto: tommys.org

Mengutip dari Flo Health, pada kehamilan 25 minggu, janin di dalam perut Moms akan mulai mendapatkan lemak bayi yang akan membantu Si Kecil mendapatkan kulit yang lebih halus dan membuat anak terlihat lebih berisi atau chubby.

Bila Si Kecil sudah memiliki rambut, maka warna dan teksturnya pun akan mulai terlihat. Refleks Si Kecil juga akan mulai berkembang. Mereka anak mulai menikmati lompatan dan bermain di dalam perut ibu.

Pembuluh-pembuluh darah kecil pada kulit bayi akan mulai terbentuk dan meningkatkan aliran darah di bawah kulit bayi. Sidik jari sudah terbentuk, dan lipatan telapak tangan mulai terlihat.

2. Bayi Mulai Bertambah Besar

kehamilan 25 minggu, usia kehamilan 25 minggu

Foto: flo.health

Pada usia kehamilan 25 minggu, berat badan calon bayi akan mulai bertambah hingga mencapai kurang lebih 785 gram dan panjang bayi mencapai 33,6 sentimeter.

Jika dibandingkan dengan sayuran atau buah-buahan, ukuran bayi kira-kira sudah sebesar jagung. Lalu seiring dengan perubahan lainnya yang terjadi pada tubuh anak, penambahan berat badan ini sudah menandakan bahwa Si Kecil sudah siap untuk hidup di luar perut ibu.

Baca Juga: Menariknya Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 30 Minggu

3. Posisi Bayi

slideshow_13.jpg

Foto: Nhs.uk

Usia kehamilan 25 minggu menandakan bahwa Moms telah memasuki trimester terakhir dalam kehamilannya.

Pada usia kehamilan ini, bayi belum berpindah posisi dengan kepala menghadap ke bawah, untuk persiapan proses persalinan. Kepala calon bayi masi berada di dekat dada Moms dan kaki menghadap ke bawah.

Tidak lama lagi, bayi akan berubah posisi dengan posisi kepala di bawah untuk siap masuk ke jalan lahir pada trimester akhir.

4. Perut Ibu Membesar

kehamilan 25 minggu, usia kehamilan 25 minggu

Foto: americanpregnancy.org

Pada usia kehamilan 25 minggu, ukuran perut Moms mulai membesar hingga seukuran bola sepak. Selain itu, berat badan Moms juga akan bertambah 7-8 kilogram selama usia kehamilan ini. Malah pada beberapa ibu, berat badan bisa bertambah 11-18 kilogram.

Dengan ukuran perut yang membesar, gerakan bayi juga pastinya akan semakin menguat dan berkembang pada pola-pola tertentu. Jadi Moms akan merasakan tendangan, lompatan, hingga jungkir balik bayi! Moms harus siap-siap dikagetkan oleh Si Kecil ya.

“Tendangan pertama bayi di rahim menunjukkan tahapan umur dan pertumbuhan bayi,” kata Dr. Taneja, konsultan senior di Obstetrics and Gynecology Fortis Escorts Hospital, Faridabad.

Si Kecil juga mulai bisa menunjukkan reaksi pada musik, suara, dan rangsangan lainnya.

Baca Juga: Meramalkan Jenis Kelamin Bayi Lewat Tanda-Tanda Kehamilan

Itu dia beberapa fakta yang mungkin perlu Moms ketahui saat memasuki usia kehamilan 25 minggu. Di awal trimester tiga ini, berbagai perubahan akan semakin terasa.

Semakin tidak sabar untuk melihat Si Kecil ya Moms?

Artikel Terkait