PROGRAM HAMIL
25 Mei 2019

Kartika Putri Hamil Muda dan Muntah-muntah Parah, Ini 5 Cara Efektif untuk Meredakan Morning Sickness

Sederhana dan mudah dilakukan, Yuk coba ikuti Moms
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kabar bahagia datang dari presenter cantik Kartika Putri. Ia akhirnya mengumumkan kehamilan anak pertamanya dengan Habib Usman. Seperti orang hamil pada umumnya, Kartika juga mengalami gejala yang sama.

Kehamilan pertamanya membuat presenter cantik ini mengalami morning sickness yang atau dilanda mabuk berat, sehingga ia harus banyak beristirahat di rumah. Dalam satu hari, ia bisa mengalami muntah-muntah hingga 6 kali, bahkan lebih. Wah, banyak juga ya Moms.

Oleh karena itu, ia pun akhirnya memutuskan untuk mengurangi aktivitasnya di dunia hiburan dan lebih banyak beristirahat di rumah.

Nah untuk Moms yang sedang hamil dan mengalami morning sickness seperti Kartika Putri, coba atasi dengan cara ini yuk.

Baca Juga: Ketahui Kehamilan Lewat 17 Tanda Ini!

1. Istirahat yang Cukup

mual1

Foto: pregnancycarecentre.ca

Bagi Moms yang sedang hamil dan mengalami morning sickness parah, sangat penting untuk mendapatkan istirahat yng cukup, terutama di malam hari.

Tidur siang juga dapat membantu, tetapi jangan langsung dilakukan setelah makan karena akan semakin meningkatkan rasa mual.

Selain itu, menggunakan masker tidur atau menggunakan lampu yang temaram agar tidak mendapatkan banyak cahaya juga bisa membantu kita tidur lebih nyenyak.

Tidurlah lebih awal dan bangun pagi, jadi kita bisa mengambil waktu sebentar untuk bangun dari tempat tidur. Ingat jangan mengonsumsi pil tidur kecuali disarankan oleh dokter kehamilan Moms.

2. Jaga Makan

mual3

Foto: pregnancycarecentre.ca

Makanan berlemak, pedas, dan mengandung kafein akan memicu pelepasan asam lambung, terutama saat masa kehamilan dan janin mendorong saluran pencernaan. Jadi harus dihindari ya.

Menurut National Health Service, mengonsumsi makanan dalam porsi kecil akan membantu mengurangi kemungkinan muntah, tetapi tidak menyembuhkan rasa mual.

Moms jangan membiarkan perut kosong ya, karena kondisi ini justru akan memperburuk mual yang dialami.

Hal ini dikarenakan perut terus menghasilkan asam, namun karena perut kosong dan tidak berisi makanan, sehingga mengambil lapisan perut. Inilah yang menyebabkan rasa mual.

Sebagai gantinya Moms bisa mengonsumsi beberapa camilan asin atau camilan yang mengandung protein sebelum beraktivitas.

Baca Juga: Ini Dia 7 Vitamin untuk Ibu Hamil yang Paling Dibutuhkan

3. Tetap Aktif Secara Fisik Maupun Mental

mual4

Foto: hellosehat.com

Ibu hamil yang aktif secara fisik, akan mengalami perasaan mual lebih sedikit. Hal ini dikarenakan kesibukan yang dilakukan, secara tidak langsung mengalihkan pikiran kita dari rasa mual.

Moms bisa mencoba menonton televisi, membaca buku, mengerjakan teka-teki silang, bermain kartu, atau jalan-jalan sebentar di kompleks perumahan.

4. Mendapat Asupan Cairan yang Cukup

mual5

Foto: bacaterus.net

Penting bagi tubuh untuk selalu mendapatkan asupan cairan yang cukup, apalagi di masa kehamilan. Mungkin akan sulit bagi kita minum 8 gelas air per hari saat mual, tetapi kekurangan air juga akan memicu rasa mual.

National Health Service menyarankan agar Moms menyeruput air putih secara sedikit, namun sering untuk bisa mencegah mual dan muntah.

Menambahkan madu ke dalam air mungkin akan membuatnya terasa lebih enak. Menghisap es batu yang terbuat dari air atau jus buah juga bisa menjadi cara yang efektif.

Baca Juga: Seberapa Penting Moms Mengonsumsi Susu untuk Ibu Hamil?

5. Minum Minuman Hangat

mual2

Foto: bacaterus.net

Sudah menjadi rahasia umum jika jahe merupakan obat tradisional yang mampu mengatasi mual, baik mual akibat kehamilan ataupun tidak. Jahe juga dipercaya mampu memperbaiki pencernaan.

Jad jika Moms mengalami mual yang parah, cobalah untuk meminum teh jahe hangat. Dijamin kita akan merasa jauh lebih baik setelahnya. Jika tidak punya jahe hangat, bisa juga diganti dengan permen jahe.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan di rumah untuk mengurangi morning sickness. Selamat mencoba Moms!

(AWD/INT)

Artikel Terkait