PROGRAM HAMIL
30 Juni 2019

Kata Ahli, Ini Alasannya Berlebihan Stres Bikin Susah Hamil

Bagaimana cara tidak stres agar bisa hamil?

Sumber: verywellfamily.com

Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Riset membuktikan bahwa stres merupakan salah satu faktor yang membuat sebagian pasangan susah hamil.

Stres yang dimaksud ternyata bukan hanya yang disebabkan oleh masalah infertilitas. Perempuan yang mengalami stres berat akibat masalah di luar kesuburan pun bisa jadi susah hamil karena stres tersebut.

Wanita Seperti Apa yang Stres Hingga Susah Hamil?

Kata Ahli, Ini Alasannya Berlebihan Stres Bikin Susah Hamil 01.jpg

Foto: denana.com

Misalnya stres akibat tekanan pekerjaan yang tinggi atau mengejar target karier tertentu. Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Current Anthropology menyebutkan, perempuan yang bekerja terlalu keras bisa jadi mempunyai peluang lebih rendah untuk dapat hamil.

Dikutip dari situs web The Guardian, perempuan modern berusia 20-an hingga 30-an adalah yang memiliki risiko paling tinggi untuk mengalami stres hingga kemudian susah hamil. Hal itu dikatakan oleh Profesor Elizabeth Cashdan, ahli antropologi dari University of Utah.

Menurut Cashdan, perempuan pada rentang usia tersebut umumnya memfokuskan sebagian besar perhatian dan energinya pada urusan karier. Banyak dari mereka yang bekerja hingga larut malam dan memforsir tubuh hingga kelelahan dan stres.

Baca Juga: Deteksi Awal Masalah Infertilitas, Jangan Takut Datang ke Klinik IVF

Mengapa Wanita Bisa Susah Hamil Karena Stres?

Kata Ahli, Ini Alasannya Berlebihan Stres Bikin Susah Hamil 02.jpg

Foto: my.clevelandclinic.org

Cashdan menjelaskan, tingkat stres yang tinggi dapat memicu perubahan hormon. Perempuan dengan tingkat kesibukan sangat tinggi berisiko mengalami penurunan kadar estrogen (yang penting untuk pembuahan) dan kenaikan androgen (salah satunya testosteron yang biasanya dominan di tubuh pria).

Perubahan proporsi hormon tersebut dapat mempersulit usaha perempuan untuk dapat memiliki keturunan.

Meski tak bisa dipungkiri ada perempuan yang susah hamil karena stres, bukan berarti lantas ia harus berhenti bekerja atau melepaskan kariernya.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Membuat Perempuan Susah Hamil

Mengendalikan Rasa Stress Agar Cepat Hamil

Kata Ahli, Ini Alasannya Berlebihan Stres Bikin Susah Hamil 03.jpg

Foto: verywellfamily.com

Emma Cannon, ahli kesuburan dan kesehatan perempuan mengatakan stres adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam hidup ini, tetapi sebenarnya bisa dikendalikan. Pendiri Emma Cannon Clinic dan penulis buku best seller The Baby Making Bible dan Fertile ini telah membantu banyak perempuan mengembalikan kesuburan mereka selama lebih dari 20 tahun.

Menurut Cannon, stres muncul dari sikap kita sendiri, baik yang secara sadar maupun tidak sadar. Termasuk dalam hal kesuburan atau upaya memiliki keturunan.

“[Suami-istri] tak perlu panik bila sudah sering berhubungan seks tetapi belum hamil juga. Kehamilan itu butuh waktu dan perlu dinikmati. Dengan kesabaran dan ketenangan, pada akhirnya mereka [yang tidak memiliki masalah infertilitas] pasti dapat hamil,” ujar Cannon.

Maka itu, jangan sampai Moms dan Dads susah hamil karena stres. Carilah informasi atau tips untuk membantu Moms dan Dads senantiasa tenang dan positif selama menjalani program hamil.

Baca Juga: 8 Posisi Bercinta agar Cepat Hamil yang Perlu Moms dan Dads Coba

Bila terlalu dipikirkan, upaya memiliki anak bisa jadi makin sulit dan Moms dan Dads malah tambah susah hamil.

(AN)

Artikel Terkait