BALITA DAN ANAK
9 September 2019

Menurut Pakar, Ini Alasan Mainan Lol Surprise Begitu Digilai Anak-Anak

Mainan LOL Surprise tengah disukai anak-anak. Ini alasannya menurut psikolog.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Tidak bisa dipungkiri kalau Si Kecil memang suka dengan mainan. Tidak jarang, dia bisa begitu tergila-gila dengan mainan tertentu, misalnya mainan anak LOL Surprise yang saat ini banyak digandrungi. Kira-kira apa yang membuat Si Kecil begitu menyukai mainan LOL Surprise? Ini jawaban psikolog.

Baca Juga : 4 Jenis Permainan yang Mama Bisa Lakukan Bersama Balita 24-36 Bulan

Apa Itu Mainan LOL Surprise?

Kata Psikolog Mengapa Mainan Lol Surprise Begitu Digilai Anak-anak

Foto: YouTube

LOL Surprise merupakan mainan yang berbentuk telur. Di dalamnya berisi boneka-boneka yang berbeda dari setiap kemasan. Sebelum bisa memainkan bonekanya, Si Kecil perlu membuka lapis demi lapis bungkusannya untuk menemukan mainan tersebut dan segala aksesorinya.

Selain harus membuka bungkusannya yang berlapis, mainan LOL Surprise juga memiliki seri yang menggemaskan dan beragam karena ada yang bisa menangis, meludah, buang air kecil hingga berubah warna.

Kenapa LOL Surprise Begitu Digilai?

Kata Psikolog Mengapa Mainan Lol Surprise Begitu Digilai Anak-anak

Foto : YouTube

Mungkin banyak dari Moms yang dengan sengaja mempermudah Si Kecil mengakses internet, dengan memberikan ponsel, sehingga Si Kecil kini bisa dengan mudah mengikuti trend menonton YouTube. Bahkan, ada beberapa YouTuber yang memang masih seumuran dengan Si Kecil dan memiliki konten untuk anak-anak. Salah satunya konten video unboxing mainan LOL Surprise.

Kenapa konten ini bisa menarik minat dan perhatian Si Kecil? Menurut Rachel Barr, Direktur Early Learning Project, Georgetown University, video unboxing menggelitik otak Si Kecil yang menyukai antisipasi. “Anak-anak sangat suka dengan kejutan, hal baru, dan LOL Surprsie sangat menggelitik otak mereka. Anak-anak menikmati perasaan antisipasi sebelum membuka mainan LOL Surprise tersebut,” ujar Rachel.

Moms harus tahu kalau di usia 4-5 tahun, Si Kecil memiliki konsep masa depannya sendiri atau kejadian yang bisa terjadi di masa depan. Meski ada perasaan takut, tetapi ketika menonton video unboxing LOL Surprise, Si Kecil sudah tahu kalau mereka akan menemukan hal positif dan menyenangkan di dalamnya.

Baca Juga : Puzzle, Mainan Edukatif untuk Mengasah Otak Anak

Apa Manfaat Mainan LOL Surprise Pada Si Kecil?

Kata Psikolog Mengapa Mainan Lol Surprise Begitu Digilai Anak-anak

Foto: YouTube

Mainan LOL Surprise bisa terbilang mahal untuk ukuran dan bentuknya yang kecil. Meski mahal, mainan LOL Surprise ternyata punya banyak manfaat untuk Si Kecil, seperti di bawah ini.

Baca Juga : Bukan Sekadar Mainan, Slime, Squishy, dan Fidget Spinner Punya Manfaat Tak Terduga untuk Anak

Melatih Bahasa Inggris si Kecil

Margret Nickels, psikolog klinis, Erikson Institute, Chicago mengatakan ketika Si Kecil bermain dengan mainan kesukaannya hal itu bisa meningkatkan motivasi mereka untuk belajar secara maksimal. Jadi, Moms bisa memanfaatkan LOL Surprise sebagai media belajar Si Kecil.

Sebelum dimainkan, Si Kecil harus membuka bungkusan mainan LOL Surprise tersebut. Pada bungkusannya terdapat intruksi yang tertulis dalam bahasa Inggris. Moms bisa manfaatkan ini untuk mengajarkan bahasa Inggris pada Si Kecil, bukan?

Mengasah Ketelitian Anak

Intruksi yang tertulis di mainan LOL Surprise juga bisa membuat Si Kecil lebih teliti dan fokus. Si Kecil akan dituntut untuk membaca petunjuk yang diberikan dengan benar supaya bisa mendapatkan semua surprise yang ada di setiap mainan LOL Surprise.

Melatih Kesabaran

Si Kecil yang harus membaca petunjuk terlebih dahulu sebelum membuka setiap bungkusan minan LOL Surprise, membuat si Kecil menjadi lebih bisa mengontrol kesabarannya akan sesuatu.

(NA/KM)

Artikel Terkait