KESEHATAN
17 Juni 2019

Kaya Antioksidan, Ketahui 7 Jenis Buah Beri dan Manfaat Kesehatannya!

Mana jenis buah beri favorit Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky

Buah beri mungkin menjadi salah satu buah yang menjadi favorit bagi banyak orang. Buah beri punya rasa
yang manis atau asam dan sering digunakan dalam pengawet, selai, dan makanan penutup.

Buah beri memiliki nutrisi yang baik, biasanya tinggi serat, vitamin C, dan antioksidan polifenol. Rutin mengonsumsi buah beri ke dalam makanan dapat membantu mencegah dan mengurangi gejala penyakit kronis.

Berikut ini 8 buah beri paling sehat yang bisa dimakan, dikutip dari Healthline.

1. Blueberi

blueberi.jpg

Blueberi adalah buah beri populer dan menjadi sumber vitamin K. Satu cangkir (148 gram) blueberi menyediakan nutrisi seperti kalori, serat: 3,6 gram, vitamin C, vitamin K, dan mangan.

Blueberi juga mengandung antioksidan polifenol yang disebut antosianin, zat ini dapat mengurangi stres oksidatif, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Blueberi dapat menurunkan risiko diabetes juga. Penelitian telah menunjukkan bahwa blueberry dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 26 persen.

Baca Juga: Buah Anggur, Camilan Sehat untuk Bayi

2. Raspberi

raspberi.jpg

Raspberi sering digunakan dalam makanan penutup dan berfungsi sebagai sumber serat yang sangat baik. Berbeda dengan blueberi, raspberry mengandung antioksidan polifenol yang disebut ellagitannins, ini juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif.

Raspberi juga dapat meningkatkan leptin, hormon yang membuat Moms merasa kenyang. Sehingga cocok dijadikan camilan sehat.

3. Goji Beri

goji beri.jpg

Goji beri, juga dikenal sebagai wolfberry, adalah tanaman asli Tiongkok dan digunakan dalam pengobatan tradisional. Mereka baru-baru ini menjadi sangat populer di dunia Barat.

Goji beri juga mengandung vitamin A dan zeaxanthin tingkat tinggi, yang keduanya penting untuk kesehatan mata.

Satu studi terhadap 150 orang lanjut usia menemukan bahwa mengonsumsi 14 gram goji beri per hari mencegah penurunan kesehatan mata karena penuaan.

Studi lain menemukan bahwa minum jus goji beri selama dua minggu meningkatkan metabolisme dan mengurangi ukuran pinggang pada orang yang kelebihan berat badan.

4. Stroberi

1 stroberi

Stroberi adalah salah satu buah beri yang paling banyak dikonsumsi di dunia dan juga salah satu sumber vitamin C.

Stroberi baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 93.000 wanita menemukan bahwa mereka yang makan lebih dari tiga porsi stroberi dan blueberi per minggu memiliki risiko serangan jantung lebih dari 30 persen.

Studi lain menunjukkan bahwa stroberi dapat mengurangi sejumlah faktor risiko penyakit jantung termasuk kolesterol darah, trigliserida, dan stres oksidatif.

Selain itu, stroberi dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, yang penting untuk mencegah diabetes.

5. Acai Beri

acai beri.jpg

Acai beri tumbuh di pohon-pohon palem acai yang berasal dari wilayah Amazon Brazil. Buah ini menjadi suplemen makanan kesehatan yang populer karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Acai beri adalah salah satu sumber antioksidan polifenol terbaik, ketika dikonsumsi sebagai jus, acai beri dapat meningkatkan kadar antioksidan darah.

Selain itu, acai beri telah terbukti mengurangi gula darah, insulin, dan kadar kolesterol darah pada orang dewasa dengam berat badan lebih.

Antioksidan dalam acai dapat membantu mengurangi rasa sakit juga. Sebuah penelitian terhadap orang-orang dengan osteoarthritis menemukan bahwa minum 120 ml jus acai per hari selama 12 minggu bisa mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Seribu Satu Manfaat Biji Anggur

6. Cranberi

cranberry.jpg

Cranberi adalah buah yang sangat sehat dengan rasa asam. Buah ini jarang dimakan mentah, melainkan biasanya dikonsumsi sebagai jus.

Manfaat kesehatan cranberi yang paling terkenal adalah mengurangi infeksi saluran kemih (ISK).

Zat tertentu dalam cranberi mencegah bakteri E. coli menempel pada dinding kandung kemih atau saluran kemih, sehingga mencegah infeksi.

Jus cranberi juga menunjukkan berbagai manfaat untuk kesehatan jantung. Banyak penelitian telah menemukan bahwa minum jus cranberi dapat mengurangi kolesterol, tekanan darah, stres oksidatif dan "kekakuan" arteri.

7. Anggur

anggur1

Anggur banyak dikonsumsi baik sebagai buah utuh, mentah atau jus, anggur, kismis atau cuka. Kulit dan biji anggur adalah sumber antioksidan polifenol yang sangat baik.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak polifenol pada biji anggur dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Namun, kebanyakan ini merupakan studi skala kecil.

Sebuah penelitian observasional besar menemukan bahwa makan anggur atau kismis tiga kali per minggu dikaitkan dengan penurunan 12 persen risiko diabetes tipe dua.

Nah, itu dia beberapa jenis buah beri dan manfaatnya bagi kesehatan. Mana yang menjadi favorit Moms?

(AP/IRN)

Artikel Terkait