PROGRAM HAMIL
18 Maret 2019

Kaya DHA dan Omega-3, Ini Panduan Konsumsi Seafood saat Hamil

Seafood mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan Moms dan calon bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur

Seafood atau makanan laut adalah satu-satunya makanan yang kaya akan lemak sehat omega-3, salah satunya DHA. Omega-3 ini diperlukan untuk perkembangan otak dan mata bayi selama di dalam kandungan.

Selain itu, seafood juga kaya akan protein, kalsium, vitamin D, dan zat besi. Kandungan tersebut membantu membangun tulang dan otot janin.

Kendati manfaatnya banyak sekali untuk perkembangan janin, seafood ternyata termasuk jenis makanan yang berisiko untuk ibu hamil. Bukan tanpa alasan tentunya.

Perairan dunia tempat hidup hewan-hewan laut ini sudah mulai tercemar oleh bahan kimia, termasuk merkuri. Merkuri sendiri sangat berbahaya bagi janin.

Tapi tenang Moms. Moms tetap bisa mendapatkan segala manfaat seafood tanpa perlu mengkhawatirkan risikonya. Dikutip dari Aboutseaffod.com, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar tetap aman mengonsumsi seafood saat hamil.

Bagaimana caranya? Yuk kita cari tahu di bawah ini Moms!

1. Jenis Ikan yang Aman Dikonsumsi

salmon 2163904 1920

Beberapa jenis seafood yang aman dikonsumsi ibu hamil di antaranya adalah udang, ikan salmon, ikan tuna, ikan nila, ikan lele, ikan kod, kepiting, dan remis.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Seafood?

2. Jenis Ikan yang Harus Dihindari saat Hamil

eat 3175540 1920

Ikan berikut harus dihindari selama kehamilan karena disinyalir mengandung merkuri yang tinggi, yaitu ikan todak, ikan makarel, tilefish, bigeye tuna (ditemukan dalam sushi), dan ikan marlin.

3. Aturan makan Sushi saat Hamil

asian 2970211 1920

Sushi umumnya aman dikonsumsi selama kehamilan, tetapi ada baiknya pilih jenis sushi yang berisi sayuran dan seafood matang.

Untuk mengurangi risiko sakit akibat makanan selama kehamilan, hindari dulu mengonsumsi daging mentah atau makanan laut mentah. Pastikan sushi yang Moms santap tidak mengandung jenis ikan yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Baca Juga: 5 Ikan yang Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

4. Panduan Belanja Seafood di Supermarket

fish fish stand fishes 34517

Untuk lebih amannya, masaklah sendiri seafood di rumah. Seafood, baik yang segar, beku, atau kalengan, sama menyehatkannya.

Jangan ragu membeli ikan beku, karena ikan biasanya dibekukan di puncak kesegarannya, sehingga Moms tetap bisa mendapatkan nutrisi terbaiknya saat ikan tersebut dicairkan.

Cara mencairkan ikan beku yang baik adalah dengan meletakkannya di rak kulkas bawah, atau jika ingin lebih cepat, letakkan ikan beku di dalam kantong tertutup dan rendam dalam air dingin.

Jika Moms ingin membeli ikan segar, belilah ikan di akhir kunjungan ke supermarket sebelum menuju kasir, sehingga ikan tetap dingin dalam waktu yang lebih lama.

Itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk tetap bisa mengonsumsi seafood dengan aman saat hamil. Selamat mencoba!

(VAN)

Foto: Pixabay.com

Artikel Terkait