BALITA DAN ANAK
2 September 2019

Kaya Nutrisi, Ketahui 5 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Balita

Kandungan air kelapa dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang usai aktivitas berat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Air kelapa bisa menjadi opsi alternatif minuman yang tidak hanya menghidrasi, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, termasuk pada anak-anak.

Biasanya, air kelapa yang banyak dikonsumsi masyarakat umumnya didapat dari buah kelapa yang masih muda, atau berusia 6 sampai 7 bulan.

"Air yang didapat dari satu buah kelapa mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh, antara lain karbohidrat, protein, serat, kalium, vitamin C, serta kalsium," jelas dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp. GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik, RS Pondok Indah-Bintaro Jaya.

Air kelapa juga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang, terutama sehabis melakukan aktivitas fisik.

"Air kelapa dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah melakukan aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga. Air kelapa juga bisa membantu meredakan sejumlah gangguan kesehatan, salah satunya adalah diare," lanjut dr. Diana.

Menurut dr. Diana, balita juga boleh mengonsumsi air kelapa, karena memiliki kandungan baik di dalamnya.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa?

Tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, air kelapa juga memberikan manfaat bagi Si Kecil. Berikut ini beberapa manfaat air kelapa untuk balita dan anak, dikutip dari Mom Junction.

1. Membantu Sistem Pencernaan

balita minum air kelapa-2.jpg

Jika Si Kecil terus-menerus menderita gangguan pencernaan, minum air kelapa dapat menjadi obat alami yang bisa meredakan gangguan pencernaan.

Air kelapa mengandung serat tinggi, sehingga dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan meminimalkan terjadinya refluks asam.

2. Mencegah Dehidrasi

balita minum air kelapa-1.jpg

Air kelapa menghidrasi tubuh anak dengan lebih baik daripada minuman berenergi lainnya. Ini karena air kelapa mengandung kalium, natrium, dan gula alami yang lebih tinggi.

Kandungan ini yang dapat mencegah Si Kecil dari dehidrasi. Cocok dikonsumsi usai anak melakukan aktivitas fisik yang melelahkan.

Baca Juga: Waspadai 4 Pertanda Dehidrasi

3. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

infeksi saluran kemih pada balita gejala penyebab dan pengobatannya 2

Anak-anak lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih daripada orang dewasa. Minum air kelapa dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih pada anak-anak.

Air kelapa yang bergizi menghilangkan infeksi dari kandung kemih dan saluran kemih anak, serta meminimalkan risiko terbentuknya batu ginjal.

4. Mengobati Masalah Perut

balita minum air kelapa-3.jpg

Air kelapa juga menjadi obat mujarab untuk mengobati beberapa permasalahan perut. Minum air kelapa bisa menyembuhkan cacingan pada anak-anak.

Selain itu, air kelapa kaya akan kalium, sehingga mengurangi risiko terjadinya kram otot, terutama jika Si Kecil gemar berlari dan bermain game.

Baca Juga: Supaya Tidak Kram, Ajarkan Anak 5 Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang

5. Meningkatkan Energi

balita minum air kelapa-4.jpg

Air kelapa mengandung gula dan natrium yang rendah, serta kalsium, klorida, dan kalium dalam jumlah tinggi. Hal ini membantu menghidrasi, memulihkan, dan menyegarkan tubuh Si Kecil.

Nah, itu dia manfaat hebat dari air kelapa bila dikonsumsi oleh balita!

Artikel Terkait