PROGRAM HAMIL
11 Juni 2020

Kayu Manis Bisa Bantu Atasi Masalah Infertilitas?

Menstruasi bisa lebih teratur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Telah banyak bahan herbal yang selama ini dipercaya dapat membantu mengatasi masalah infertilitas, termasuk salah satunya adalah kayu manis.

Tetapi, apakah kayu manis memang benar-benar efektif untuk membantu menangani masalah infertilitas? Simak penjelasan di bawah ini.

Kayu Manis Terbukti Membantu Menangani PCOS

Kayu Manis Bisa Bantu Atasi Masalah Infertilitas? 1

Foto: pixabay.com

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Columbia University Medical Center menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kayu manis dapat membantu menangani menstruasi yang tidak teratur, khususnya pada wanita dengan PCOS, salah satu masalah infertilitas yang sangat umum.

Para peneliti mengklaim bahwa hal tersebut dapat terjadi karena kayu manis dapat membantu mengurangi resistensi insulin pada wanita dengan PCOS.

Selain mengurangi resistensi insulin, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes Science and Technology, kayu manis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang tentunya bermanfaat dalam mengelola gejala PCOS.

Kayu manis juga diketahui mengandung senyawa yang disebut sebagai cinnamaldehyde, yang terbukti dapat membantu menyeimbangkan hormon pada wanita dengan cara meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi hormon testosteron, sebagaimana dijelaskan dalam hasil penelitian yang diterbitkan di PubMed.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang mengungkapkan mengenai manfaat kayu manis untuk mengatasi masalah infertilitas selain PCOS.

“Madu murni mengandung asam amino yang membantu fungsi ovarium dan bermanfaat bagi sistem reproduksi. Mencampurkan kayu manis dengan madu dapat membantu meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi,” kata pakar kesuburan Jane L. Frederick, MD, FACOG., seperti dikutip dari Bustle.

Baca Juga: Punya PCOS, Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Cepat Hamil

Berapa Banyak Kayu Manis Yang Aman Untuk Dikonsumsi?

Kayu Manis Bisa Bantu Atasi Masalah Infertilitas? 2

Foto: pixabay.com

Menurut WebMD, tidak ada dosis pasti yang ditetapkan untuk mengonsumsi kayu manis. Apalagi ini bukanlah metode pengobatan sebagaimana yang diresepkan oleh dokter.

Akan tetapi, para ahli menyarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 1/2 hingga 1 sendok teh bubuk kayu manis per hari. Sebagaimana dosis yang banyak digunakan dalam berbagai penelitian. Sementara mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak mungkin dapat menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Tak Hanya Untuk Makanan, Ini 5 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan!

Apa Saja Efek Samping Yang Mungkin Ditimbulkan?

Kayu Manis Bisa Bantu Atasi Masalah Infertilitas? 3

Foto: pexels.com

Mengutip Flo Health, jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, kandungan coumarin dalam kayu manis (khususnya jenis Cassia) dapat menyebabkan efek samping yang meliputi:

  • Kerusakan hati, terutama pada individu yang sebelumnya memang sudah memiliki penyakit hati.
  • Pusing, kelelahan, lemah, dan kecemasan akibat hipoglikemia.
  • Alergi seperti iritasi kulit dan sakit perut.

Selain itu, kayu manis juga diketahui dapat meningkatkan reaksi sejumlah obat. Misalnya, kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efek obat-obatan untuk diabetes. Sayangnya, kadar gula darah yang turun terlalu banyak dan drastis sehingga menyebabkan hipoglikemia.

Kandungan coumarin pada beberapa jenis kayu manis juga diketahui bereaksi negatif terhadap obat-obatan seperti acetaminophen atau statin, yang dapat meningkatkan risiko kerusakan hati.

Jadi, itulah manfaat kayu manis untuk membantu menangani masalah infertilitas. Bagaimana pun, konsultasikan terlebih dahulu sebelum Moms mengkonsumsinya. Terutama jika memiliki kondisi medis tertentu seperti yang disebut di atas.

Baca Juga: 8 Rempah yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Hindari Ya!

Artikel Terkait