FASHION & BEAUTY
15 Oktober 2020

10 Manfaat Masker Baking Soda untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat!

Tidak hanya berguna untuk membuat kue saja!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernah mendengar masker baking soda? Ternyata ada lho Moms. Baking soda bukan hanya untuk memasak, tapi juga untuk perawatan.

Moms pasti sudah familiar dengan baking soda. Bahan satu ini yang juga dikenal sebagai soda kue (natrium bikarbonat) adalah garam bubuk yang sering digunakan untuk memasak dan memanggang.

Selain harganya yang murah, karena komposisi basa dan sifat antimikroba yang dimilikinya, baking soda juga memiliki banyak kegunaan, termasuk untuk kecantikan kulit. Beberapa orang menggunakan baking soda sebagai bahan yang dapat menetralkan peradangan dan membunuh bakteri pada kulit kita.

Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan, menyegarkan, serta mencerahkan kulit. Tak hanya itu, baking soda juga dianggap bisa mengobati jerawat. Obat jerawat yang menggunakan baking soda dapat membantu mencapai kondisi kulit yang diinginkan.

Baca Juga: 4 Masker Wajah dari Bahan Alami untuk Kulit Kering

Makanya masker wajah soda kue buatan sendiri menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama bagi orang yang mencari obat jerawat dan perawatan anti kemerahan yang tidak memberikan efek samping yang berbahaya.

Dalam jurnal Antibacterial Activity of Baking Soda, meskipun benar bahwa soda kue adalah anti-inflamasi dan antimikroba, tidak berarti menggunakannya pada kulit kita langsung adalah ide yang bagus.

Namun bila dibandingkan dengan produk-produk kecantikan komersial, manfaat baking soda telah teruji dan menjadi alternatif yang efektif untuk membersihkan jerawat.

Manfaat Masker Baking Soda untuk Kulit

Masker baking soda

Foto: healthline.com

Berikut adalah manfaat masker baking soda untuk kecantikan kulit.

1. Mengatasi Jerawat dan Mencerahkan Wajah

Untuk membersihkan jerawat, ambil satu sendok makan baking soda kemudian tambahkan dengan tiga sendok makan air, lalu campur hingga menjadi pasta kental.

Oleskan pasta ini secara merata pada wajah dan diamkan selama lima belas menit sampai pasta mengering. Bersihkan wajah dengan air biasa, lalu keringkan wajah dengan handuk kecil yang halus dan kering.

Masker jerawat dari baking soda ini akan membersihkan kotoran dan debu yang menempel di pori-pori kulit serta mencerahkan kulit wajah. Lakukan perawatan kulit dengan masker baking soda ini seminggu sekali sebelum tidur.

2. Mencegah Bekas Jerawat

Terkadang jerawat kecil meninggalkan bekas kehitaman dalam waktu lama. Mengatasi masalah langsung pada akarnya merupakan solusi terbaik untuk menghindari munculnya bekas jerawat di wajah Moms.

Caranya mudah, buatlah masker baking soda dari satu sendok makan baking soda dan tiga sendok makan air. Oleskan pasta ini hanya pada jerawat, biarkan selama semalam.

Pagi hari, cuci wajah Moms dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Lakukan setiap hari sampai jerawat hilang, ini akan membantu menghindari bekas jerawat yang mungkin muncul.

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker

3. Exfoliant Alami

Baking soda juga bekerja dengan baik sebagai agen pengelupasan kulit (exfoliation agent). Campur satu sendok teh baking soda dengan pembersih wajah yang biasa Moms gunakan.

Oleskan campuran tersebut pada wajah kemudian pijat kulit wajah selama 5 menit. Setelah itu, bilas  wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Baking soda merupakan exfoliant alami yang berguna mengelupas daerah bekas jerawat, menghilangkan lapisan kulit mati, dan membuka lapisan kulit baru.

Proses ini akan mencerahkan kulit wajah dan membuatnya terasa lebih lembut. Pengelupasan wajah secara teratur juga efektif mencegah jerawat.

Baking soda merupakan produk alami dan aman digunakan untuk aplikasi topikal. Pasta baking soda juga bebas dari bahan kimia, sehingga jarang berdampak merusak pada kulit.

4. Melembutkan Kutikula

Saat kutikula atau kulit ari yang ada pada pinggiran kuku, rasanya pasti kurang nyaman. Gunakan pasta baking soda dan sikat gigi yang ta terpakai. Gosok pada area kutikula tersebut untuk melembutkan kutikula yang mengganggu.

5. Kaki Kusam dan Pecah-Pecah

Apakah kaki Moms terasa lelah, pecah-pecah dan kusam? Coba rendam kaki dalam larutan air hangat yang diberi 3 sdm baking soda. Khasiatnya mampu membuat kaki lebih rileks dan lembut kembali, serta mengusir kekusaman pada kaki kita. Atau bisa juga mengoleskan masker baking soda di kaki lho.

6. Mengatasi Bintik Hitam

Bintik hitam pada wajah memang kurang sedap dipandang. Apalagi munculnya di area hidung. Dengan menggunakan baking soda untuk kulit hidung, maka masalah bitnik hitam akan segera terselesaikan.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Caranya dengan seperempat cangkir susu dicampur dengan 1 sdm baking soda yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut, Moms. Gunakan sebagai scrub lembut untuk area hidung atau di manapun Moms menemukan bintik hitam mengganggu wajah.

7. Pembersih Rambut

Kadang rambut kita masih menyimpan banyak sekali kotoran sisa dari produk rambut yang gunakan. Entah itu hair spray, wax dan sebagainya. Kalau sudah begitu, maka baking soda bisa menjadi penyelamat.

Membersihkan rambut dengan cara ini adalah dengan menambahkan baking soda pada shampoo, takaran sama banyak. Cara ini bisa membuat rambut Moms lebih cepat bersih daripada hanya menggunakan shampoo. Selain itu juga mampu menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Atau Moms juga bisa menggunakan masker baking soda sebagai masker rambut lho.

8. Mengecilkan Pori-pori Kulit

Tahukah Moms bahwa masker baking soda juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit. Soda kue tidak hanya merupakan exfoliator yang baik tetapi juga membantu dengan sedikit mengecilkan ukuran pori-pori kita, sehingga mencegah kotoran dan partikel lain menyumbatnya.

Moms juga bisa menggunakannya sebagai toner. Untuk menggunakan baking soda sebagai astringent atau toner, campurkan sekitar satu sendok makan ke dalam botol air dan oleskan ke wajah kita. Solusinya bekerja lebih baik saat didinginkan sebentar sebelum digunakan pada kulit kita.

9. Menjadikan Kulit Lebih Bersinar

Senyawa tersebut, bila dicampur dengan jus tertentu seperti jeruk, dapat memberi kulit kit banyak manfaat. Sifat penyembuhan dari larutan semacam itu dapat meningkatkan kadar kolagen kulit sekaligus membersihkan kotoran yang mungkin ada.

Selain kulit yang bercahaya, jika Moms ingin menghilangkan flek, bekas luka (terutama yang tertinggal oleh jerawat atau jerawat) atau noda pada kulit, mencampurkan masker soda kue dengan jus lemon akan membantu kita mendapatkan hasil yang maksimal dan menjadi bahan pencerah alami.

10. Mengurangi Minyak di Kulit

Ada banyak alasan mengapa kulit Moms mungkin terasa lebih berminyak daripada sebelumnya. Ini dikarenakan kelenjar sebaceous kita bekerja berlebihan, ada ketidakseimbangan hormon, dan begitulah jadinya kulit kita! Masker baking soda yang sederhana dapat membantu menahan sifat berminyak yang berlebihan ini dengan cara yang lembut.

Untuk pengalaman masker yang mattifying, siapkan larutan soda kue dan jus kentang, yang membantu meredakan warna kulit di daerah yang terkena. Baking soda, yang sifatnya basa, cenderung mengeringkan kulit. Jadi seringkali disarankan agar mengoleskan pelembap pada kulit setelah memutihkan atau membersihkannya menggunakan larutan soda kue.

Baca Juga: 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak, Bisa Dibuat di Rumah!

Masker baking soda ini juga bisa membantu menghilangkan bercak pigmentasi gelap di kulitmu!

Cara Membuat Masker Baking Soda

Masker baking soda

Foto: skincaretopnews.com

Baking soda yang sama yang terkenal untuk mengembangkan roti dan sebagai pemutih dalam pasta gigi juga dapat digunakan sebagai masker wajah penghilang minyak.

Bahan serbaguna ini, yang sudah banyak dibuat di rumah, adalah bahan yang membantu pengelupasan alami yang membantu menenangkan jerawat dan kelenjar minyak yang terlalu produktif. Meskipun dapat membuat scrub kulit yang efektif dengan sendirinya, Moms juga dapat memasangkan baking soda dengan beberapa produk rumah tangga lainnya untuk memanjakan kulit dan membuatnya halus, segar, dan bersih.

1. Masker Baking Soda Bisa

Berikut ini adalah cara untuk membuat masker baking soda biasa yang sering kita temui.

Bahan:

  • 1 sdt air
  • 1 sdt baking soda

Cara membuat:

  1. Campur soda kue dengan air untuk membuat pasta (katanya perlu pasta jadi terkadang lebih baik untuk mengukur bola mata).
  2. Setelah terlihat seperti pasta, gosokkan ke kulit dan biarkan selama 10 menit.
  3. Setelah dibilas dengan air, komedo akan lebih lembut dan siap keluar.

2. Masker Baking Soda dan Lemon

Jika Moms terbiasa berada di bawah sinar matahari dan kotoran setiap hari, masker wajah adalah hal yang dibutuhkan untuk membersihkan wajah. Masker baking soda campuran ini akan membantu meminimalkan komedo, komedo putih, kulit berminyak, jerawat bahkan pigmentasi.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketombe Menggunakan Lemon, Yuk Dicoba!

Bahan:

Cara membuat:

  1. Campur dan aduk kedua bahan hingga menjadi pasta berwarna kuning pucat.
  2. Gunakan pasta ini untuk menggosok seluruh wajah dan leher, namun hindari area mata. Gosok hidung dan T-zone atau di mana pun kita menemukan minyak di wajah. Hal yang wajar jika merasa sedikit kesemutan karena reaksi soda kue terus berlangsung. Namun, jika merasakan sensasi terbakar di wajah, segera bersihkan campuran tersebut dan jangan coba lagi.
  3. Pertahankan masker ini di wajah tidak lebih dari 15 menit untuk menghindari kemerahan. Dengan menggunakan waslap basah yang hangat, seka masker dari wajah. Menggunakan air dingin, tutup pori-pori dan tepuk-tepuk kulit hingga kering. Sekarang lembapkan wajah dengan skincare favorit Moms.

3. Masker Baking Soda, Lemon, dan Madu

Madu adalah zat anti bakteri alami yang sangat baik yang membantu membunuh bakteri jahat yang berada di pori-pori kulit kita. Ini juga menenangkan dan melembapkan kulit lho.

Bahan:

  • 1 sdt madu organik
  • 1 sdt jus lemon
  • 2 sdm soda kue

Cara membuat:

  1. Sama seperti di atas, langsung campur ketiga bahan tersebut, aduk hingga merata.
  2. Oleskan pada seluruh wajah sambil dipijat sedikit, lalu diamkan selama 15 menit.
  3. Setelahnya bersihkan wajah dengan kain lap hangat, lalu basuh dengan air dingin sebagai akhir. Oleskan pelembap agar kulit tidak kering.

Sebelum menggunakan masker baking soda untuk wajah, lebih baik mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kulit cocok menggunakan baking soda atau tidak. Sebaiknya oleskan pasta baking soda pada tengkuk, biarkan selama beberapa menit.

Bila kulit tengkuk terasa panas, segera bersihkan pasta baking soda dari kulit. Ini berarti baking soda tidak cocok untuk kita. Bila tidak ada keluhan, berarti bisa melanjutkan penggunaan masker baking soda untuk wajah.

Perlu diketahui juga baking soda dapat mengeringkan kulit, jadi segera gunakan pelembap yang menghidrasi setelah menggunakan masker untuk membantu mencegah kulit kering dan kencang.

Setiap kali menggunakan baking soda sebagai produk perawatan kulit, gunakan baking soda baru. Produk dari kemasan yang sudah dibuka mungkin terkontaminasi oleh zat lain, yang dapat merusak kulit.

Nah, apakah Moms sudah pernah mencoba menggunakan baking soda untuk hal lain selain untuk memasak dan membuat kue?

Artikel Terkait