KESEHATAN
11 Agustus 2020

7 Cara Mengatasi Susah Tidur, Patut Dicoba!

Mengalami susah tidur memang tidak menyenangkan, ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Pengalaman susah tidur, pastinya pernah dialami oleh siapa saja.

Banyak hal yang membuat Moms dapat mengalami susah tidur, seperti aktivitas yang menumpuk, stres, terlalu banyak minum kafein, dan alasan lainnya.

Penting untuk diketahui, kualitas tidur yang cukup juga menunjang kualitas hidup yang lebih baik.

Beberapa hal bisa menjadi masalah ketika Moms memiliki kualitas tidur yang kurang. Fatalnya, bisa mengganggu kesehatan dan menyebabkan penyakit yang serius.

“Orang-orang yang memiliki waktu dan kualitas tidur malam yang kurang, umumnya kurang dari enam jam per jam, dapat mengalami peningkatan risiko obesitas, penyakit kardiovaskular hingga kematian dibandingkan dengan orang yang cukup tidur,” ujar Dr. Sheila Tsai, asisten profesor kedokteran di National Jewish Health.

Tidak hanya sampai di situ, seseorang yang sudah terdiagnosis mengalami insomnia juga berpotensi alami beberapa gangguan kesehatan.

Dr. Sheila mengungkapkan, orang yang menderita insomnia meningkatkan risiko untuk alami depresi berat, kesalahan kerja, dan produktivitas menurun.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya, ya, Moms.

Baca Juga: 5 Obat Alami untuk Mengatasi Susah Tidur

Tentunya kebutuhan tidur seseorang bervariasi di segala usia dan terutama dipengaruhi oleh gaya hidup dan kesehatan.

National Sleep Foundation mengungkapkan, orang dewasa umumnya membutuhkan delapan jam tidur atau disesuaikan dengan kebutuhannya.

National Sleep Foundation juga menyebutkan beberapa kebiasaan bisa menyebabkan susah tidur, seperti bekerja di rumah di malam hari, terlalu lama tidur siang, bermain gadget sebelum tidur, dan terlalu banyak mengonsumsi kafein atau alkohol.

Maka dari itu, hindari kebiasaan begadang yang hanya akan merugikan kesehatan fisik dan mental Moms.

Jika mengalaminya, ini beberapa tips untuk mengatasi susah tidur yang bisa diterapkan.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Jurnal dari Sleep Health mengungkapkan, kualitas tidur seseorang dianggap baik ketika mampu tertidur 30 menit atau kurang.

Nah, ketika Moms alami susah tidur, coba lakukan cara mengatasi susah tidur di bawah ini.

1. Membatasi Konsumsi Kafein

hindari kafein untuk mengatasi susah tidur

Foto: freepik.com

Jika Moms mengalami kesulitan tidur, sudah waktunya untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi kafein.

Beberapa minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soda, dan cokelat.

Kalau memang ingin minum teh atau kopi, pagi hari setelah sarapan adalah waktu yang tepat.

“Ketika Anda minum kafein setelah jam 10 pagi, maka hal tersebut bisa menjadi masalah. Kebanyakan orang minum kafein untuk makan siang, yang akhirnya membuat kesulitan tidur. Sebaiknya batasi mengonsumsi kafein agar tidur lebih berkualitas,” ungkap Dr. Alon Avidan, profesor neurologi dan direktur asosiasi Sleep Disorders Program dari UCLA.

Hindari juga minum alkohol walau dalam jumlah kecil. Kebiasaan tersebut juga membuat Moms susah tidur.

Baca Juga: Apa Bedanya Susah Tidur dengan Insomnia?

2. Rutin Olahraga

olahraga mampu mengatasi susah tidur

Foto: freepik.com

Moms, tentunya kita akan lebih mudah tertidur ketika tubuh sudah terasa lelah.

Nah, olahraga ternyata mampu mengatasi susah tidur, serta membantu tidur lebih cepat dan nyenyak, asalkan dilakukan pada waktu yang tepat.

Olahraga merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon stres kortisol, yang membantu mengaktifkan mekanisme peringatan di otak.

Olahraga pada pagi hari sangat disarankan. Jika tidak bisa, setidaknya Moms olahraga tiga jam sebelum waktu tidur.

3. Rileks 30 Menit sebelum Tidur

dalam mengatasi susah tidur, coba rilekskan tubuh

Foto: freepik.com

Kunci untuk mengatasi susah tidur dan mendapatkan istirahat yang berkualitas adalah badan yang terasa rileks.

Dilansir dari National Sleep Foundation, sebelum 30 menit waktu tidur, sebaiknya Moms melakukan kegiatan yang menenangkan dan membuat tubuh rileks, seperti membaca buku, mendengarkan musik yang lembut, mengatur pernapasan, dan minum air putih hangat.

Redupkan lampu di kamar saat menjelang tidur dan hindari bermain gadget apa pun karena hanya akan membuat Moms menjadi sulit tidur.

Baca Juga: Mengapa Susah Tidur Saat Hamil? Ini Penjelasannya

4. Atur Kamar yang Nyaman

kondisi kamar berpengaruh untuk mengatasi susah tidur

Foto: stylist.co.uk

Setiap malamnya, sebaiknya Moms mengatur suasana kamar agar lebih nyaman dan mengatasi susah tidur.

Menurut Harvard Medical School, lingkungan yang tenang, gelap, dan dingin membantu meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak.

Cara yang bisa dilakukan, seperti menggunakan gorden tebal, tirai yang gelap, masker mata untuk menghalangi cahaya, dan menjaga suhu kamar agar tetap dingin serta dengan ventilasi yang baik.

Ternyata, kasur dan bantal yang nyaman serta bersih juga mendukung agar lebih cepat tidur.

Moms juga perlu memiliki waktu tidur dan bangun yang teratur dan sama setiap harinya.

Hindari bangun lebih siang saat hari libur atau akhir pekan. Kebiasaan ini membuat Moms memiliki waktu tidur lebih berkualitas.

5. Hindari Makan Berat pada Malam Hari

jangan makan sebelum tidur supaya bisa mengatasi susah tidur

Foto: freepik.com

Untuk dapat mengatasi susah tidur, sebaiknya hindari makanan berat yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan menjelang waktunya tidur.

Jika merasa lapar pada malam hari, coba minum susu atau sepotong roti agar tubuh bisa merasa lebih nyaman.

Minum air putih juga bukan menjadi masalah, asalkan dalam batasan yang tepat.

Terlalu banyak minum air bisa membuat Moms terbangun malam harinya untuk ke kamar mandi.

6. Buat Jadwal Tidur

jadwal diperlukan dalam mengatasi susah tidur

Foto: Orami Photo Stocks

Untuk mengatasi susah tidur, Moms harus membuat jadwal tidur dan berkomitmen untuk mengikutinya.

Meski rasanya enak untuk bangun sangat siang di akhir pekan, cobalah bangun dan tidur di jam yang sama setiap hari.

Cara ini dilakukan agar dapat melatih tubuh untuk tidur dan bangun di waktu yang konsisten.

7. Jangan Terlalu Lama Tidur Siang

tidur siang terlalu lama jadi penyebab susah tidur

Foto: Orami Photo Stocks

Mungkin Moms berpikir kalau tidur siang berguna untuk menebus waktu tidur yang kurang di malam hari.

Namun, terlalu lama tidur siang akan menyebabkan susah tidur di malam hari, kemudian siklus ini akan terus berputar.

National Sleep Foundation menjelaskan bahwa durasi tidur siang yang direkomendasikan adalah 20-30 menit.

Tidur siang dalam durasi tersebut cukup membuat kita lebih segar, tanpa mengganggu pola tidur malam.

Baca Juga: Akibat Susah Tidur, 5 Hal Ini Bisa Terjadi!

Dilansir dari Healthline, ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang mengalami susah tidur, di antaranya:

  • Faktor usia
  • Terlalu banyak stimulasi sebelum tidur, seperti menonton televisi, video game, atau gadget lainnya
  • Suara yang terlalu bising di sekitar
  • Kamar tidur yang tidak nyaman
  • Rasa senang berlebihan bisa bikin susah tidur

Selain itu, stres, khawatir, dan depresi juga bisa menyebabkan susah tidur. Sehingga banyak orang yang terganggu jadwal tidur akibat pekerjaan yang menumpuk.

Sebaiknya waspada terhadap kondisi susah tidur yang berlangsung secara terus-menerus. Hal ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan ke depannya.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Mengatasi Susah Tidur, Ampuh!

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah tidur. Yuk, mulai atur waktu bangun dan tidur agar tetap sama setiap harinya, ya!

Jika sudah melakukan beberapa kebiasaan tersebut dan masih susah tidur, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel Terkait