KEHAMILAN
14 Mei 2020

5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Dapat Menurunkan Kesuburan

Bisa jadi masih sering Moms lakukan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Banyak hal yang tentunya Moms lakukan untuk meningkatkan peluang untuk hamil. Namun, di sisi lain mungkin Moms justru mengabaikan kebiasaan yang menurunkan kesuburan dan peluang hamil.

Kebiasaan-kebisaan yang Menurunkan Kesuburan

Nah, kebiasaan apa saja sih Moms yang berdampak pada kesuburan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kurang Tidur

5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Dapat Menurunkan Kesuburan 1

Foto: pexels.com

Orang yang kurang tidur atau bahkan sering begadang memiliki kadar hormon stres yang lebih tinggi, adrenocorticotropic dan cortisol, yang keduanya diketahui dapat menghambat siklus kesuburan yang sehat, menurut Barkeley Center of Reproductive Wellness.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan di Candinavian Journal of Work, Environment & Health menemukan bahwa kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko keguguran di antara para perawat (objek penelitian) yang bekerja shift malam.

Baca Juga: Ini Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Kesuburan

2. Kebiasaan Makan Yang Buruk

5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Dapat Menurunkan Kesuburan 2

Foto: pexels.com

Dikutip dari Bustle, Dr. Marra Francis, seorang OB/GYN bersertifikat dan Direktur Eksekutif Medis di EveryWell, mengungkapkan bahwa ada bukti bahwa kebiasaan makan yang buruk dapat mempengaruhi ovulasi dan kesuburan.

“Secara umum, lemak baik seperti ikan dan alpukat dapat membantu meningkatkan ovulasi, sedang lemak lain seperti daging merah dan makanan yang digoreng dapat menurunkan produksi telur dan ovulasi.”

Kebiasaan makan yang buruk sendiri sangat beragam, mulai dari sering makan makanan cepat saji, terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula tinggi, sangat jarang mengonsumsi makanan sehat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 3 Jenis Makanan yang Dapat Mengancam Kesuburan

3. Sering Mengalami Stres

5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Dapat Menurunkan Kesuburan 3

Foto: pexels.com

Banyak faktor yang dapat memicu stres, bahkan salah satunya adalah program atau keinginan untuk hamil.

Sayangnya, tanpa disadari stres ternyata berkaitan erat dengan kemungkinan konsepsi yang rendah pada wanita, meskipun tidak berdampak cukup signifikan pada pria, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology.

“Kita tahu bawa hormon stres seperti kortisol dapat mengganggu pengiriman sinyal dari otak ke ovarium, yang kemudian berdampak pada ovulasi,” kata Sarah Berga, MD, seorang spesialis infertilitas dan wakil ketua Lembaga Kesehatan Wanita di Wake Forest Medical Center di Winston-Salem, North Carolina, seperti dikutip dari WebMD.

Baca Juga: Stres di Masa Kanak-Kanak Ternyata Bisa Pengaruhi Kesuburan Perempuan

4. Merokok

5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Dapat Menurunkan Kesuburan 4

Foto: pexels.com

Merokok bukan hanya mempengaruhi kesehatan jantung dan paru-paru, tetapi juga menjadi kebiasaan yang menurunkan kesuburan.

“Kebanyakan orang tahu bahwa merokok saat sedang hamil berbahaya,” kata Dr. Jennifer Gell, spesialis endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Geisinger Women’s Health di Wilkes-Barre.

“Tetapi merokok sebelum hamil juga bisa menjadi masalah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat membuat usia ovarium Anda ‘menua’ hingga sepuluh tahun. Bahkan merokok dapat merusak telur Anda. Jadi, jika Anda ingin hamil, segeralah berhenti merokok.”

Baca Juga: 2 Kebiasaan Tidur Ini Ternyata Mempengaruhi Kesuburan!

5. Mengonsumsi Makanan/Minuman Tinggi Kafein

5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Dapat Menurunkan Kesuburan 5

Foto: pexels.com

Sebagaimana yang banyak ahli katakan, mengonsumsi lebih dari dua cangkir kopi ataupun sumber kafein lainnya dapat berdampak pada kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran.

Mengutip Parenting FirstCry, bagi wanita yang sedang berencana atau menjalani program hamil, konsumsi kafein sebaiknya dibatasi hanya 200 miligram per hari.

Bahkan lebih baik untuk tidak mengonsumsinya sama sekali dan menggantinya dengan minuman lainnya yang lebih sehat dan tentunya tidak mengandung kafein.

Nah, ternyata cukup banyak kebiasaan sehari-hari yang berdampak tidak baik pada program hamil. Kira-kira seberapa sering Moms ataupun Dads melakukan kebiasaan yang menurunkan kesuburan di atas?

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar program hamil dan kesuburan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait