KELUARGA
21 Mei 2020

5 Ide Aktivitas Akhir Pekan di Rumah Saat Lebaran

Ada banyak kegiatan menarik meskipun hanya Lebaran di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Tidak terasa, minggu ini adalah minggu terakhir bagi Moms dan sekeluarga melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Jika tahun ini Moms berencana tidak mudik, tak perlu khawatir karena ada aktivitas menarik untuk dilakukan.

Pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah akan sedikit berbeda dari sebelumnya, mengingat pandemi COVID-19 yang tengah terjadi. Berikut ini rekomendasi kegiatan akhir pekan selama Lebaran yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 5 Kegiatan Akhir Pekan Jelang Lebaran, Dijamin Seru!

Ide Kegiatan Akhir Pekan Saat Lebaran

Untuk mengurangi risiko dari infeksi virus corona, tentunya Moms jangan sampai lupa mengingatkan Si Kecil agar rajin mencuci tangan usai melakukan aktivitas bersama.

Berikut ini beberapa ide kegiatan akhir pekan saat Lebaran yang bisa menjadi rekomendasi menarik.

1. Membaca Bersama Buku "Rapi-rapi" Caramonti yang Menarik

kegiatan akhir pekan di rumah-1

Damar Wijayanti, seorang Certified Montessori Guide merilis sebuah buku bergambar dengan judul "Rapi-rapi" Seri Caramonti yang menarik dan bisa dibaca bersama Moms dan Si Kecil sebagai kegiatan akhir pekan saat Lebaran.

Buku ini memiliki ilustrasi menarik dan menggemaskan, yang menceritakan tentang keteraturan dalam kehidupan sehari-hari Si Kecil. Ada pengantar bagi orang tua, dan halaman cut out yang membuat anak kreatif.

Pada salah satu halamannya, dituliskan tentang ajakan kepada Si Kecil agar membereskan mainannya yang berceceran, dengan ilustrasi menarik dan penuh warna.

Selain itu, buku ini juga mengajak Si Kecil membereskan tempat tidur usai bangun pagi dan sebelum mandi, yang dapat memberitahu anak tentang pentingnya membangun rutinitas sejak dini.

Memenuhi kebutuhan Si Kecil akan keteraturan dapat membantunya merasa aman dan nyaman, mengurangi rasa frustasi, dan dalam jangka panjang dapat menumbuhkan rasa percaya diri untuk berani mengeksplor lingkungannya.

Untuk info pembelian, Moms bisa mengunjungi akun Instagram-nya, @damarwijayanti.

2. Ikutan Orami Parenting Morning Class: Pre-Membaca yang Bermanfaat

kegiatan akhir pekan di rumah-2

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan Morning Class, kali ini akan ada Orami Parenting Morning Class: Pre-Membaca yang bisa dilakukan sebagai kegiatan akhir pekan seru saat Lebaran.

Untuk Morning Class Pre-Membaca ini, acaranya akan dibawakan langsung oleh Montessori Haus Asia. Si Kecil akan diajak untuk mengenal dasar-dasar huruf dan angka.

Untuk mengikuti kelas ini, Moms cukup menyiapkan beberapa alat menulis sebagai persiapan Si Kecil.

Kelas Pre-Membaca dari Orami Parenting dan Montessori Haus Asia diadakan pada Jumat (22/05/2020), pukul 10.00 WIB, hanya di Instagram Live @oramiparenting.

3. Membuat Kue Kering untuk Persiapan Lebaran

kegiatan akhir pekan di rumah-3

Foto: Orami Photo Stock

Lebaran sangat identik dengan ragam sajian kue kering yang menggugah selera. Baik itu kue kering seperti nastar, kastangel keju, putri salju, dan sebagainya.

Bila Moms hendak membuat kue kering Lebaran, coba ajak bersama Si Kecil sebagai kegiatan akhir pekan yang berkesan.

Moms bisa meminta bantuan Si Kecil melakukan hal-hal yang mudah, misalnya menghias adonan nastar dengan keju, atau mengocok telur.

Jangan lupa untuk selalu awasi Si Kecil saat membuat kue bersama ya, Moms. Makna perayaan Lebaran pun jadi terasa lebih indah.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Akhir Pekan di Rumah, Anti Bosan!

4. Menghias Rumah dengan Dekorasi ala Lebaran

kegiatan akhir pekan.jpg

Foto: zabihahalal.com

Kegiatan akhir pekan selanjutnya adalah menghias rumah dengan dekorasi ala Lebaran untuk menyambut bulan yang penuh kemenangan ini.

Meski Moms mungkin tidak kedatangan banyak tamu karena social distancing kala pandemi, tetapi menghias rumah dengan dekorasi Lebaran akan menambah atmosfir sehingga kemeriahan hari raya tetap terasa.

Moms bisa mengajak Si Kecil membuat dekorasi sederhana, misalnya dengan menempelkan hiasan ketupat di tembok, membuat hiasan gantungan bulan dan bintang, sementara Moms menyusun parcel dan meletakkannya di meja.

Jadikan momen ini untuk membuat Moms dan Si Kecil lebih kreatif.

5. Dekorasi Kue dengan Play Kit dari Montessori Madness

kegiatan akhir pekan di rumah-5

Foto: instagram.com/montessorimadness_

Jadikan akhir pekan menjelang Lebaran lebih meriah dengan mengajak Si Kecil mendekorasi kue dari play kit Ramadhan Edition Cookies Decoration Montessori Madness.

Montessori Madness merupakan penyelenggara Montessori Pop Up & Reguler Class untuk bayi dan balita di Jabodetabek. Tak hanya itu, Montessori Madness juga mengadakan Montessori Birthday, Private Event, dan Custom Event.

Nah, Orami memberikan diskon yaitu promo hingga 30 persen untuk kelas yang diadakan Montessori Madness. Info lebih lanjut bisa menghubungi WhatsApp: +62 812-9139-8231 atau Instagram: @montessorimadness_.

Baca Juga: 4 Fakta Larangan Mudik di Tengah Pandemi Corona

Itu dia Moms, ide kegiatan akhir pekan yang menarik saat Lebaran. Semoga perayaan Lebaran tahun ini lebih berkesan bersama keluarga tercinta, ya!

Artikel Terkait