3-12 BULAN
14 Oktober 2019

Agar Bayi Bahagia, Yuk Lakukan 4 Kegiatan Ini!

Kegiatan menyenangkan untuk menghilangkan kebosanan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Selamat! Akhirnya penantian Moms berakhir dan bayi yang ditunggu-tunggu sudah lahir. Tidak ada yang lebih menggembirakan selain sebagai orang tua baru tentunya.

Setelah kegembiraan ini mulai memudah, dan mulai terbiasa dalam melakukan rutinitas sehari-hari dengan si bayi, merawat Si Kecil terkadang bisa menimbulkan suatu kebosanan.

Pada bulan-bulan awal, bayi yang baru lahir tentu akan paling dekat dengan ibunya. Cara kita terhubung dengan bayi dalam beberapa bulan ini memainkan peran penting dalam pembentukan bahasa, kecerdasan sosial, pemikiran logis, koneksi emosional, dan perkembangan keseluruhan Si Kecil.

Baca Juga: Sstt.. Ini 5 Ide Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Ibu Lakukan Saat Anak Tidur

Makanya, ada beberapa kegiatan menyenangkan dengan bayi yang bisa Moms lakukan. Yuk, coba beberapa kegiatan di bawah ini.

Jalan-jalan dengan Bayi

bayi jalan

Dikutip dari Mom Junction, Moms bisa mencoba mengajak bayi jalan-jalan.

Memang jalan-jalan merupakan kegiatan menyenangkan dengan bayi yang hampir disukai oleh setiap ibu dan anak.

Moms tidak perlu pergi ke tempat yang jauh, taman dekat rumah juga bisa menjadi tempat yang asyik kok Moms.

Coba biarkan Si Kecil menikmati pemandangan alam yang asri dan menghirup udara segar. Tentu hal ini akan menjadi selingan yang menyenangkan di samping rutinitas bayi dan ibu sehari-hari.

Mendengarkan Musik

kegiatan menyenangkan dengan bayi

Semua bayi memiliki ketertarikan dengan musik. Melodi memiliki efek menenangkan untuk bayi dan dapat meningkatkan daya ingat mereka serta keterampilan mental.

"Pendengaran bayi berkembang dengan baik setelah lahir, sehingga mereka dapat merespons musik sejak dini," jelas Diane Bales, professor pengembangan manusia dan ilmu keluarga di University of Georgia, di Athena.

Moms bisa coba memainkan berbagai musik yang berbeda ketika anak bangun dan melihat musik mana yang membuatnya merasa nyaman dan mana yang tidak disukai oleh anak.

Beberapa musik mungkin akan membuat anak jadi bersemangat sementara beberapa akan membuatnya tertidur.

Selain membuat bayi bahagia, musik juga akan membantu menenangkan kita yang merawatnya dan menjadi kegiatan menyenangkan dengan bayi yang bisa Moms coba dengan mudah.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Perkembangan Balita

Rekam Pergerakan Bayi

kegiatan menyenangkan dengan bayi

Setiap momen dengan bayi kita adalah hal yang unik dan tidak akan pernah bisa diulang kembali, jadi pastikan kita menyimpan semua momen-momen tersebut.

Moms bisa melakukannya dengan merekam setiap pergerakan bayi dalam foto maupun video. Pakaikan anak pakaian lucu, dandani dengan gaya rambut yang lucu, hal-hal ini tentu akan menjadi hal yang membahagiakan untuk dikenang.

Baca Juga: Kapan Bayi Prematur Mulai Belajar Berjalan?

Main Petak Umpet

bayi petak umpet

Main petak umpet dengan bayi di sini tidak sama dengan petak umpet pada umumnya, karena tentu bayi belum mengerti.

Moms bisa menggantinya dengan menyembunyikan wajah dibalik tangan atau baju.

Cara lainnya dengan memanggil namanya, tanpa memperlihatkan batang hidung kita. Tentu Si Kecil pasti akan mengenali suara kita sebagai ibunya dan mencari arah suara kita.

Itulah beberapa kegiatan menyenangkan dengan bayi yang dapat menghilangkan kebosanan.

Artikel Terkait