BAYI
7 November 2019

Keju untuk MPASI? Ini Cara Memilih Keju yang Aman

Simak ya caranya Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

American Academy of Pediatrics (AAP) bidang Alergi dan Imunologi mengatakan bahwa kebanyakan bayi dapat mulai makan keju setelah diperkenalkan dengan beberapa makanan padat lainnya seperti sereal bayi, daging, sayuran, dan buah-buahan, tanpa menunjukkan reaksi alergi.

Bahkan beberapa bayi dengan eksim ringan, riwayat alergi makanan, atau asma dapat makan keju selama mereka mentolerir makanan padat lainnya. Lalu, bagaimanakah cara memilih keju untuk MPASI bayi yang tepat dan aman?

Keju untuk MPASI: Pilih yang Sudah Dipasteurisasi

keju untuk mpasi

Foto: 10best.com

Dalam laman Baby Center dikatakan bahwa saat memilih keju untuk MPASI, entah itu terbuat dari susu sapi, domba, ataupun kambing, pastikan itu sudah dipasteurisasi. Umumnya informasi tersebut sudah tercantum di label kemasan.

Keju yang dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi atau mentah sangat dilarang diberikan pada bayi karena dapat terkontaminasi dengan listeria monocytogenes, suatu bentuk bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan yang fatal, terutama pada bayi.

Baca Juga: Selain Mozzarella, Ada 5 Jenis Keju Lain Yang Tak Kalah Lezat

Keju untuk MPASI: Pertimbangkan untuk Membeli yang Sudah Diparut

Keju untuk MPASI

Foto: smoothradio.com

Situs Parents merekomendasikan agar saat membeli atau memilih keju, Moms dapat mempertimbangkan untuk membeli keju parut seperti untuk mencegah bayi tersedak.

Jika terpaksa membeli keju batangan, maka cobalah untuk melelehkannya terlebih dahulu atau diparut untuk ditaburkan di atas MPASI bayi. Kecuali jika keju dimasak bersama dengan MPASI.

Baca Juga: Gurih, Coba Resep Singkong Keju Merekah untuk Camilan Liburan Ini

Keju untuk MPASI: Jenisi Cottage Dapat Menjadi Pilihan Terbaik

Keju untuk MPASI

Foto: hungarytoday.hu

Menurut Very Well Familly, sepotong keju keras bisa menjadi berbahaya bagi bayi karena dapat mengakibatkan tersedak, terutama pada bayi yang belum bisa mengunyah dengan baik.

Maka dari itu, jenis keju untuk MPASI yang paling direkomendasikan adalah keju cottage. Jika teksturnya masih terlalu sulit dikonsumsi bayi, cobalah untuk sedikit menghaluskannya.

Baca Juga: Cara Membuat Nastar Keju, Kue Kering Favorit Khas Lebaran

Keju untuk MPASI: Hindari yang Sudah Diolah

Keju untuk MPASI

Foto: karlschnell.de

FirstCry Parenting menyarankan untuk tidak memilih keju olahan untuk MPASI. Keju olahan bukanlah sepenuhnya keju. Meskipun mungkin terlihat dan terasa seperti keju, keju olahan biasanya diolah dengan berbagai tambahan bahan kimia.

Biasanya keju olahan dibuat berdasarkan keju nyata tetapi dengan tambahan perasa buatan dan pengawet untuk membuatnya lebih tahan lama.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidak membeli keju olahan jika ingin menambahkannya ke dalam MPASI bayi. Seperti yang Moms ketahui, bahan kimia akan berdampak sangat fatal jika dikonsumsi oleh bayi. Carilah keju organik yang menggunakan 100% bahan alami.

Baca Juga: Keju Campur Telur, Resep Makanan di Pagi yang Sibuk

Jika bayi memiliki alergi susu atau kondisi seperti eksim, alergi musiman, alergi makanan, atau asma, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memberikan keju dan mintalah rekomendasi keju yang paling aman sesuai kondisi bayi.

Umumnya tidak ada banyak laktosa di dalam keju untuk MPASI dan bayi biasanya tidak mengalami kesulitan untuk mencernanya.

Artikel Terkait