KEHAMILAN
16 Juli 2020

Kekurangan Kalsium saat Hamil Bisa Picu Osteoporosis, Waspada!

Ketahuilah, penting sekali untuk mencukupkan asupan kalsium saat hamil. Mengapa? Ini penjelasan selengkapnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ibu hamil harus memenuhi gizi dan nutrisi yang seimbang. Ya, rasanya Moms sudah tidak asing lagi dengan pernyataan tersebut.

Nyatanya, memberikan nutrisi dan gizi tersebut bukan saja untuk kesehatan Moms sendiri, namun juga untuk janin di dalam kandungan.

Banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, salah satu yang paling penting adalah kalsium.

Journal of Obstetrics & Gynecology of India mengungkapkan, kalsium adalah mineral yang paling banyak di dalam tubuh dan penting untuk beragam mekanisme dan reaksi seperti kontraksi otot, pembentukan tulang, serta fungsi enzim dan hormon.

National Academy of Sciences menyebutkan bahwa wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya mengonsumsi 1.000 mg kalsium setiap hari. Lantas, apa yang terjadi ketika terjadi kurang kalsium saat hamil?

Baca Juga: Pentingnya Peran Kalsium dalam Masa Kehamilan

Bahaya Kekurangan Kalsium saat Hamil

Moms, Waspada Kurang Kalsium saat Hamil-1.jpg

foto: medibank

Selama kehamilan, bayi yang tumbuh dalam rahim membutuhkan banyak kalsium untuk mengembangkan tulangnya. Kebutuhan kalsium ini akan meningkat pada 3 bulan sebelum persalinan.

“Ketika Moms tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka bayi akan mengambil apa yang dibutuhkannya dari tulang ibunya,” ujar Dr. Murray Favus, dokter ortopedi dari University of Chicago.

Dengan begitu, penting sekali untuk tidak kekurangan kalsium saat hamil agar mencegah terjadinya osteoporosis pada Moms.

Selain itu, kalsium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah berbagi risiko gangguan saat kehamilan, seperti gangguan hipertensi, risiko kelahiran prematur, hingga berat badan bayi lahir rendah

Menurut studi dari National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases mengungkapkan, kehamilan dini berisiko tinggi untuk alami keropos tulang selama kehamilan dan osteoporosis di kemudian hari.

Alasannya, ibu yang masih berusia sangat muda masih membangun banyak massa tulang untuk tubuhnya sendiri.

Nah, ketika bayi yang masih berada di dalam janin mengambil kalsium dari ibunya, hal tersebut membuat ibu muda tidak mampu membangun massa tulangnya sendiri. Akibatnya, dapat terjadi pengeroposan tulang di usia yang masih muda.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Pentingnya Menambah Asupan Kalsium Bagi Ibu Hamil

Pentingnya Kalsium saat Hamil

Moms, Waspada Kurang Kalsium saat Hamil-2.jpg

foto: parenting.firstcry

Umumnya, tanda kekurangan kalsium saat hamil bisa dilihat dari kram otot, pusing, detak jantung melambat, dan terjadi kelemahan otot. Jangan sepelekan kondisi ini terlebih lagi jika terjadi saat hamil.

Jika Moms kekurangan kalsium saat hamil, mungkin saja dokter dapat merekomendasikan suplemen kalsium.

“Tubuh wanita merasakan peningkatan kebutuhan janin dan menghasilkan lebih banyak vitamin D. Hal ini memungkinkan wanita hamil dan ibu menyusui untuk menyerap lebih banyak kalsium dalam makanan mereka,” ungkap Ruth Frechman, ahli gizi dari American Dietetic Association.

Pastikan Moms mendapatkan asupan dan nutrisi yang mengandung kalsium, di samping itu juga melakukan pola hidup sehat agar kesehatan tulang terjaga.

Baca Juga: Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil Sesuai Usia dan Makanan yang Disarankan Agar Tulang Kuat

Gaya Hidup Sehat saat Hamil

Moms, Waspada Kurang Kalsium saat Hamil-3.jpg

foto: momlovesbest

Gaya hidup sehat saat hamil dapat membuat kebutuhan kalsium tercukupi. Nah, ada baiknya Moms untuk mengetahui makanan yang mengandung kalsium, seperti:

  • Produk susu rendah lemak, seperti susu, yogurt, dan keju.
  • Sayuran berdaun hijau gelap, seperti brokoli, sawi, bok choy, dan daun singkong.
  • Beberapa jenis makanan, seperti ikan sarden dan salmon dengan tulang.
  • Jus jeruk, sereal, roti, tahu, dan kacang almond juga menjadi makanan yang diperkaya dengan kalsium.

Selain itu, Moms bisa aktif berolahraga untuk melatih tulang agar lebih kuat. Sesuaikan jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil, seperti berjalan, jogging, berenang, yoga, dan pilates.

Hindari juga kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok saat hamil karena dapat membahayakan kesehatan janin.

Artikel Terkait