NEWBORN
23 Februari 2019

Kelas Renang Bayi, Apa sih Manfaatnya?

Selain lebih sehat, pribadi bayi juga lebih baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat bayi masih belum cukup umur untuk berjalan, mungkin tampaknya sangat konyol untuk berbicara tentang mengajari bayi berenang.

Akan tetapi, ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh bayi saat belajar berenang. Di antaranya bisa Moms temukan dalam pembahasan yang ada di bawah ini.

Berenang Membantu Mengembangkan Keseimbangan dan Gerakan Bayi

kelas renang bayi 1

Foto: insider.com

Mengajari bayi berenang ternyata lebih dari sekadar bersenang-senang. Bayi yang belajar berenang memiliki keseimbangan dan pemahaman akan sesuatu yang lebih baik, dibandingkan dengan bayi yang tidak berenang.

Penelitian dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia (NTNU), menunjukkan bahwa anak-anak yang diajari berenang sejak bayi jauh lebih unggul dari teman-temannya, bahkan saat berusia 5 tahun.

Sementara Sigmudsson dan Brian Hopkins, professor psikologi dari Lancaster University, telahh menunjukkan bahwa manfaat bayi berenang mampu membantu mengembangkan keseimbangan dan gerakan.

Bukan hanya saat bayi, tetapi juga saat memasuki usia kanak-kanak.

Baca Juga: Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan Berenang

Manfaat Renang Untuk Bayi Termasuk Meningkatkan Fungsi Kognitif

kelas renang bayi 2

foto: netmums.com

Gerakan lintas pola bilateral, yang menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan tindakan, membantu pertumbuhan otak bayi. Di mana gerakan ini juga dilakukan oleh bayi selama berenang.

Penelitian yang dilakukan selama 4 tahun terhadap lebih dari 7.000 anak oleh Griffith University di Australia, menemukan bahwa anak-anak yang bisa berenang lebih maju dalam perkembangan fisik dan mental jika dibandingkan rekan-rekannya yang tidak bisa berenang.

Secara khusus, perkembangan fungsi kognitif anak-anak usia 3-5 tahun yang berenang adallah 11 bulan lebih awal dari populasi normal dalam keterampilan verbal, 6 lebih awal dalam keterampilan matematika, dan 2 bulan lebih awal dalam keterampilan literasi.

Mereka juga 17 bulan lebih awal dalam mengingat cerita dan 20 bulan lebih awal dalam memahami arah.

Belajar Berenang Berpotensi Mengurangi Resiko Tenggelam

kelas renang bayi 3

Foto: caloundra-aquatic.com.au

Kelas renang bayi berpotensi mengurangi resiko tenggelam pada anak berusia lebih dari 4 tahun. Resikonya akan berkurang pada anak-anak usia 1 sampai 4 tahun, tetapi masih belum ada bukti kuat untuk memastikannya.Oleh karena itu, penting untuk dicatat bahwa mengajari bayi berenang tidak mengurangi resiko tenggelam pada anak-anak di bawah 1 tahun.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tenggelam merupakan penyebab utama kematian di antara anak-anak dan balita. Sebagian besar kasus tenggelam terjadi di kolam renang rumah, jadi jika di rumah dilengkapi dengan kolam renang, mengajari bayi berenang sangat penting dilakukan. Bahkan bayi dengan usia yang masih cukup muda bisa belajar keterampilan keselamatan - seperti mengambang seperti saat berenang dengan gaya punggung – yang mampu menyelamatkan dari bahaya tenggelam.

Baca Juga: Perhatikan 8 Hal Ini Setiap Berenang di Kolam Renang Umum

Kelas Renang Bayi Meningkatkan Rasa Percaya Diri

kelas renang bayi 4

foto: amazon.in

Pernah berpikir bahwa manfaat renang untuk bayi mampu membantunya tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri? Sebagian kelas berenang untuk bayi memasukkan unsur-unsur seperti bermain air, lagu, dan kontak kulit dengan orang tua atau pengasuh. Anak-anak saling berinteraksi satu sama lain, termasuk dengan instruktur, dan mulai belajar perannya di dalam kelompok. Unsur-unsur ini, ditambah dengan kesenangan dalam mempelajari keterampilan baru, akan meningkatkan kepercayaan diri bayi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman, anak-anak yang mengambil kelas berenang bayi sejak usia 2 bulan – 4 tahun mampu beradaptasi lebih baik dengan situasi yang baru, memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan lebih mandiri dibandingkan dengan non-perenang.

Wah, ternyata kelas renang bayi cukup banyak manfaatnya ya Moms. Setelah mengetahui manfaat ini ada rencana untuk mulai mengajari si kecil berenang? Kalau iya, jangan lupa untuk memperhatikan langkah keamanan, sebelum, saat, dan setelah mengajak si kecil ke kolam renang ya.
Jika perlu silahkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak. Selamat berenang bersama si kecil, Moms.

(RGW)

Artikel Terkait