TRIMESTER 1
1 Oktober 2019

Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi pada Trimester 1, Apa Moms Mengalaminya?

Saat memasuki trimester 1, ibu hamil rentan mengalami beberapa keluhan pada tubuhnya. Apa saja? Ini ulasannya.
Artikel ditulis oleh Nadia
Disunting oleh Dina Vionetta

Rasa bahagia pasti tidak akan bisa terungkap dengan kata-kata ketika mengetahui diri tengah mengandung, ya, Moms!

Proses menantikan sang calon buah hati ke dunia menjadi waktu-waktu yang terasa begitu berharga. Ibu hamil akan melewati tiga trimester kehamilan dan semuanya akan dijalani dengan fase-fase yang berbeda.

Kehamilan trimester 1 adalah waktu paling riskan yang dialami oleh seorang ibu hamil. Pada trimester 1, perkembangan janin berjalan begitu cepat dan tubuh Moms juga harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

Tentunya tidak mudah, karena kondisi setiap ibu berbeda-beda. Hal ini yang akhirnya dapat menimbulkan keluhan-keluhan pada Moms saat kehamilan trimester 1, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Morning Sickness

Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi pada Trimester 1-1.jpeg

Foto: cbsnews.com

Morning sickness adalah keluhan umum yang terjadi pada ibu hamil saat trimester pertama. Kondisi morning sickness yang tidak selalu terjadi pada pagi hari ini dapat menyebabkan perut Moms terasa mual dan ingin muntah.

Morning sickness terjadi karena fluktuasi hormon yang terjadi saat hamil. Keluhan ini dapat berakibat pada menurunnya nafsu makan dan produktivitas Moms menjadi terganggu.

Meskipun kondisi morning sickness umum terjadi pada ibu hamil, sebaiknya tetap penuhi nutrisi pada asupan makanan sehari-hari.

Rasa mual memang membuat tidak nyaman, tapi sebaiknya makanan dengan cukup dan pastikan tubuh terhidrasi dengan baik setiap hari.

Baca Juga: Apa Penyebab Ibu Hamil Mengalami Morning Sickness?

2. Sakit Kepala

Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi pada Trimester 1-2.jpg

Foto: webmd.com

Selama kehamilan trimester pertama, tubuh akan mengalami lonjakan hormon dan peningkatan volume darah.

Hal inilah yang sebabkan Moms sering mengalami sakit kepala. Penyebab lainnya seperti kurang tidur, mengalami gula darah rendah, dehidrasi, dan terlalu sering mengonsumsi minuman berkafein.

Sakit kepala dapat diperburuk jika Moms mengalami stres selama kehamilan trimester 1.

Cara mengatasinya adalah hindari aktivitas yang melelahkan, konsumsi makanan kecil dan bergizi beberapa kali dalam sehari, miliki kualitas tidur yang baik, dan berlatihlah dengan postur tubuh yang baik.

3. Merasa Kelelahan

Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi pada Trimester 1-3.jpg

Foto: hindustantimes.com

Ibu hamil yang menjalani trimester pertama juga rentan merasa kelelahan.

Hal ini dapat berhubungan dengan morning sickness yang dirasakan sehingga menyebabkan tubuh cepat merasa lelah.

Moms juga dapat merasa cepat lelah karena tubuh memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi ke bayi yang sedang tumbuh.

Hal ini menyebabkan kadar gula darah dan tekanan darah Moms menjadi lebih rendah.

Selain itu, ibu hamil juga cepat mengantuk karena peningkatan kadar progesteron selama kehamilan.

Perubahan fisik yang Moms alami ternyata juga berpengaruh pada perubahan emosional yang akhirnya membuat energi tubuh menjadi menurun.

Baca Juga: Lelah Cegukan? Simak Tips Mengatasi Cegukan Terus-Menerus Berikut Ini!

4. Mood yang Mudah Berubah

Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi pada Trimester 1-4 (1).jpg

Foto: verywellfamily.com

Menjadi orang tua baru memang bukan perkara yang mudah. Ada banyak tanggung jawab yang menanti dan hal ini dapat membuat perubahan suasana hati Moms mudah berubah.

Terpenting adalah kendalikan diri untuk dapat mengelola stres agar tidak menjadi depresi.

Masalah perubahan suasana hati ini juga dapat dialami oleh sang calon ayah. Jadi, pastikan kedua orang tua dapat saling berkomunikasi dengan baik agar tidak ada yang menjadi tertekan.

Namun, jika Moms mengalami rasa sedih yang terus-menerus selama 7 hari berturut-turut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter karena hal ini dapat menjadi gejala dari depresi perinatal.

5. Frekuensi Urin Meningkat

Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi pada Trimester 1-6.jpg

Foto: verywellhealth.com

Saat kehamilan trimester 1, ibu hamil juga akan merasakan frekuensi urine meningkat. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan rahim dan bayi menyebabkan tekanan pada kandung kemih.

Kondisi ini normal terjadi dan sebaiknya Moms jangan pernah menahan buang air kecil karena dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

Keluhan-keluhan tersebut normal terjadi pada Moms saat kehamilan trimester 1. Tetap perhatikan perkembangan janin agar semuanya berjalan optimal dan Moms juga selalu sehat selama masa kehamilan, ya!

Baca Juga: Buang Air Kecil Mengeluarkan Darah Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

(DG)

Artikel Terkait