2-3 TAHUN
15 Agustus 2019

Rayakan Kemerdekaan Indonesia ke-74, Ini 4 Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Anak

Mengajak anak bernyanyi lagu nasional adalah cara menarik untuk menanamkan rasa cinta Tanah Air
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Negara Indonesia akan menginjak usia kemerdekaannya yang ke-74 di tahun 2019 ini. Seluruh masyarakat Indonesia pun tentu mengantisipasi hari kemerdekaan dengan berbagai cara.

Beberapanya seperti mengadakan upacara bendera merah putih, atau dengan cara yang lebih menyenangkan yaitu dengan lomba 17 Agustus-an.

Rasa cinta terhadap Tanah Air penting untuk ditanamkan dan dipupuk sejak dini.

Hal ini agar membuat Si Kecil dapat mengenal negaranya dengan baik dan punya rasa cinta terhadap bangsa dan negara.

Menyambut perayaan kemerdekaan Indonesia, berikut 4 cara yang bisa Moms lakukan untuk menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada anak sejak dini, mengutip dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud.

Baca Juga: Makna Hari Kemerdekaan Indonesia di Mata Seleb Tanah Air: Donita

1. Mendongeng Kisah Para Pahlawan

menanamkan cinta tanah air-1.jpg

Terutama bila Moms memiliki rutinitas mendongengkan anak sebelum tidur, ini menjadi momen yang tepat untuk membuat anak menumbuhkan rasa cinta terhadap Indonesia.

Coba pilih cerita tentang sejarah kemerdekaan, perjuangan para pahlawan, atau segala hal tentang Indonesia yang menarik. Tanyakan juga bila Si Kecil memiliki pahlawan Indonesia yang ia dambakan.

Baca Juga: 7 Tradisi Unik yang Selalu Ada di Perayaan Kemerdekaan Indonesia

2. Mengajak Anak Menyanyi Lagu Nasional

menanamkan cinta tanah air-2.jpg

Tentu saja banyak sekali anak yang suka menyanyi. Dengan menyanyi, dapat memudahkan anak untuk belajar lebih dalam tentang budaya Indonesia.

Moms bisa putarkan lagu-lagu kebangsaan, lagu nasional, atau langsung menyanyikan lagu nasional. Tanyakan jika dari beberapa lagu yang diputar, ada yang menarik perhatiannya.

Dengan cara ini, Si Kecil akan semakin akrab dan hafal akan lagu-lagu nasional. Sehingga, rasa cinta terhadap Tanah Air juga akan tertanam.

3. Mengenalkan Lewat Buku Gambar

menanamkan cinta tanah air-3.jpg

Tentu Moms sudah tahu pentingnya mengenalkan buku kepada anak sedini mungkin, terutama buku bergambar yang disukai anak-anak.

Moms bisa memilih buku-buku bergambar tentang pahlawan dan perjuangan bangsa Indonesia dengan gambar dan cerita yang menarik dan mudah dipahami oleh Si Kecil.

Lewat gambar, anak akan dengan mudah mengingat gambar wajah para pahlawan Indonesia.

Baca Juga: Makna Hari Kemerdekaan Indonesia di Mata Seleb Tanah Air: Tasya Kamila

4. Wisata ke Tempat Bersejarah

menanamkan cinta tanah air-4.jpg

Selain menyanyi, hal lain yang juga digemari oleh anak-anak adalah berwisata. Jadikan ini sebagai momen tepat untuk mengajari anak tentang sejarah Indonesia.

Moms bisa mengajak Si Kecil berwisata ke museum, atau tempat-tempat bersejarah, sambil menjelaskan banyak hal tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Nah, itu dia Moms beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada anak sejak dini.

Artikel Terkait