PROGRAM HAMIL
6 Juni 2020

Dinyatakan Infertil, Masih Adakah Kemungkinan Untuk Hamil?

Simak baik-baik ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi kebanyakan pasangan, memiliki bayi yang sehat adalah tujuan yang paling penting setelah menikah.

Tetapi bagi sebagian pasangan, hamil itu bukanlah sebuah proses yang mudah. Apalagi bagi mereka yang salah satu atau keduanya dinyatakan mengalami infertilitas.

Lalu, apakah masih ada kemungkinan hamil setelah dinyatakan infertil? Jika masih, apa yang perlu dilakukan agar bisa hamil?

Baca Juga: Terapi Jeruk Nipis Ala Dewi Yull, Benarkah Bisa Tingkatkan Peluang Hamil?

Pasangan Infertil Masih Bisa Memiliki Momongan

Dinyatakan Infertil, Masih Adakah Kemungkinan Untuk Hamil? 1

Foto: unsplash.com

“Dengan kemajuan dalam bidang reproduksi, banyak pasangan mampu mengatasi masalah kesuburan mereka dan mengandung satu atau lebih anak,” kata Lila Schmidt, MD, seorang spesialis OB-GYN dan kesuburan di Scripps Mercy Hospital.

“Infertilitas dapat menyebabkan tekanan emosional. Tetapi jika Anda bisa berjuang untuk mengatasinya, Anda tidak perlu kehilangan harapan,” kata Dr. Schmidt.

“Apalagi saat ini ada pilihan perawatan infertilitas yang lebih aman dan efektif daripada (perawatan) sebelumnya, termasuk menggunakan obat-obatan, prosedur bedah, dan teknologi reproduksi berbantuan seperti IVF.”

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility & Sterility menemukan bahwa wanita infertil dengan endometriosis minimal atau ringan dan infertilitas tanpa penyebab yang diketahui, masih memiliki fekundabilitas (peluang hamil) masing-masing 18,2% dan 23,7%.

Baca Juga: Diet Rendah Karbohidrat Tingkatkan Peluang Hamil? Ini Kata Ahli

Konsultasikan Pilihan Perawatan Infertilitas

Dinyatakan Infertil, Masih Adakah Kemungkinan Untuk Hamil?

Foto: freepik.com

Untuk bisa hamil setelah dinyatakan infertil tentu saja Moms ataupun Dads harus menjalani perawatan khusus.

Maka dari itu, pastikan untuk berkonsultasi mengenai pilihan perawatan terbaik yang dapat membantu meningkatkan kemungkinan hamil setelah dinyatakan infertil.

Adapun beberapa pilihan perawatan bagi pasangan infertil yang ingin memiliki anak, sebagaimana dikutip dari Womens Health, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, pembedahan, inseminasi buatan, atau teknologi reproduksi berbantuan.

Dokter atau spesialis kesuburan mungkin juga akan merekomendasikan perawatan khusus berdasarkan pada:

  • Hasil pemeriksaan
  • Berapa lama Moms dan Dads berusaha untuk memiliki buah hati
  • Usia Moms dan Dads
  • Kesehatan secara keseluruhan
  • Pilihan perawatan yang mungkin diinginkan oleh Moms atau Dads

Baca Juga: Benarkah Yoga Meningkatkan Peluang Hamil? Ini Faktanya

Pada wanita, beberapa masalah fisik juga dapat ditangani melalui operasi. Sementara sejumlah obat kesuburan biasanya digunakan untuk mengobati infertilitas yang disertai dengan masalah ovulasi.

Jangan lupa untuk menanyakan pada dokter mengenai obat-obatan yang mungkin diberikan, termasuk kemungkinan efek samping, manfaat, dan bahayanya. Dalam beberapa kasus, masalah kesuburan mungkin tidak dapat diobati.

Untuk menangani hal ini, tergantung pada kondisinya, dokter mungkin menyarankan agar Moms dan Dads mempertimbangkan untuk menerima donor sperma atau sel telur, menggunakan ibu pengganti, atau mengadopsi anak.

Baca Juga: Benarkah Konsumsi Antidepresan Pengaruhi Peluang Hamil?

Melakukan Perubahan Gaya Hidup Untuk Memperbesar Peluang

Dinyatakan Infertil, Masih Adakah Kemungkinan Untuk Hamil? 3

Foto: unsplash.com

eMediHealth menyebut bahwa gaya hidup dan indeks massa tubuh (BMI) yang sehat sangatlah penting untuk mengoptimalkan kesuburan pada pria dan wanita, tidak terkecuali bagi mereka yang telah dinyatakan infertil.

Bagi wanita, indeks massa tubuh yang sangat rendah ataupun tinggi telah terbukti dapat merusak ovulasi dan menyebabkan terjadinya infertilitas.

Sementara pada pria, indeks massa tubuh yang tinggi dapat menyebabkan terganggunya produksi sperma karena ketidakseimbangan hormon.

Adapun perubahan gaya hidup yang perlu Moms dan Dads terapkan untuk meningkatkan peluang hamil setelah dinyatakan mengalami infertilitas antara lain:

  • Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, bersoda, dan tinggi gula
  • Menghindari makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh
  • Tidak merokok
  • Memperbanyak konsumsi sayur, buah dan makanan sehat lainnya
  • Rutin berolahraga, tetapi jangan terlalu berlebihan

Selain itu, jangan lupa untuk mengelola stres dengan baik. Karena stres juga termasuk salah satu faktor yang dapat menghambat kehamilan.

Jadi, masih ada kemungkinan hamil setelah dinyatakan infertil ya, Moms. Kuncinya adalah dengan berkonsultasi dan mengikuti perawatan sebagaimana yang telah direkomendasikan oleh dokter.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? 5 Olahraga Ini Bisa Tingkatkan Peluang Kehamilan

Artikel Terkait