KEHAMILAN
7 Desember 2019

Ini Kenaikan Berat Badan Normal pada Ibu Hamil, Wajib Tahu!

Beda, kehamilan satu janin dan janin kembar
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat hamil Moms mungkin pernah mendengar, sekarang kalau makan untuk dua orang, untuk ibu dan bayi dalam kandungan. Jadi, porsi makan ibu hamil harus double.

Padahal, hal tersebut keliru! Yang benar, Moms harus makan lebih bergizi daripada sebelumnya, karena ada kehidupan lain yang terngah tumbuh bergantung pada pilihan makanan Moms.

“Makan untuk dua orang bukan berarti memiliki dua, tiga, atau empat porsi. Ini berarti bahwa ibu sadar memerlukan sedikit lebih banyak kalori tambahan kehamilan dan kalori tersebut harus padat nutrisi untuk mendukung kesehatan ibu dan kesehatan bayi,” ujar dokter kesehatan perempuan Karen Cooper, DO.

Baca Juga: 9 Tips Agar Berat Badan Tak Melonjak Naik Saat Hamil

Kecukupan gizi berpengaruh pada kenaikan berat badan selama kehamilan. Lalu, sebenarnya berapa sih kenaikan berat badan normal pada ibu hamil?

1. Kenaikan Berat Badan Normal pada Ibu Hamil dengan Satu Janin

Ibu Hamil Wajib Tahu, Kenaikan Berat Badan Normal Selama Kehamilan - 1.jpg

Foto: babycenter.com

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of the American Medical Association (JAMA) pada 2017 lalu menunjukkan bahwa lebih dari dua pertiga ibu hamil mengalami kelebihan atau kekurangan berat badan dari angka berat badan selama kehamilan yang direkomendasikan. Kondisi tersebut berisiko terhadap masalah kesehatan untuk ibu dan bayinya.

Rekomendasi kenaikan berat badan normal pada ibu hamil menurut American Pregnancy Association, sebagai berikut:

  • Perempuan yang memulai kehamilan dengan indeks massa tubuh/Body Mass Index (BMI) 18,5 hingga 24,9 sebaiknya mendapatkan kenaikan berat badan 25 - 35 pon atau setara dengan 11,5–16 kilogram.
  • Perempuan underweight sebelum hamil dengan BMI kurang dari 18,5 sebaiknya sebaiknya mendapatkan kenaikan berat badan antara 28-40 pon atau sekitar 12,5 –18 kilogram.
  • Perempuan yang kelebihan berat badan, dengan BMI 25-29 sebelum kehamilan, sebaiknya mendapatkan kenaikan berat badan antara 15-25 pon atau sekitar 7 –11,5 kilogram.
  • Perempuan gemuk dengan BMI sebelum kehamilan lebih dari 30+ harus berjuang untuk kenaikan berat badan antara 11-20 pon atau 5 – 9 kilogram.

”Tetap dalam pedoman yang disarankan adalah cara terbaik untuk mencegah komplikasi kehamilan seperti diabetes, hipertensi dan preeklampsia dan membantu melindungi bayi yang sedang tumbuh,” kata Dr. Cooper.

Baca Juga: 3 Cara Mencegah Berat Badan Turun di Trimester Pertama Kehamilan

2. Kenaikan Berat Badan Normal pada Ibu Hamil dengan Janin Kembar

Ibu Hamil Wajib Tahu, Kenaikan Berat Badan Normal Selama Kehamilan- 2.jpg

Foto: healthline.com

Jika Moms memiliki bayi kembar, maka mendapatkan jumlah berat badan ibu yang tepat akan memengaruhi berat bdan bayi. Apalagi, pada kehamilan bayi kembar sering terjadi kelahiran sebelum Hari Prediksi Lahir. Padahal, berat badan bayi tinggi penting bagi kesehatan mereka.

Berikut rekomendasi kenaikan berat badan normal pada ibu hamil dengan anak kembar.

  • Berat badan sehat (BMI 18,5 hingga 24,9) penambahan berat badan ibu sekitar 17 – 25 kilogram
  • Kelebihan berat badan (BMI 25 hingga 29,9) 14 – 23 kilogram
  • Obesitas (BMI 30 atau lebih) 11 – 19 kilogram

Baca Juga: Kebiasaan Saat Hamil Ini Meningkatkan Risiko Berat Badan Bayi Lahir Rendah

Itulah kenaikan berat badan normal pada ibu hamil. Kuncinya adalah mengonsumsi makanan sehat untuk memberikan nutrisi penting bagi janin dalam kandungan. Ingat Moms, apapun yang Moms konsumsi ikut di konsumsi buah hati.

Jika Moms makan makanan yang tidak sehat saat hamil, maka bayi dalam kandungan juga makan makanan yang tidak sehat. Jadi, yuk pilih makanan yang sehat.

(SWN)

Artikel Terkait