KESEHATAN
12 Mei 2019

Kenalan dengan Menstrual Cup, Benarkan Lebih Nyaman Dipakai?

Menstrual cup pengganti pembalut? Aman tidak ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Sebagai seorang wanita, setiap bulan kita akan mengalami hal yang disebut dengan menstruasi.

Hampir semua orang akan membutuhkan pembalut sebagai pertolongan pertama. Kekurangannya, kita harus selalu menggantinya secara berkala agar tidak mengalami bocor.

Namun, di jaman yang sudah serba canggih ini, wanita dipermudah dengan hadirnya menstrual cup. Apa itu menstrual cup? Apakah menstrual cup lebih nyaman digunakan saat menstruasi dibanding pembalut dan tampon?

Apa Itu Menstrual Cup?

mens1

Menstrual cup adalah pembalut wanita berbentuk corong, yang cara penggunaannya dengan di masukkan ke dalam vagina selama periode menstruasi.

Alat yang dikenal juga dengan cangkir pembalut ini terbuat dari silikon atau karet lateks yang fleksibel.

Dibandingkan menyerap darah layaknya pembalut, menstrual cup bekerja dengan cara menangkap dan menampung darah yang dikeluarkan saat sedang menstruasi.

Mendekati periode menstruasi, atau bila tanda-tanda menstruasi sudah terlihat, kita harus melipat menstrual cup dengan kuat, lalu masukkan ke dalam vagina tanpa aplikator. Masukkan dengan perlahan ya.

Begitu dimasukkan, jika digunakan dengan baik, tidak akan terasa ada yang mengganjal.

Lalu cangkir menstruasi tersebut akan terbuka dan terhubung dengan dinding miss-v. Ia akan membentuk sebuah segel untuk mencegah kebocoran, dan darah pun akhirnya menetes ke cangkir.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Arti Perbedaan Tekstur dan Warna Darah Menstruasi

Kelebihan dan Kekurangan Menstrual Cup

Lunette_Cups_86_of_99_1024x1024.jpg

Sama seperti pembalut, menstrual cup juga memiliki kelebihan dan kekurangan pada penggunaannya. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

Kelebihan yang ditawarkan produk ini tentunya lebih banyak dibandingkan dengan pembalut yang umumnya kita gunakan saat masa menstruasi, seperti:

  • Murah dan Ramah Lingkungan

Tidak seperti pembalut, menstruasi cup dapat digunakan berkali-kali, bahkan sampai 10 tahun lamanya.

Oleh sebab fungsinya tersebut, harga alat ini pun jauh lebih murah karena kita tidak perlu membelinya berkali-kali. Itu juga berarti hanya sedikit sampah yang akan dibuang ke tempat sampah.

  • Bisa Menampung dalam Waktu Lama

Bila pembalut perlu diganti beberapa jam sekali atau setelah penuh, menstrual cup dapat digunakan hingga 12 jam lamanya.

Jadi akan sangat bagus, apalagi perlindungan di malam hari. Kita bisa tidur nyeyak dan bebas beraktivitas seharian, tanpa khawatir terjadi kebocoran.

  • Menampung Lebih Banyak

Alat ini dapat menampung dua kali lipat lebih banyak daripada pembalut. Perbedaan ini tentu akan memberikan kelegaan bagi kita saat masa menstruasi tiba.

  • Lebih Tidak Berbau

Darah menstruasi tentu akan mengeluarkan bau saat terkontaminasi udara.

Tetapi dengan menstrual cup, udara tidak akan masuk karena ia membentuk segel kedap udara. Darah pun tidak akan berbau.

Baca Juga: 6 Manfaat Mengejutkan dari Menstruasi

Sekarang mari kita bahas mengenai kekurangan dari menstrual cup.

  • Sulit untuk Dimasukkan ke Posisi yang Tepat

Mungkin akan sulit menemukan posisi yang tepat. Cangkir menstruasi memiliki berbagai ukuran yang berbeda, tergantung dari usia, banyaknya darah, dan apakah kita memiliki anak atau tidak.

Tetap saja menemukan posisi yang tepat akan menjadi sebuah tantangan. Apalagi jika kita memiliki leher rahim yang rendah. Butuh beberapa waktu jika tidak terbiasa menggunakannya.

  • Melepaskan Akan Sedikit Sulit

Walaupun ketika dimasukkan akan mudah, melepaskannya bisa jadi sedikit susah.

Dalam posisi duduk maupun berjongkok, kita perlu menggunakan otot panggul untuk mendorongnya keluar.

Jepit alas untuk mematahkan segel dan miringkan cangkir sedikit ke belakang agar tidak tumpah.

Baca Juga: Menjelaskan Menstruasi Pada Anak Perempuan

Apakah Aman Menggunakan Menstrual Cup?

74c69114cc2e49438409816eb5d50203.jpg

Menstrual cup sebenarnya telah ada sejak tahun 1930-an. Alat ini pertama diproduksi oleh Amerika Serikat pada tahun 1987. Sejak saat itu, ada beberapa produk lain yang diproduksi dan terbuat dari berbagai bahan mulai dari karet hingga silikon.

Sayangnya sosialisasi atau iklan mengenai alat ini tidak banyak malah tergolong rendah. Sebagian besar wanita yang menggunakan alat ini, mendapatkan informasi melalui internet atau dari mulut ke mulut.

“Alat ini merupakan sebuah revolusi dalam kebersihan dan kesehatan wanita saat menstruasi. Semua wanita harus mencoba alat ini karena sangat membantu mengatasi masalah finansial (berhemat), sosial, dan psikologis tentunya,” ucap Dr. Dhanya Lakshmi N, seorang ahli genetika medis, sekaligus asisten profesor genetika medis di Institut Ilmu Kedokteran Nizam, Punjagutta, Hyderabad.

Baca Juga: Yuk Atasi Perut Kembung Saat Menstruasi dengan 5 Ramuan Tradisional Ini!

Menurutnya menstrual cup membuat hidup wanita jadi lebih mudah selama periode menstruasi. Apalagi otot miss-v wanita sangat fleksibel, sehingga dapat menahan cangkir menstruasi dengan aman.

Hal ini juga berpengaruh pada pola tidur saat periode menstruasi berjalan. Tentunya kita dapat tidur lebih nyaman dan nyenyak, tidak perlu lagi bangun di tengah malam hanya untuk mengganti pembalut agar tidak bocor.

Menurut para ahli, alat ini juga lebih aman dibandingkan dengan pembalut, karena memiliki resiko lebih rendah terkena infeksi bakteri. Selain itu dibandingkan dengan pembalut, tidak ada kemungkinan gesekan atau ruam.

Jadi, menggunakan menstrual cup saat periode menstruasi sangat dianjurkan dan tentunya membuat kita, wanita, akan merasa lebih nyaman. Jadi, sudah berani beralih ke menstrual cup Moms?

(AWD/INT)

Artikel Terkait