JALAN-JALAN
22 Mei 2019

Yuk Kenalan Sama Perpustakaan Nasional yang Megah!

Cari tahu apa saja fasilitasnya yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

https://www.instagram.com/p/Bw30JLOgSoj/

Jika Moms merupakan pecinta buku, apakah Moms pernah mengunjungi Perpustakaan Nasional RI? Sebagai perpustakaan negara, perpustakaan ini tentu memiliki koleksi buku paling lengkap. Moms pernah mengunjungi Perpustakaan Nasional RI? Sebagai perpustakaan negara, perpustakaan ini tentu memiliki koleksi buku paling lengkap.

Selain itu, Perpustakaan Nasional juga memiliki gedung baru yang dibuka pada bulan Oktober 2017 kemarin. Di gedung ini ada beragam fasilitas yang modern dan menunjang kegiatan membaca bagi para pengunjung.

Perpustakaan Nasional ini berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Sebagai perpustakaan, tempat ini tentu ideal untuk membaca, mencari referensi, dan mengerjakan tugas.

Baca Juga: Yuk Ajak Anak ke 5 Perpustakaan Ini Agar Mereka Senang Membaca!

Fasilitas Perpustakaan Nasional RI

perpusnas ri-1.jpg

Foto: Kompas.com

Mengutip dari Kompas.com, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kini Perpustakaan Nasional memiliki total 27 lantai dan satu lantai basement lho, Moms.

"Dulu, ini hanya tiga lantai, enggak ada yang mau datang ke sini. Sekarang 27 lantai plus satu lantai basement. Jadi enggak kaget kalau gedung ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan," ujar Jokowi saat meresmikan gedung Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Kamis (14/9).

Perpustakaan Nasional terdiri dari 24 lantai operasional. Di lantai dasar, terdapat rak buku yang tingginya mencapai lantai empat.

perpusnas ri-3.jpg

Foto: instagram.com/mai.portrait

Halaman depan Perpustakaan Nasional merupakan lobi awal yang lama, sehingga tampak seperti rumah di zaman dulu. Rumah tersebut sekarang dijadikan ruang pameran berbagai instalasi seni.

Di lantai dua Perpustakaan Nasional, terdapat pusat informasi, pembuatan kartu anggota, dan loker penitipan tas. Moms perlu menitipkan tas di sini, karena untuk membaca di Perpustakaan Nasional dilarang membawa tas.

Bila Moms ingin meminjam buku, sebaiknya buat kartu anggota untuk peminjaman buku langsung atau mengakses buku secara online.

Di lantai paling atas yaitu lantai 24, ada executive lounge dan menjadi lokasi asyik untuk melihat panorama area Monumen Nasional (Monas).

Ketika keluar dari pintu belakang rumah lawas tersebut, maka akan tampak gedung Perpustakaan Nasional RI yang menjulang tinggi.

Baca Juga:5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

Fasilitas Tambahan di Perpustakaan Nasional RI

perpusnas ri-2.jpg

Foto: Kompas.com

Bila Moms hendak membawa Si Kecil, datanglah ke lantai 7, yang merupakan Ruang Layanan Anak. Di sana ada koleksi buku anak dan ruang baca yang nyaman untuk Si Kecil.

Selain ruang untuk anak, di lantai tujuh juga ada Ruang Lansia dan Penyandang Disabilitas. Ada koleksi buku huruf Braille dan komputer khusus bagi penyandang disabilitas.

Di lantai ini juga terdapat kantin. Namun, ingat ya Moms tidak boleh makan di Perpustakaan Nasional RI, kecuali di kantin. Untuk yang ingin menunaikan ibadah salat, mushala tersedia di lantai enam.

Selain koleksi buku, Perpustakaan Nasional RI juga memiliki koleksi audiovisual, foto, peta, dan lukisan menarik. Di Perpusnas juga ada pameran berkala.

Pastikan Moms mengetahui informasi terbaru tentang Perpustakaan Nasional RI melalui akun Instagram-nya di @perpusnas.go.id.

Baca Juga: Terapkan 8 Cara Ini Agar Bayi Suka Membaca

Penasaran seperti apa Perpustakaan Nasional? Lihat dulu video yang satu ini Moms!

Nah, itu dia beberapa fasilitas yang ada di Perpustakaan Nasional RI, seru dan ramah anak kan Moms? Tertarik mengajak Si Kecil ke sana?

Artikel Terkait