JALAN-JALAN
11 Juli 2019

Kenalan Yuk dengan 4 Jenis Sandwich Khas Tiongkok

Sandwich dengan cita rasa oriental, mau?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sandwich alias roti yang mengapit daging dan sayuran di tengahnya menjadi makanan praktis yang banyak digemari di seluruh dunia. Meski awalnya berasal dari negara-negara Barat, sandwich kini juga lazim ditemukan di negara-negara Asia, termasuk Tiongkok.

Sandwich di Tiongkok umumnya menggunakan roti pipih putih yang dilipat dua atau dibelah tanpa putus di tengahnya, sehingga seperti kantong. Kantong tersebut kemudian diisi dengan daging dan kadang sayuran. Biasanya daging babi, namun ada juga yang memakai daging keledai dan domba.

Mau tahu sandwich yang populer di Tiongkok, Macau, dan Taiwan? Ini empat di antaranya:

1. Donkey Burger

sandiwich tiongkok

Foto: iesabroad.org

Mau mencoba daging keledai? Moms bisa mencicipinya sebagai burger di Baoding dan Hejian, Provinsi Hebei, Tiongkok. Burger daging keledai adalah jajanan populer yang juga bisa ditemukan di restoran kelas atas di sana.

Daging atau jeroan keledai disuwir-suwir atau dicincang, dicampur dengan irisan cabai hijau dan daun ketumbar, lalu dimasukkan ke kantong roti huoshao panggang yang agak beremah.

Ada dua versi donkey burger, yakni versi Baoding yang memakai daging panas dan roti bundar, serta versi Hejian yang menggunakan daging dingin dan roti persegi panjang.

Baca Juga: Resep Simple Cold Sandwich nan Segar

2. Gua Bao

sandiwich tiongkok

Foto: azureedge.net

Dalam Bahasa Tiongkok, gua bao berarti roti yang dipotong. Makanan yang bernama lain pork belly bao ini populer di Tiongkok dan Taiwan.

Bao atau rotinya berupa roti putih pipih yang empuk dan lembut berbentuk setengah lingkaran dan dilipat dua. Roti ini dikukus sebelum diisi dengan daging perut babi (pork belly), acar sawi hijau, kacang tanah giling, dan daun ketumbar.

Saat menyantapnya, Moms akan merasakan perpaduan lemak babi dengan kacang yang gurih, daun ketumbar yang segar, serta acar sawi yang renyah dan asam.

3. Pork Chop Bun

sandiwich tiongkok

Foto: darrenbloggie.com

Pengaruh Portugis yang pernah menjajah Macau masih terlihat hingga sekarang, termasuk dalam bidang kuliner. Pork chop bun yang menjadi makanan khas daerah ini, contohnya, terbuat dari roti Portugis yang renyah di luar dan lembut seperti kapas di dalam.

Sandwich ala Macau kemudian diisi dengan daging iga babi berbumbu yang panas dan juicy karena digoreng dengan sedikit minyak. Berminyak, tapi gurih dan renyah. Pork chop bun bisa disajikan begitu saja atau diberi mayones, selada, bombai, dan tomat.

Baca Juga: Variasi Resep Sandwich yang Sehat dan Mudah Dibuat untuk Si Kecil

4. Spicy Lamb Burger

sandiwich tiongkok

Foto: ladyandpups.com

Di Tiongkok ada sandwich yang disebut rou jia mo (sandwich daging). Jika biasanya rou jia mo berisi daging babi, di Xi’an, ibu kota provinsi Shaanxi, dagingnya diganti dengan daging domba. Sebab, Xi’an adalah kota pertama di Tiongkok yang diperkenalkan dengan agama Islam di awal periode Jalan Sutra.

Hidangan perpaduan Tiongkok dan Timur Tengah ini berisi daging domba yang diberi bumbu jinten, biji cabai, paprika, dan daun bawang, lalu disajikan dalam roti pipih yang dibelah dua.

Ternyata, sandwich bukan monopoli orang Barat saja, ya!

(EMA/IRN)

Artikel Terkait