DI ATAS 5 TAHUN
27 Februari 2019

Kenali 3 Tanda Anak Mengalami Kesulitan Belajar di Sekolah

Jarang berbicara tentang sekolah bisa jadi salah satu tandanya lho Moms
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap orang tua tentu ingin anaknya berprestasi di sekolah. Tapi sayangnya masih banyak yang tidak peka saat anak mereka kesulitan belajar. Padahal, kesulitan anak di sekolah perlu segera diatasi agar pelajarannya tidak semakin tertinggal.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa membuat anak kesulitan belajar di sekolah, seperti tidak bisa menangkap penjelasan guru, lelah karena ikut terlalu banyak ekstrakurikuler, ataupun jenuh.

Walau si kecil tidak bisa menjelaskan secara verbal, tanda anak kesulitan belajar sebenarnya bisa terlihat dari perubahan perilaku maupun fisiknya.

Agar prestasi sekolah anak tetap baik sekaligus menjauhkannya dari stres, Moms perlu tahu beberapa tanda anak kesulitan belaja. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Jarang Berbicara Tentang Sekolah

kenali 3 tanda anak mengalami kesulitan belajar di sekolah 1

Smartparent.com

Moms, keengganan untuk membahas aktivitas, pelajaran, atau pergaulan di sekolah bisa menjadi tanda awal anak kesulitan belajar. Apalagi kalau sebelumnya dia tampak selalu tampak bersemangat untuk bercerita.

Ada beberapa kemungkinan yang membuat anak mendadak enggan berbagi tentang pengalamannya di sekolah, seperti lingkungan yang tidak nyaman, perlakuan guru atau teman yang tidak menyenangkan, dan hal eksternal lainnya.

Coba ajak si kecil berdiskusi untuk tahu alasan spesifik yang membuat anak kesulitan belajar dan merasa tidak nyaman di sekolah, agar bisa segera diatasi akar masalahnya.

Baca Juga: Trik Mengatasi Anak yang Tidak Mau Sekolah

2. Waktu Habis untuk Mengerjakan PR

kenali 3 tanda anak mengalami kesulitan belajar di sekolah 2

Venuefamily.com

Moms, apa belakangan ini si kecil tampak kesulitan mengerjakan PR, bahkan sampai larut malam dan ketiduran? Kalau iya, bisa jadi anak kesulitan belajar akibat beban pelajaran yang terlalu berat.

Idealnya, pekerjaan rumah untuk anak sekolah dasar hanya menghabiskan waktu sekitar 10 menit setiap harinya. Bila si kecil menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengerjakan PR, ada baiknya Moms segera berdiskusi dengan guru tentang metode belajar yang digunakan di sekolah anak.

Baca Juga: Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Sekolah?

3. Perubahan Sikap

kenali 3 tanda anak mengalami kesulitan belajar di sekolah 3

Schoolandtools.com

Perubahan sikap dan perilaku anak yang cukup drastis juga seringkali menjadi tanda anak kesulitan belajar di sekolah lho, Moms.

Dari pengamatan psikolog anak, ada beberapa persamaan sikap yang ditunjukkan oleh anak kesulitan belajar atau bermasalah dengan sekolah, seperti:

  • Bersikap agresif bila diajak berbicara tentang sekolah.
  • Cepat mengalihkan pembicaraan bila menyinggung topik sekolah.
  • Kerap merasa bosan tapi tidak ingin melakukan apapun.
  • Sering terlihat bingung dan melamun saat tidak mengerjakan sesuatu.
  • Pola makan dan pola tidur menjadi tidak teratur.
  • Bila Moms melihat buah hati bersikap seperti di atas, segera lakukan pendekatan dan ajak berdiskusi tentang apa yang dialami dan dirasakannya di sekolah.

Percayalah Moms, dukungan orang tua dalam mengatasi kesulitan anak di sekolah akan berperan positif bagi prestasi serta pola pikir anak di masa depan. Jadi jangan ragu untuk selalu berdiskusi dengan anak dan guru ya, Moms.

Nah, apa Moms punya trik jitu agar anak mau terbuka tentang masalah di sekolah? Share yuk!


(WA)

Artikel Terkait