KEHAMILAN
18 Juni 2019

Kenali 4 Macam Jenis USG Kehamilan, Dari Manfaat Hingga Harga!

Ada banyak jenis dan varian harganya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan

Ultrasonografi, juga disebut sonogram, merupakan tes kehamilan yang menggunakan gelombang frekuensi tinggi untuk menggambarkan bayi serta organ reproduksi ibu.

Dengan tes USG, ini dapat membantu memantau perkembangan dan skrining janin normal dan mencari tahu bila ada masalah potensial pada janin.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, ada jenis USG kehamilan lain yang lebih maju, termasuk USG 3D, USG 4D, dan ekokardiografi janin, yang merupakan USG untuk melihat secara rinci jantung janin.

Tidak hanya untuk mendeteksi adanya masalah pada janin, dilakukannya skrining USG juga bisa untuk alasan non-medis, seperti untuk menghasilkan gambar janin atau menentukan jenis kelamin bayi.

Berikut ini, jenis-jenis USG kehamilan yang perlu Moms kenali, beserta dengan kisaran harganya.

Baca Juga: Ternyata Ini Waktu yang Tepat Melakukan USG Kehamilan

Jenis USG Kehamilan

1. Ultrasonografi Transvaginal

usg transvaginal.jpg

Jenis USG kehamilan yang pertama adalah transvagigal. Jenis USG ini dapat dilakukan untuk menghasilkan gambar janin yang lebih jelas. USG jenis ini biasanya digunakan pada tahap awal kehamilan.

Tes USG ini dilakukan dengan memasukkan alat sensor (probe) ultrasound kecil ke dalam vagina. Hal ini untuk memonitor denyut jantung janin, serta melihat kelainan pada serviks yang dapat mengakibatkan kelahiran prematur atau keguguran.

Untuk kisaran harga bervariasi, sekitar Rp250.000 hingga lebih dari Rp750.000 tergantung dari rumah sakit.

2. Ultrasonografi 2D

usg 2d.jpg

Ultrasonografi 2D merupakan jenis USG kehamilan standar. Pemeriksaan ultrasonografi tradisional ini menggunakan transduser di atas perut untuk menghasilkan gambar 2D dari janin yang sedang berkembang.

Untuk kisaran harganya sekitar Rp300.000-400.000, namun di beberapa rumah sakit ada yang bisa dilakukan USG 2D dengan harga kurang dari Rp200.000.

Baca Juga: Ini 3 Fakta Mengenai Kehamilan Kembar

3. Ultrasonografi 3D

usg 4d.jpg

Tidak seperti USG 2D tradisional, USG 3D memungkinkan dokter untuk melihat lebar, tinggi, dan kedalaman janin dan organ. Ultrasonografi ini dapat sangat membantu dalam mendiagnosis masalah yang dicurigai selama kehamilan.

Jenis USG kehamilan ini mengikuti prosedur yang sama dengan USG standar, tetapi menggunakan probe dan perangkat lunak khusus untuk membuat gambar 3D.

USG ini juga membutuhkan pelatihan khusus, sehingga mungkin tidak tersedia secara luas dan hanya di beberapa rumah sakit saja.

Untuk kisaran harganya sekitar Rp300.000 hingga Rp800.000. Di beberapa rumah sakit ada yang mencapai harga Rp1.000.000.

Perlu dicatat, beberapa rumah sakit memberikan paket untuk melakukan tes USG 3D dan 4D.

Baca Juga: Vicky Shu Lakukan USG 4D untuk Melihat Janin, Apa Saja Manfaatnya?

4. Ultrasonografi 4D

usg 3d.jpg

Foto: 800doctor.com

Tidak seperti ultrasonografi lainnya, ultrasonografi 4D menghasilkan video bergerak janin. Ini menciptakan gambar yang lebih baik dari wajah dan gerakan bayi.

Selain itu, USG 4D juga menangkap highlight dan bayangan janin lebih baik. Ultrasonografi ini dilakukan dengan cara yang mirip dengan ultrasonografi lainnya, tetapi dengan peralatan khusus.

Untuk kisaran harganya sekitar Rp300.000 hingga Rp800.000. Di beberapa rumah sakit ada yang mencapai harga Rp1.000.000.

Beberapa rumah sakit memberikan paket untuk melakukan tes USG 3D dan 4D, dengan kisaran harga Rp500.000-Rp1.000.000.

Harga untuk setiap jenis USG berbeda-beda, tergantung dari rumah sakit yang dikunjungi.

Jadi, jenis USG kehamilan mana yang mau Moms coba?

Artikel Terkait