KESEHATAN
6 Oktober 2019

Kenali 5 Tanda Tubuh Berada Pada Masa Subur

Selain mencocokkan siklus menstruasi, masa subur wanita juga dapat dikenali melalui perubahan tubuh yang dialami
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Salah satu cara terbaik agar kehamilan sukses adalah dengan melakukan hubungan seksual di saat sedang masa subur wanita. Masa subur wanita dapat dengan mudah diketahui melalui siklus menstruasi rutin setiap bulannya.

Namun, tubuh sebenarnya juga dapat memberi kode tertentu jika Moms saat ini sedang dalam masa subur wanita. Berikut ini tanda-tanda Moms sedang dalam masa subur wanita.

1. Perubahan Konsistensi Lendir Serviks

1 Perubahan Konsistensi Lendir Serviks.jpg

Foto: toppharm.ch

Saat akan mendekati masa subur wanita, tubuh akan mulai memproduksi lebih banyak estrogen yang membuat lendir serviks menjadi lebih elastis (bertambah lengket) dan terlihat jelas menyerupai warna putih telur.

Namun konsistensi ini akan berubah setelah masa subur wanita selesai. “Setelah ovulasi, lendir serviks akan berkurang dan menjadi lebih tebal, tidak berwarna, dan kadang kurang terlihat,” ungkap Yvonne Butler Tobah, M.D., seperti dikutip dari mayoclinic.org.

Baca Juga: 5 Masalah Sistem Reproduksi Ini Bisa Menghambat Kesuburan

Tidak ada salahnya Moms memeriksa lendir serviks dengan cara menyentuhnya, sehingga mengetahui perubahan dalam konsistensi juga warna, sebagai indikator masa subur wanita.

Leher rahim juga akan berubah dan menjadi lebih tinggi, lembut, dan lebih terbuka selama masa subur wanita.

Meski Moms dapat mengecek leher rahim bersamaan dengan saat mengecek lendir serviks, namun tentu membutuhkan pengalaman lebih banyak untuk mengetahui perbedaan leher rahim sebelum dan saat sedang masa subur wanita.

2. Indra Penciuman Lebih Sensitif

2 Indra Penciuman Lebih Sensitif.jpg

Foto: bodytomy.com

Pernah merasa bau badan pasangan lebih mengganggu dari biasanya? Mungkin karena Moms sedang dalam masa subur wanita.

Dikutip dari thebump.com, sebuah studi menemukan bahwa indra penciuman wanita lebih sensitif di fase kedua siklus menstruasi normal, yaitu mendekati waktu masa subur wanita.

Wanita dalam fase subur ini lebih mudah tertarik pada androstenone feromon jantan, yang memberi kontribusi pada aroma pria yang lebih kuat.

Baca Juga: Menurut Sains, 7 Gejala Fisik Ini Dapat Menandakan Adanya Masalah Kesuburan

3. Gejala (Mendekati) Menstruasi

3 Gejala (Mendekati) Menstruasi.jpg

Foto: howng.com

Meski kadang gejala menstruasi tidak menyenangkan, namun sebenarnya itu merupakan tanda masa subur wanita dan menjadi waktu yang baik untuk berhubungan.

“Jika jadwal menstruasi mendekat dan saat ini muncul gejala pra-menstruasi seperti payudara mengeras, perut kembung, dan kram, maka itu pertanda Anda sedang berada di siklus ovulasi,” ungkap Dokter kandungan asal New York, Dr. Adeeti Gupta, seperti dikutip dari bustle.com.

4. Merasa Lebih Seksi

4 Merasa Lebih Seksi.jpg

Foto: womenshealthmag.com

Dikutip dari thebump.com, mendekati waktu masa subur wanita, Moms mungkin akan merasakan bibir yang lebih penuh (biasa disebabkan oleh peningkatan estrogen), pupil melebar dan kulit terasa lebih lembut.

Gejala ini tidak hanya menjadi pertanda masa subur wanita, tapi juga membuat nafsu bercinta semakin menggebu, karena pria juga merasa lebih tertarik.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ketertarikan pria melihat wanita semakin bertambah jika mendekati masa subur wanita, yaitu ketika beberapa perubahan terjadi pada wanita.

Baca Juga: Bisakah Hamil Saat Melakukan Seks di Luar Masa Subur? Ini Penjelasannya!

5. Nyeri Panggul atau Perut Bawah

5 Nyeri Panggul atau Perut Bawah.jpg

Foto: verywellhealth.com

Beberapa wanita sebenarnya dapat merasakan sedang berada pada masa subur wanita melalui rasa sakit ringan atau nyeri di perut bagian bawah. Biasanya terjadi di satu sisi atau yang lain (tidak sisi yang sama setiap kali).

Sensasi nyeri ini dapat berlangsung antara beberapa menit atau jam saja. Moms mungkin juga mengalami pendarahan vagina ringan (flek), keputihan, hingga mual yang diikuti dengan rasa nyeri dan sakit ringan.

Itulah beberapa tanda Moms sedang berada pada masa subur wanita. Jika Moms mendapati tanda-tanda ini, maka inilah waktu terbaik untuk berhubungan seksual untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Artikel Terkait