PROGRAM HAMIL
7 Oktober 2019

Kenali 6 Istilah Tentang Konsepsi Berikut Ini, Yuk, Moms

Yuk, pahami istilah terkait konsepsi agar Moms dapat lebih optimal dalam menjalani program hamil.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms dan Dads yang sedang menjalani program hamil wajib tahu tentang konsepsi atau pembuahan. Mulai dari kapan waktu terbaik untuk berhubungan seks hingga terjadi konsepsi, proses terbentuknya janin, serta istilah terkait konsepsi.

Dikutip dari situs web Web MD, menurut Edward Marut, M.D., ahli endokrinologi reproduksi dari Fertility Centers of Illinois, secara umum, waktu terbaik bagi Moms untuk bisa hamil adalah 12−16 hari sebelum hari pertama menstruasi.

Senada dengan itu, Kara Manglani, bidan perawat bersertifikat dan ahli kesuburan di New York mengatakan, “Sebagian besar kehamilan terjadi akibat hubungan seks yang dilakukan kurang dari 2 hari sebelum ovulasi.”

Manglani melanjutkan, sperma bisa bertahan hidup di dalam lendir serviks hingga 5 hari. Sementara, sel telur dapat hidup hingga 24 jam setelah ovulasi.

Agar Moms dan Dads dapat lebih memahami proses konsepsi, yuk, ketahui istilah-istilah terkait konsepsi berikut.

1. Ovulasi

ovulasi susah hamil cover

Masa ketika sel telur yang sudah matang dilepaskan dari rahim ke tuba falopi. Ovulasi biasa disebut juga dengan istilah masa subur. Moms dan Dads yang hendak menjalani program hamil wajib mengetahui istilah terkait konsepsi yang satu ini.

2. Serviks

Mengenal Polip Rahim Penyebab dan Gejalanya 01.jpg

“Pintu” menuju sistem reproduksi Moms. Serviks biasa disebut juga dengan istilah mulut rahim. Setelah ejakulasi, sperma akan masuk dari vagina melewati serviks, rahim, hingga tiba di tuba falopi untuk bertemu dengan sperma dan terjadilah konsepsi.

3. Lendir Serviks

lendir serviks.jpg

Mendekati waktu ovulasi, serviks akan mengeluarkan cairan encer, jernih, dan licin – teksturnya mirip putih telur mentah – yang disebut lendir serviks. Salah satu fungsi lendir serviks adalah melancarkan perjalanan sperma di saluran reproduksi Moms.

Kemunculan lendir serviks juga bisa menjadi salah satu pertanda Moms mendekati atau sudah memasuki masa subur. Bila masa subur sudah lewat, lendir serviks akan hilang.

4. Tuba Falopi

top image tuba falopi

Dikenal juga dengan istilah buluh rahim atau oviduk, yaitu dua saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Tuba falopi bertugas membawa sel telur dari indung telur ke rahim. Proses pembuahan juga terjadi di tuba falopi.

5. Rahim

Semua Perempuan Wajib Tahu Penyebab Kanker Rahim

Organ reproduksi utama perempuan ini adalah tempat berkembangnya sel telur yang telah dibuahi hingga berkembang menjadi janin. Selama janin bertumbuh – yaitu pada masa kehamilan – rahim berfungsi menyuplai oksigen dan nutrisi melalui plasenta, serta melindungi janin dari benturan.

6. Endometrium

Seperti Ini Peran Endometrium Pada Kehamilan dan 3 Masalah yang Bisa Terjadi Padanya

Lapisan dinding bagian dalam rahim. Sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada endometrium (implantasi). Bila tidak terjadi konsepsi, endometrium yang telah menebal akan luruh dan keluar lewat vagina – proses ini disebut menstruasi.

Semoga pemahaman istilah terkait konsepsi dapat membantu program hamil yang sedang Moms dan Dads jalani menjadi lebih optimal.

(AN)

Artikel Terkait