KESEHATAN
10 Januari 2020

6 Tanda Sakit Gigi yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter Gigi, Jangan Diabaikan!

Jangan tunda lagi ke dokter gigi, terutama jika ada tanda-tanda sakit gigi seperti ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dita Indrihapsari
Disunting oleh Orami

Ada baiknya memang memeriksakan kesehatan gigi dan mulut setiap 6 bulan sekali. Bukan tanpa alasan anjuran tersebut diberikan. Dengan konsultasi gigi secara rutin, segala permasalahan gigi baik yang telah dirasakan maupun yang belum, dapat tertangani dengan baik.

Sayangnya, banyak orang memilih untuk tidak melakukan itu. Moms mungkin saah satunya. Jika sakit gigi sudah melanda, Moms pasti menyesal.

Saat sakit gigi, Moms pun pasti lebih memilih untuk mencari obat penghilang rasa sakit ketimbang ke dokter gigi untuk mencari tahu penyebab sakit gigi itu.

Tanda Sakit Gigi Harus Segera ke Dokter Gigi

Tapi, tahukah Moms, ada sakit gigi yang harus segera dibawa ke dokter gigi. Sakit gigi seperti apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Nyeri saat Makan

sakit gigi - nyeri saat makan.jpg

Tanda sakit gigi harus diperiksakan ke dokter gigi yang pertama adalah nyeri saat makan. Jika Moms tidak dapat mengunyah makanan dengan benar dan merasakan nyeri yang sangat tajam saat makanan menyentuh bagian gigi, kemungkinan besar Moms sudah mengalami kerusakan gigi.

Ada baiknya ketika gejala tersebut terjadi, segera kunjungi dokter gigi, ya, Moms! Sakit gigi itu bisa jadi ada kemungkinan gigi yang membusuk.

Dokter akan melakukan prosedur untuk mengobatinya atau pun langsung mencabutnya jika kondisi gigi benar-benar tidak bisa diperbaiki lagi.

Baca Juga: Ngilu Akibat Sakit Gigi? Ini 5 Cara Alami untuk Meredakannya!

2. Peradangan Gusi

sakit gigi - gusi.jpg

Tanda sakit gigi harus diperiksakan ke dokter gigi yang selanjutnya adalah peradangan gusi. Gusi yang meradang dapat menyebabkan rasa sakit gigi, ngilu, nyeri, dan bisa mengakibatkan adanya penumpukan plak di sekitar gusi. Jika dibiarkan radang gusi ini akan semakin parah dan bahkan Moms bisa mengalami periodontitis.

Periodontitis merupakan infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Kondisi ini tentu perlu diobati segera, ya, Moms karena dapat menyebabkan gigi tanggal.

Salah satu tanda awal peradangan gusi, yaitu gusi menjadi tampak merah dan bengkak. “Penyakit gusi biasanya dimulai dengan peradangan di sepanjang garis gusi,” ujar Erik Sahl, DDS, Asisten Profesor Periodontik Universitas Loma Linda.

3. Gigi Sensitif

sakit gigi - gigi sensitif.jpg

Tanda sakit gigi harus diperiksakan ke dokter gigi yang selanjutnya adalah gigi sensitif. Apakah gigi Moms mengalami sakit gigi saat minum minuman panas atau dingin? Jika iya, bisa jadi Moms memiliki gigi sensitif. Ada baiknya pemilik gigi sensitif segera berkonsultasi ke dokter gigi untuk mendapat penanganan agar keluhan tersebut bisa berkurang atau hilang sama sekali.

Menurut American Dental Association, gigi sensitif bisa disebabkan beberapa hal, antara lain penipisan email/enamel yang merupakan lapisan terluar gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan. Gigi patah, berlubang, dan membusuk serta gusi yang menyusut juga jadi pemicu gigi sensitif.

“Dengan menyusutnya gusi, bagian sensitif dari gigi yang disebut dentin akan terbuka sehingga menyebabkan gigi sensitif ketika terkena air dingin maupun udara,” jelas Erik Sahl.

Tak hanya itu, gigi sensitif juga akibat dari kebiasaan buruk menyikat gigi terlalu keras dan menggertakkan gigi saat tidur.

4. Luka pada Mulut, Gigi, dan Gusi

sakit gigi - luka di gigi gusi.jpg

Tanda sakit gigi harus diperiksakan ke dokter gigi yang selanjutnya adalah luka pada mulut, gigi, dan gusi. Jika Moms mengalami luka pada gigi, gusi, lidah, dan mulut, Moms dapat menggunakan gel penghilang rasa sakit untuk mengobatinya.

Namun jika masalah ini tidak hilang dalam du higga tiga hari, bisa jadi luka itu adalah gejala dari sesuatu.

Untuk itu, sebaiknya Moms segera mengunjungi dokter gigi dan cari tahu mengenai luka tersebut dan bagaimana cara merawatnya dengan aman.

Baca Juga: Sakit Gigi Saat Hamil, Bagaimana Solusinya?

5. Enamel Berubah Warna

sakit gigi - enamel berubah warna.jpg

Tanda sakit gigi harus diperiksakan ke dokter gigi yang selanjutnya adalah enamel berubah warna. Jika Moms melihat perubahan warna pada email/enamel, jangan dianggap enteng, ya. Apakah terdapat bintik-bintik putih di gigi?

Bisa jadi itu adalah tanda awal kerusakan gigi. Kunjungi dokter gigi sesegera mungkin agar kerusakan gigi tersebut masih dapat diperbaiki. Jika dibiarkan, gigi dapat membusuk dan makin sulit untuk diobati.

5. Mulut Kering

sakit gigi - mulut kering.jpg

Tanda sakit gigi harus diperiksakan ke dokter gigi yang selanjutnya adalah mulut kering. Mulut kering bisa menjadi indikasi penyakit atau infeksi. Ada baiknya saat kunjungan ke dokter gigi, Moms juga memberitahukan masalah ini pada dokter gigi, terutama saat mulut kering membuat Moms menjadi tidak nyaman dan sakit gigi.

Baca Juga: Anak Takut ke Dokter Gigi? Ini Cara Atasinya!

itulah beberapa tanda sakit gigi harus segera dibawa ke dokter gigi. Sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mengunjungi dokter gigi, ya, Moms. Apalagi jika gigi Moms memang bermasalah dan perlu penanganan segera!

(DI/ERN)

Artikel Terkait