BALITA DAN ANAK
12 Mei 2019

Kenali Bahaya Permainan Mandi Bola Bagi Kesehatan Balita

Menyenangkan tapi ternyata berbahaya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Permainan mandi bola telah terkenal menjadi salah satu wahana yang disukai oleh anak-anak, terutama yang masih berusia 3 hingga 5 tahun. Banyaknya bola dengan warna warni mencolok membuat mereka suka dan betah bermain mandi bola.

Namun, siapa sangka permainan yang cukup menyenangkan tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan Si Kecil. Oleh karena itu, saat ini Moms sebaiknya berpikir masak-masak sebelum mengajak Si Kecil bermain permainan tersebut.

Baca Juga: 5 Gangguan Kesehatan Anak Pada Tahun Pertama

Tempat Mandi Bola Berbahaya Bagi Kesehatan Anak

balls-blur-child-1096147.jpg

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Infection Control menemukan fakta bahwa permainan mandi bola berbahaya bagi kesehatan anak-anak. Bahaya tersebut muncul karena di dalam permainan tersebut terdapat bakteri yang berpotensi menular ke tubuh anak-anak.

Penemuan fakta tersebut didapat dari penelitian yang dilakukan sejumlah peneliti dari University of North Georgia terhadap 6 tempat permainan mandi bola yang berbeda.

Dari tiap lokasi permainan mandi bola, para peneliti mengambil sampel berupa 9 hingga 15 bola dari kedalaman yang berbeda. Hasilnya, mereka menemukan adanya kolonisasi mikroba di dalam bola-bola yang diuji tersebut.

Parahnya, hasil tes tersebut juga menunjukkan adalanya 8 spesies bakteri dan 1 jamur yang dapat menimbulkan penyakit.

Mary Ellen Oesterle yang merupakan peneliti utama mengatakan bahwa kolonisasi bakteri ditemukan sebanyak ribuan per bola. Hal itu menurut dia sangat jelas menunjukkan risiko atau potensi penularan organisme kepada anak-anak dan juga kemungkinan adanya peningkatan infeksi.

Baca Juga: Waspadai 5 Kondisi Kesehatan Yang Bisa Membuat Balita Berjalan Pincang

Dihuni Banyak Bakteri Pemicu Penyakit Berbahaya

12753288-6963675-image-a-8_1556290394933.jpg

Adapun beberapa bakteri yang ditemukan di bola-bola pada permainan mandi bola tersebut adalah Enterococcus faecalis, Staphylococcus hominis, Streptococcus oralis, dan Acinetobacter iwofii yang semuanya berpotensi menyebabkan infeksi parah pada manusia, terutama anak-anak.

Salah satu bakteri yakni Enterococcus faecalis mampu menyebabkan beragam penyakit pada manusia seperti misalnya endokarditis, infeksi saluran kemih, septikemia, dan meningitis. Sementara itu bakteri lainnya yakni Staphylococcus hominis telah terkenal sebagai penyebab utama infeksi di pembuluh darah dan juga dilaporkan sebagai penyebab sepsis.

Bakteri lainnya yaitu Streptococcus oralis tak kalah berbahaya. Bakteri ini sanggup memunculkan berbagai macam penyakit seperti sindrom gangguan pernapasan dewasa, syok streptokokus, dan juga endokarditis.

Sementara Acinetobacter iwofii merupakan bakteri penyebab septikemia, pneumonia, meningitis, dan juga infeksi saluran kemih serta kulit.

Keberadaan bakteri-bakteri tersebut sudah sepantasnya menjadi peringatan bagi para orang tua di luar sana untuk tidak membawa buah hatinya ke permainan mandi bola. Banyaknya bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya di dalam permainan mandi bola itu pun bukannya tanpa alasan.

Menurut Mary, selama ini pembersihan dan pemeliharaan yang dilakukan oleh pengelola terhadap wahana permainan mandi bola belum maksimal dan menyeluruh. Jika ini terus dibiarkan maka ke depannya permainan mandi bola akan menjadi sarang penyakit tidak hanya bagi anak-anak yang bermain di dalamnya melainkan juga bagi para orang tua.

wah, ternyata perainan yang sangat menyenangkan untuk Si Kecil bisa jadi sarang bakteri ya Moms. Lain kali harus lebih berhati-hati ya Moms. Selalu pastikan tempat mandi bola Si Kecil dibersihkan secara rutin dan menyeluruh.

(TPW)

Artikel Terkait