TRIMESTER 2
12 Juli 2019

Kenali Hal-Hal yang Terjadi Jika Ibu Hamil Kurang Gizi Berikut

Jangan sampai kurang gizi yang berisiko jangka panjang
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Gizi menjadi hal yang penting selama kehamilan. Maka, ada baiknya melakukan cara agar tidak terjadi ibu hamil kurang gizi.

Terdapat banyak risiko jika ibu hamil kurang gizi. Namun sebelum itu, pahami dulu tanda ibu hamil kurang gizi.

Berat badan kurang biasa menjadi penanda umum jika ibu hamil kurang gizi. Namun, tak selamanya berat badan yang tidak bertambah adalah kurang gizi.

Info dari buku Nutritional Deficiencies in Learning and Cognition mengungkapkan bahwa berat badan tidak bertambah tak hanya soal jumlah makanan saja tetapi juga mengenai jenis makanan yang dikonsumsi.

Berikutnya adalah tampilan secara fisik. Moms yang kerap merasa lemas dan tidak bertenaga bisa jadi tidak cukup gizi. Pemeriksaan rutin ke dokter kandungan menjadi hal penting agar Moms mengetahui tanda ibu hamil kurang gizi sejak dini

Baca Juga: Berat Badan Ideal Atau Tidak? Cari Tahu Dengan Cara Ini

Risiko Kesehatan Bagi Ibu Hamil

Kenali Hal-Hal yang Terjadi Jika Ibu Hamil Kurang Gizi Berikut 01.jpg

Foto: omicsonline.org

Kurang gizi saat hamil memang tak bisa dianggap sepele. Dalam jurnal Maternal Nutrition and Fetal Development, terungkap bahwa wanita hamil dengan nutrisi yang tidak mencukupi memiliki risiko lebih tinggi untuk hasil kehamilan yang buruk seperti kelahiran prematur dan keguguran.

Ibu hamil kurang gizi juga bertambah risikonya untuk mengalami anemia, infeksi serta merasa tak bertenaga seharian. Selain itu, Moms juga berisiko mengalami osteomalacia. Ini adalah kondisi di mana tulang-tulang seorang wanita yang kekurangan gizi menjadi terlalu lunak dan rapuh.

Lebih lanjut lagi, ibu hamil juga bisa mengalami toxaemia yang merupakan suatu kondisi berupa tekanan darah dan kadar protein dalam darah seorang wanita hamil yang sangat tinggi. Ini bisa membahayakan kehidupan ibu dan bayinya.

Baca Juga: SUDI, SIDS, dan SUID, Kasus Kematian Mendadak Pada Bayi

Risiko Kesehatan bagi Janin dan Bayi Baru Lahir

Kenali Hal-Hal yang Terjadi Jika Ibu Hamil Kurang Gizi Berikut 02.jpg

Foto: babycenter.com

Kurang gizi pada wanita hamil dikaitkan dengan berbagai efek yang merugikan pada janin yang sedang berkembang, termasuk retardasi pertumbuhan intrauterin dan berat badan lahir rendah.

Pada gilirannya, hal ini terkait juga dengan berbagai hasil buruk untuk janin yang sedang berkembang dan / atau bayi baru lahir, termasuk peningkatan risiko:

  • Stillbirth - sekitar 50% kelahiran mati pada janin yang terbentuk secara normal disebabkan oleh retardasi pertumbuhan intrauterin;
  • Lahir prematur;
  • Kematian perinatal (kematian bayi dalam waktu tujuh hari kelahiran): Bayi yang beratnya <2,5 kg memiliki kemungkinan 5-30 kali lebih besar untuk meninggal dalam tujuh hari pertama kehidupan dibandingkan dengan bayi dengan berat badan normal (≥ 2.5 kg). Bayi yang beratnya <1,5kg memiliki risiko 70-100 kali lipat meninggal dalam tujuh hari kelahiran
  • Gangguan neurologis, usus, pernapasan, dan peredaran darah bayi
  • Cacat lahir
  • Keterbelakangan beberapa organ
  • Kretinisme (suatu kondisi bawaan yang mempengaruhi kelenjar tiroid yang mengakibatkan kurangnya koordinasi, ekspresi wajah kusam dan kulit kering)
  • Kerusakan otak.

Baca Juga: Benarkah Ibu Hamil Makanan Empuk Bagi Nyamuk?

Nah, itulah hal-hal yang bisa terjadi apabila ibu hamil kurang gizi. Oleh karena itu, selalu cukupi kebutuhan nutrisi Moms selama hamil, ya.

(GSA)

Artikel Terkait