PROGRAM HAMIL
13 Agustus 2019

Kenali Pemicu Disfungsi Ereksi yang Bisa Bikin Susah Hamil

Kira-kira masalah ini bisa disembuhkan enggak, ya?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ereksi menandakan penis pria dapat berfungsi secara normal, termasuk dalam upaya menghasilkan keturunan.

Sebaliknya, kegagalan untuk ereksi, atau biasa disebut disfungsi ereksi, bisa menandakan adanya masalah kesehatan pada bagian tubuh di luar alat kelamin, yang bisa jadi penyebab pasangan susah hamil.

Dalam situs web The Independent disebutkan pemicu disfungsi ereksi bermacam-macam; ada yang bersifat sementara, namun ada juga yang bersifat jangka panjang. Masalah pada ereksi juga dapat menghambat program hamil.

Menurut Culley C. Carson III, M.D., guru besar emeritus urologi terkemuka dari UNC School of Medicine, disfungsi ereksi bisa saja terjadi akibat adanya penyakit tertentu, salah satunya yang bersifat kardiovaskular.

Dikutip dari situs web UNC Health Talk, Dr. Carson mengatakan bila pria yang memiliki masalah disfungsi ereksi juga kemungkinan berisiko terhadap stroke, serangan jantung, atau masalah lain terkait jantung, dalam kurun waktu 3−5 tahun setelah ia mendapat diagnosis disfungsi ereksi.

Disfungsi ereksi sendiri lazim dialami pria berusia di atas 40 tahun. Yuk, kenali faktor pemicu disfungsi ereksi di bawah ini.

Baca Juga: Apa Saja Penyebab Pria Sulit Ereksi?

Jangka Pendek

disfungsi ereksi

Pemicu disfungsi ereksi jangka pendek umumnya terkait gaya hidup, seperti stres, kelelahan, kecemasan, atau konsumsi alkohol secara berlebihan.

Pemicu lainnya adalah pemakaian obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, antikonvulsan (untuk mengatasi kejang), obat penumbuh rambut, dan pembesar prostat.

Berdasarkan hasil studi yang dimuat di Journal of Sexual Medicine, obat penumbuh rambut dan pembesar prostat memiliki efek samping yang menyebabkan penurunan libido pada pria.

“Kedua jenis obat tersebut bekerja dengan mengurangi sirkulasi dihydrotestosterone dalam darah,” terang Dr. Andrew Kramer, dokter bedan dan ahli disfungsi ereksi dari University of Maryland Medical Center. Dihydrotestosterone adalah hormon pria yang membantu menjaga gairah seksual.

Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Pria Disfungsi Ereksi di Malam Pengantin

Jangka Panjang

disfungsi ereksi

Yang dimaksud disfungsi ereksi jangka panjang adalah masalah ini telah terjadi berulang-kali. Oleh karena itu, kemungkinan ada penyebab lain yang mendasarinya, seperti:

  • Kondisi atau penyakit yang menghambat kelancaran aliran darah ke penis, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi.
  • Gangguan pada sistem saraf, seperti multiple sclerosis, Parkinson, cedera tulang belakang, dan stroke.
  • Gangguan hormonal, seperti hipogonadisme (kadar testosterone terlalu rendah) atau Cushing’s syndrome (produksi kortisol terlalu tinggi).
  • Masalah anatomi penis, seperti penyakit Peyronie, yaitu ketika penis menekuk ke atas atau ke samping.

Baca Juga: Simak 5 Bahan yang Bisa Menjadi Obat Disfungsi Ereksi Alami Ini, Yuk

Oleh karena itu, Dads yang mengalami masalah dengan ereksi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar dicari tahu pemicu disfungsi ereksi yang sebenarnya.

Dengan mengetahui pemicu disfungsi ereksi, Dads dapat melakukan langkah-langkah untuk mengobati penyakit sesungguhnya dan program hamil pun dapat lebih efektif.

(AN)

Artikel Terkait