KESEHATAN
28 Juni 2019

Kenali Penyebab Kutil, Berikut Cara Mencegah dan Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Penting menjaga kebersihan agar tidak terpapar virus penyebab kutil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Kutil pada umumnya adalah infeksi yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Ketika HPV ini menyerang dan masuk ke tubuh melalui goresan kecil, dapat menyebabkan pertumbuhan sel pada lapisan luar kulit dengan cepat, dan menciptakan kutil.

Penting untuk diketahui bahwa pada dasarnya Human Papilloma Virus ini ada di sekitar kita, ketika sedang melakukan kegiatan sehari-hari seperti berjabatan tangan, memutar kenop pintu, atau mengetik di keyboard.

"HPV ada di mana-mana. Kita semua melakukan kontak dengannya,” kata dokter kulit Conway Huang, MD, seorang profesor bedah kulit dan bedah laser kulit di University of Alabama di Birmingham, mengutip dari WebMD.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi lebih dari 100 jenis HPV yang unik. Kebanyakan orang akan memiliki setidaknya satu kutil di suatu waktu dalam kehidupan mereka, biasanya berlokasi di tangan.

Beberapa bentuk virus cenderung menyebabkan kutil kulit pada tangan. Lalu, apa sebenarnya penyebab kutil?

Baca Juga: Hati-Hati, Ternyata Kutil Juga Bisa Menular Lho!

Penyebab Kutil pada Seseorang

penyebab kutil.jpg

Jika Moms memiliki jenis kutil kulit apa pun, ini menandakan Moms pernah melakukan kontak dengan virus penyebab kutil di masa lalu, meskipun mungkin kejadiannya sudah berbulan-bulan.

"Orang mendapatkan kutil dari melakukan kontak dengan orang lain yang memiliki kutil, mereka tidak mendapatkannya dari katak dan kodok," kata Robert Brodell, MD, seorang dokter kulit di Warren, Ohio.

“Cara yang paling umum seseorang bisa punya kutil adalah kontak langsung kulit ke kulit, seperti berjabatan tangan dengan seseorang yang memiliki kutil di tangan. Anda juga bisa mendapatkan virus dari benda mati, seperti memakai handuk yang digunakan oleh seseorang yang punya kutil,” lanjut Robert.

Virus kutil cenderung mudah menyebar ketika bersentuhan dengan kulit yang rusak atau teriris. Luka dan goresan karena mencukur dapat memberikan jalan untuk infeksi.

Ini menjelaskan mengapa pria lebih mungkin memiliki kutil di daerah janggut, sementara wanita sering memiliki kutil di bagian kaki.

Bisakah Kutil Dicegah?

mencegah kutil.jpg

Jika Moms sering mendapatkan kutil kulit biasa, penting untuk fokus pada pencegahan dan perawatan kutil kulit saat muncul.

Berikut cara untuk mencegah kutil kulit dan menghindari kontak dengan virus HPV:

  • Pastikan mencuci tangan dengan bersih dan teratur
  • Jika berolahraga di gym, pastikan untuk membersihkan peralatannya sebelum digunakan dengan handuk bersih
  • Lindungi diri di ruang ganti gym dan mandi dengan mengenakan sandal jepit atau sandal karet

"Usahakan kulit tetap sehat dan lembap untuk menghindari luka terbuka atau irisan tipis di kulit, yang akan menjadi portal bagi virus kutil untuk masuk ke kulit," kata Sandra Johnson, MD, dokter kulit di Fort Smith, Ark.

Bila Moms memiliki kutil kulit pada jari-jari dan punya kebiasaan menggigit kuku atau menarik kuku jari, mulai hentikan kebiasaan tersebut.

Saat bercukur, pastikan untuk menggunakan pisau cukur yang tajam yang tidak akan menyayat atau menggores kulit.

Baca Juga: Penyebab Timbulnya Kutil Kelamin dan Tanda yang Wajib Diwaspadai

Cara Menghilangkan Kutil

mengobati kutil.jpg

Lebih lanjut, Brodell menjelaskan, "Yang paling penting adalah langsung menyingkirkan kutil segera. Anda harus menyingkirkan semua kutil yang terlihat setiap kali muncul sehingga tidak menyebar lebih banyak."

Kebanyakan ahli dermatologi setuju bahwa orang dapat melakukan pengobatan rumahan atau menghilangkan kutil dari obat yang dijual di apotek.

"Saya biasanya menyarankan untuk mencoba perawatan di rumah dengan asam salisilat, atau cat kuku bening, atau selotip, atau metode lain yang 'mencekik' virus," kata Johnson pada WebMD.

Jika Moms hendak menggunakan asam salisilat yang dijual bebas, pastikan rajin menggunakannya dan ikuti petunjuk. Pahami bahwa bisa diperlukan beberapa minggu hingga bulan agar seluruh kutil pada tubuh hilang.

Jika kutil menyebabkan rasa tidak nyaman secara emosional atau fisik, temui dokter kulit segera untuk diberi penanganan.

(AP)

Artikel Terkait